x

Kalah Kualitas, Madura United Akui PSM Pantas Raih Juara Liga 1

Sabtu, 1 April 2023 04:13 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Bhayangkara FC di Stadion Gelora B.J. Habibie (Lompoe), Jumat (17/03/23). (Foto: Instagram@psm_makassar)

INDOSPORT.COM - Madura United bersikap sportif usai menelan kekalahan 1-3 saat menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 22/23 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat (31/03/23).

Hasil tersebut sekaligus memastikan gelar juara bagi PSM Makassar di Liga 1 musim ini. Juku Eja mengunci puncak klasemen dengan koleksi 72 poin.

Menyikapi kekalahan itu, Madura United bersikap sportif. Mereka mengakui bahwa kalah secara kualitas permainan dibanding PSM.

"Seperti prediksi awal, ini pertandingan yang berat bagi kami," ucap pelatih caretaker Madura United, Rakhmat Basuki dalam post-match press conference.

"Apalagi dua gol pada 10 menit pertama itu, membuat langkah kami semakin berat," tambah Coach RB, sapaan karib dia.

Baca Juga

Ya, kemenangan PSM memang tak lepas dari serangan frontal pada menit-menit awal. Hasilnya pun berbanding lurus dengan usaha keras mereka.

Gawang Rendy Oscario 2 kali bobol melalui gol Wiljan Pluim saat laga baru berjalan 4 menit dan 6 menit kemudian.

Baca Juga

Situasi serupa juga terjadi pada awal paruh kedua. Kenzo Mambu mengejutkan tuan rumah melalui shooting dari jarak 30 meter pada menit 48.

Kondisi itu lantas direspon oleh Madura United. Sayang, tim dengan julukan Laskar Sape Kerrab hanya membalas 1 gol lewat Hugo Gomes.

"Faktor terkuat dari kekalahan kami tak lepas dari terlambat panas. Ya, respon kami sudah terlambat untuk mengejar ketinggalan," tandas RB.

Baca Juga

1. Pantas Juara

Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23). (Foto: Instagram@liga1match)

Seturut hal itu, Rakhmat Basuki juga membeberkan bahwa PSM Makassar memang punya tim berkualitas dan pantas meraih gelar juara Liga 1 musim ini.

Dalam kacamatanya, tim besutan Bernardo Tavares nyaris tak punya celah dalam skema permainan. Itu lah menjadi kunci kesuksesan PSM meraih poin demi poin.

"Permainan mereka sangat baik dalam bertahan. Sementara ketika menyerang, PSM tampil sangat efektif," bilang Rakhmat Basuki.

"Itulah alasan mengapa PSM pantas menjuarai kompetisi musim ini. Secara keseluruhan, permainan mereka sangat efektif," ulas dia.

Coach RB juga tak lupa turut mengucapkan selamat kepada kesuksesan tim dengan julukan Juku Eja itu menjuarai kompetisi.

Baca Juga

"Ya, mereka pantas juara. Saya ucapkan selamat kepada PSM yang sukses mengunci gelar," tandas eks Pelatih Madura United Football Academy tersebut.

Bagi Madura United, kekalahan ini menjadi yang ke-5 selama putaran kedua Liga 1. Ketangguhan kandang mereka kembali runtuh.

Baca Juga

Padahal, Madura United sempat memungkasinya lewat kemenangan 2-1 atas PSS Sleman (11/03/23). Itu adalah kemenangan pertama selama 7 laga home putaran dua.

"Kami akan fokus lagi untuk menutup sisa pertandingan dengan cara yang baik. Masih ada peluang ke 5 besar," ungkap Coach RB.

Hasil ini pun tak mengubah posisi Madura United di papan atas. Beto Goncalves dkk berada di jajaran 6 besar klasemen dengan mengantongi 49 poin.

Baca Juga
PSM MakassarMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini