x

Soal FIFA Match Day, Erick Thohir: Kami Sudah Siapkan Hingga Tahun Depan

Jumat, 10 Maret 2023 19:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Keterangan Erick Thohir terkait update terkini Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan keputusan soal siapa lawan Timnas Indonesia di FIFA match day pada 20-28 Maret 2023 akan diputuskan malam ini, Jumat (10/03/23). Sudah ada kandidat kuat untuk menantang skuad Garuda.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia dikabarkan akan melawan negara dari Afrika yakni Burundi pada uji coba internasional akhir bulan ini. Bahkan, negara tersebut telah merilis pemain yang akan dibawa.

Akan tetapi, Erick Thohir belum mau membocorkan siapa lawan skuad Garuda. Dia hanya mengatakan, jika PSSI telah menyiapkan dan mencari lawan untuk Timnas untuk uji coba pada Maret, Juni dan November nanti.

"Tadi rapat Exco kita bicara persiapan FIFA match day dari Maret, Juni dan November. Tadi di rapat Exco bahkan kita sepakati untuk Juni dan November sudah mulai negosiasi dari sekarang, jadi gak mendadak," kata Erick Thohir.

"Maret ini ada pertandingan, tapi mungkin diumumkan nanti, saya belum bisa pastikan," imbuhnya.

Baca Juga

Tak hanya persiapkan FIFA match day tahun ini, PSSI disebut mulai menyiapkan rencana untuk uji coba tahun depan. Hal itu dilakukan dengan harapan agar Timnas Indonesia tidak lagi terburu-buru mencari lawan.

"Bahkan kita juga akan mendorong FIFA match day sampai tahun depan, supaya persiapannya rapi," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

Selain Burundi, PSSI juga mengincar Kenya untuk jadi lawan di FIFA match day bulan ini. Tapi, negara Afrika tersebut menolak ajakan PSSI.

Kenya tidak mau melawan Indonesia dengan alasan peringkat atau ranking skuad Garuda terlalu rendah. Hal itu akan berpengaruh pada raihan poin Kenya.

Awalnya, PSSI mengajukan tawaran uji coba untuk Bolivia dan Tajikistan. Tapi, Bolivia menolak dan memilih melawan Arab Saudi dan Uzbekistan. Sedangkan Tajikistan tak memberikan konfirmasi.

Baca Juga

1. Uji Coba Timnas Indonesia

Pertandingan antara Uzbekistan U-20 vs Timnas Indonesia U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup. (Foto: PSSI)

Untuk FIFA match day, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menginginkan lawan yang tangguh, minimal berada di di atas 100 ranking FIFA seperti Curacao yang jadi lawan tahun lalu.

Timnas Indonesia butuh lawan tangguh agar bisa menguji kualitas pemain. Jika menang, maka poin yang diperoleh pun cukup banyak sehingga bisa mengangkat peringkat di ranking FIFA.

Baca Juga

Untuk FIFA match day nanti, PSSI akan lakukan komunikasi dengan klub untuk pemanggilan pemain. Pasalnya, pertandingan tunda Liga 1 kabarnya akan dimainkan pada periode tersebut. 

Tak hanya itu, komunikasi dengan klub perlu dilakukan karena banyak klub kehilangan pemain karena dipanggil ke Timnas U-20 dan U-22 untuk SEA Games 2023.

PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini