x

Soal Naturalisasi Timnas U-20 yang 'Tersendat', Begini Penjelasan Erick Thohir

Jumat, 10 Maret 2023 22:49 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir akhirnya memberikan penjelasan terkait proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20. Pasalnya, prosesnya masih 'tersendat' di DPR.

Seperti diketahui, PSSI sedang memproses naturalisasi tiga pemain keturunan Belanda yakni Ivar Jenner, Rafael Struick dan Justin Hubner sejak tahun lalu. Tapi, hingga saat ini belum ada keputusan ketiganya kapan di sumpah jadi WNI.

Kabar terakhir, dokumen ketiganya sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo dan telah diserahkan ke DPR RI untuk dibahas di rapat paripurna.

Tetapi, proses tersebut terhenti sementara waktu karena DPR sedang reses atau kunjungan kerja. DPR baru akan membahas naturalisasi setelah tanggal 13 Maret mendatang.

"Tadi kami saat rapat Exco, kami juga bicara mengenai naturalisasi pemain,  dimana suratnya sudah dikirim dan Pak Presiden sudah buat surat tembusan ke DPR,"

Baca Juga

"Cuma DPR lagi reses, rencana tanggal 13 baru didorong oleh DPR untuk naturalisasi pemain terutama untuk yang Timnas U-20," kata Ketum PSSI, Erick Thohir.

Menurut Erick Thohir, pihaknya kini dalam posisi menunggu. PSSI tidak bisa memaksa DPR karena hal itu harus dibahas dalam rapat paripurna.

Baca Juga

"Seperti apa prosesnya ya akan kita ikuti, karena itu memang lewat proses," tutur Erick Thohir.

Naturalisasi memang butuh proses panjang. Jika sudah dibahas di DPR dan apabila disetujui, berkas ketiga pemain itu akan dikembalikan ke Setneg dan Kemenkumham setelahnya menunggu jadwal pengambilan sumpah jadi WNI. 

Karena proses naturalisasi yang tak kunjung usai, ketiga pemain keturunan itu tidak bisa ikut ke Piala Asia 2023 di Uzbekistan yang berlangsung 1-18 Maret.

Baca Juga

1. Pemain Keturunan Dinatikan di Timnas Indonesia

Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Justin Hubner dan Ivan Jenner.

Padahal, banyak penggemar sepak bola nasional yang berharap Rafael, Ivar dan Justin beraksi di kejuaraan dua tahunan itu. 

Naturalisasi para pemain keturunan memang rekomendasi pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong dengan alasan agar bisa bersaing di Piala Dunia U-202023. Indonesia akan jadi tuan rumah event dua tahunan itu.

Shin Tae-yong butuh pemain dengan fisik di atas rata-rata dan dengan kemampuan olah bola yang mumpuni.

Baca Juga

Ivar Jenner diketahui lahir pada 10 Januari 2004 dan kini bermain untuk tim U-21 Jong Utrecht. Sedangkan Justin Hubner pada 14 September 2003 dan sedang meniti karir di klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Sementara itu, Rafael Struick lahir 27 Maret 2003. Dia berposisi sebagai penyerang untuk klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag. 

Akan tetapi, belakangan Justin Hubner mendapat panggilan seleksi untuk Timnas Belanda U-20. Dia disiapkan untuk laga uji coba lawan Prancis U-20. 

PSSIErick ThohirNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini