x

3 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Layak Bela Skuat Garuda di SEA Games 2023

Senin, 3 April 2023 16:50 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kesedihan pemain Timnas Indonesia U-20 usai FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong resmi dibubarkan, seusai gagal tampil di ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2023 pada Mei mendatang.

Kegagalan Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah.

Hal ini karena adanya polemik penolakan Timnas Israel U-20 oleh sejumlah tokoh dan institusi dari Tanah Air. Faktor keamanan menjadi prioritas utama FIFA, yang kemudian tidak mau mengambil resiko menggelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 lantas membuat impian para peman Garuda Nusantara sirna.

Padahal, mereka di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah menggelar pemusatan latihan dan beberapa laga di Tanah Air maupun luar negeri. Namun keringat mereka sia-sia, karena batal unjuk gigi di Piala Dunia.

Baca Juga

Pada Sabtu (01/04/23) lalu, Timnas Indonesia U-20 akhirnya dibubarkan seusai menggelar sesi latihan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Dalam sesi latihan, Presiden Jokowi juga terlihat turut memantau anak asuh Shin Tae-yong di lapangan. Kemudian ia memberikan kata-kata penyemangat kepada seluruh pemain Timnas Indonesia U-20.

Meski kini Timnas Indonesia U-20 bubar, masih ada beberapa pemain terlipih yang bisa ikut ajang SEA Games 2023 Kamboja dalam waktu dekat ini.

Baca Juga

Indra Sjafri selaku pelatih kepala Timnas Indonesia U-22 berencana memanggil tujuh pemain untuk ikut TC sekaligus seleksi.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga pemain Timnas Indonesia U-20 yang layak membela skuat Garuda U-22 di SEA Games 2023 Kamboja:

Baca Juga

1. 1. Hokky Caraka

Selebrasi gol keempat Timnas Indonesia U-20 yang dicetak Hokky Caraka.

Hokky Caraka menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang paling menjadi sorotan seusai FIFA mencoret status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dirinya berani "menyerang" akun Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo, karena diselimuti rasa kekecewaan yang sangat besar.

Meski begitu, bukan kesedihan yang membuat INDOSPORT merasa kasihan dan merekomendasikan namanya masuk ke dalam skuat Indra Sjafri di SEA Games 2023.

Hokky Caraka memang layak masuk ke Timnas Indonesia U-22 karena memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain seusaianya di Tanah Air.

Hal ini terlihat saat dirinya membela Skuat Garuda U-20 di Piala Asia U-20 2023 lalu. Hokky Caraka menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang mencetak gol.

Baca Juga

Hokky tercatat menyumbang satu gol saat pasukan Shin Tae-yong bersua Suriah U-20, dan sempat memberikan skuat Garuda Nusantara kemenangan sekaligus harapan untuk lolos ke babak selanjutnya.

Walau pada akhirnya di laga kontra Uzbekistan, Hokky Caraka gagal mencetak gol lagi dan Timnas Indonesia U-20 harus tersingkir.

2. Daffa Fasya

Kedua ada penjaga gawang milik Borneo FC yakni Daffa Fasya. Ia sebelumnya hanya menjadi kiper kedua karena kalah bersaing dengan Cahya Supriadi.

Akan tetapi, Cahya Supriadi mengalami penurunan performa setelah mengalami cedera kepala pada September 2022. Hal ini membuat Daffa Fasya dipasang sebagai kiper utama di Piala Asia U-20 2023 lalu.

Ia tercatat hanya kebobolan dua gol ketika Timnas Indonesia U-20 bersua Irak. Padahal saat itu banyak sekali peluang emas Irak yang selalu digagalkan kiper 18 tahun tersebut.

Baca Juga

Beberapa penyelamatan gemilang Daffa Fasya sempat membuatnya menjadi pusat perhatian fans Garuda selama Piala Asia U-20 2023.

Oleh sebab itu, Indra Sjafri harus mempertimbangkannya untuk ikut ke dalam skuat SEA Games 2023. Setidaknya Daffa Fasya bisa mendapat pengalaman tambahan demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Baca Juga

2. 3. Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri pemain persija yang dipanggil Timnas U-23

Yang ketiga ada bek muda milik Persija Jakarta bernama Muhammad Ferarri. Ia sangat layak masuk ke Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023.

Bukan tanpa alasan, Muhammad Ferarri menjadi pemain kepercayaan Shin Tae-yong. Ia ditunjuk sebagai kapten Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 lalu.

Muhammad Ferarri dikenal sebagai bek yang handal dalam hal memotong umpan dari lawan. Selain itu, ia juga hebat dalam hal duel udara.

Di Persija Jakarta, Muhammad Ferarri juga beberapa kali mendapatkan kepercayaan Thomas Doll. Ia tercatat sudah tampil dalam 21 pertandingan di Liga 1 2022-2023.

Indra SjafriIsraelPalestinaKambojaTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-22Piala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Hokky CarakaSEA Games 2023Muhammad Ferrari

Berita Terkini