x

Media Palestina Sebut FIFA Terapkan Standar Ganda Usai Coret Timnas Indonesia

Minggu, 2 April 2023 17:36 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Media Palestina, sebut FIFA terapkan standar ganda usai coret Timnas Indonesia dari gelaran Piala Dunia U-20. Foto: REUTERS/Jean Bizimana.

INDOSPORT.COM - Media Palestina menyebut FIFA menerapkan standar ganda usai mencoret Timnas Indonesia U-20 dari gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Hal tersebut terjadi usai Indonesia resmi dicoret FIFA sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 pada Rabu (29/03/23). Maka, secara otomatis Timnas Indonesia U-20 batal untuk mengikuti ajang bergengsi itu.

Bermula dari penolakan yang dilakukan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, atas kedatangan tim nasional Israel di Indonesia.

Pasalnya, Israel dianggap sebagai salah satu negara yang masih melakukan praktik penjajahan. Atau, tidak memberikan kebebasan terhadap Palestina.

Kemudian diikuti oleh beberapa lapisan masyarakat yang melakukan protes. Bahkan, sempat melakukan ancaman akan menculik pemain timnas Israel jika nekat ke Indonesia.

Baca Juga

Maka dari itu, FIFA mengeluarkan surat keputusan resminya usai Presiden Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bertemu di Doha,Qatar.

Surat putusan yang keluar menyatakan bahwa FIFA resmi menghapus hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Keadaan itu dilandasi atas keadaan Indonesia yang tidak kondusif. Bermula dari Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu. Hingga, penolakan timnas Israel baru-baru ini.

Bahkan, Timnas Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA. Hal tersebut bisa berupa larangan bermain dalam beberapa laga ke depan.

Baru-baru ini, Media Palestina secara terang-terangan mengatakan bahwa FIFA menerapkan standar ganda usai Indonesia membela Palestina.

Baca Juga

1. Media Palestina Sebut FIFA Terapkan Standar Ganda

Lambang bendera Israel dan warna bendera Palestina. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

Media Palestina, Quds News Network, secara terang-terangan mengkritisi keputusan FIFA melarang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Hal tersebut dikarenakan FIFA dianggap mendukung pergerakan Israel dalam melakukan tindakan serupa dengan penjajahan.

Di sisi lain, FIFA justru melarang Indonesia untuk turut serta dalam Piala Dunia U-20, usai melakukan dukungan kepada Palestina.

"Standar ganda menghantui FIFA," tulis cuitan yang dikutip dari akun media sosial Twitter resmi milik Quds News Network.

"Bias mendukung 'Israel', serta melawan dukungan Indonesia untuk Palestina," tambah Quds News Network.

Baca Juga

Artinya, Quds News Network menyasli tindakan FIFA yang seakan-akan melakukan pembelaan terhadap Israel. Terbukti, mereka masih berada di dalam Piala Dunia U-20.

Bahkan, Israel justru tidak pernah mendapatkan hukuman dari FIFA atas tindakan pelanggaran kemanuasiaan, atau penjajahan.

Baca Juga

Berbanding terbalik dengan perlakuan FIFA terhadap negara yang melakukan pembelaan terhadap kebebasan Palestina, Indonesia.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang paling gencar dalam menyuarakan aksi dukungan terhadap kebebasan Palestina atas Israel.

Terbukti dalam pada tidak adanya hubungan diplomatis yang terjalin di antara Indonesia dengan Israel selama ini.

Baca Juga

Sumber: Akun Twitter Quds News Network

FIFAIndonesiaIsraelPalestinaPiala Dunia U-20Tim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini