x

Panpel PSS Sleman Coba Perjuangkan Stadion Maguwoharjo Bergemuruh Lagi

Minggu, 26 Februari 2023 14:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Perebutan bola bek PSS, Ibrahim Sanjaya dengan gelandang Arema FC Jayus Hariono. (Foto: Nofik Lukman Hakim)

INDOSPORT.COM - Panitia pelaksana (Panpel) PSS Sleman akan berjuang agar Stadion Maguwoharjo bergemuruh lagi saat pertandingan Liga 1 2022/2023. Kejadian pelemparan bus Arema FC benar-benar memiliki efek domino.

Bus Arema FC dilempari sekelompok orang tak dikenal usai menghadapi PSS pada 26 Januari 2023 lalu. Akibat dari kejadian itu, ada beberapa awak tim Arema FC yang terluka karena pecahan kaca.

Imbas lebih besar harus dirasakan PSS. Mereka harus kehilangan pemasukan dari tiga pertandingan kandang karena terbentur izin keramaian.

Pihak keamanan hanya memberikan izin pertandingan berjalan tanpa penonton. Hal ini berlaku untuk lima pertandingan setelah partai PSS Sleman melawan Arema FC.

Koordinasi yang memungkinkan Stadion Maguwoharjo bergemuruh lagi baru bisa dilakukan dengan pihak keamanan setelah partai kandang melawan Persikabo 1973.

Baca Juga

PSS Sleman terjadwal melawan Bhayangkara FC pada 6 Maret 2023. Panpel PSS Sleman memiliki harapan agar pada laga ini suporter PSS mendapat izin untuk memenuhi tribune lagi.

"Kami akan kembali mencoba berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait izin penonton saat melawan Bhayangkara FC. Mohon doanya juga kepada PSS fans agar izin bisa diturunkan dan kembali bisa mendukung kebanggaan berlaga," kata ketua Panpel PSS, Yuyud Pujiarto.

Baca Juga

Yuyud mengingatkan pentingnya menjaga kepercayaan ketika nantinya pihak keamanan mengizinkan suporter PSS kembali ke Stadion Maguwoharjo.

Jika terjadi pelanggaran di dalam tribun maupun sekitar stadion, bisa dipastikan suporter PSS tak akan ke tribun Stadion Maguwoharjo hingga akhir musim Liga 1 2022/2023.

"Perlu ditekankan juga jika pertandingan PSS menghadapi Bhayangkara FC nantinya terdapat pelanggaran, maka bisa dipastikan PSS akan tidak dihadiri oleh penonton hingga akhir musim," jelas Yuyud.

Baca Juga

1. Pesan untuk Suporter PSS Sleman

Spanduk dari suporter PSS Sleman untuk Arema FC.

"Laga itu akan menjadi laga uji coba terhadap kita semua, karena jika terjadi pelanggaran baik sedikit sekalipun, maka bisa jadi kita akan tanpa penonton hingga akhir musim," lanjutnya.

Sebelum koordinasi kembali dijalankan, suporter PSS juga perlu menjaga sikap saat melawan Persikabo 1973, Minggu (26/2/23). Ketika laga sudah dipastikan tanpa penonton, maka suporter juga dilarang mendekati area stadion.

Pelanggaran ini sempat terjadi di Stadion Jatidiri Semarang, ketika PSIS Semarang melawan Persis Solo. Ratusan oknum suporter PSIS nekat datang dan terlibat bentrok dengan aparat keamanan.

Manajer Event PSS, Rangga Rudwino, memastikan segala pelanggaran yang terjadi di area stadion bisa memberi efek jangka panjang bagi klub.

"Langkah yang paling tepat yang harus bersama kita lakukan adalah menaati peraturan yang ada dengan tidak mendekati stadion dan mendukung PSS berlaga dari rumah. Mengingat pelanggaran yang akan lebih berat menanti kita jika melanggar hal tersebut," jelas Rangga.

Baca Juga

Rangga berharap partai melawan Persikabo 1973 berjalan lancar dan PSS Sleman bisa melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk perizinan laga kandang pekan ke-29 Liga 1 2022/2023 melawan Bhayangkara FC.

"Jadi mohon doanya agar laga melawan Persikabo berjalan dengan baik, PSS bisa dapat tiga poin dan dukungan yang bisa kita berikan adalah dari rumah dulu," harap Rangga.

Baca Juga

Saat ini, PSS Sleman butuh tiga poin untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga
PSS SlemanStadion MaguwoharjoLiga IndonesiaBrigata Curva SudLiga 1Persikabo 1973

Berita Terkini