x

3 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Layak Starting XI di SEA Games 2023

Senin, 3 April 2023 20:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, berencana memanggil tujuh pemain Timnas U-20 untuk persiapan ke SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri berencana memanggil tujuh pemain Timnas U-20 untuk persiapan ke SEA Games 2023. Indra ingin menambah kekuatan skuad Garuda Muda.

Awalnya Timnas U-22 akan beraksi di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar 20 Mei - 11 Juni. Tapi, kejuaraan tersebut tidak jadi dimainkan di Tanah Air, sehingga pemain Timnas U-20 otomatis tidak bisa berpartisipasi.

Melihat hal tersebut, Indra Sjafri ingin memanfaatkan tenaga para pemain Timnas Indonesia U-20, apalagi beberapa di antaranya sudah dipanggil ke timnas senior, jadi pasti punya kualitas mumpuni. 

Banyak pemain Timnas U-20 juga menjadi andalan di klub Liga 1, sehingga jam terbang dan pengalamannya sudah cukup matang.

Baca Juga

Untuk tampil di SEA Games 2023, Indra Sjafri hanya membawa 20 pemain dan tanpa pemain senior. Itu merupakan regulasi terbaru yang ditetapkan.

Karena minim pemain, Indra Sjafri lantas mencari pemain yang bisa bermain lebih dari satu posisi. 

Baca Juga

INDOSPORT lantas memilih tiga nama dari Timnas U-20 yang layak dipertimbangkan untuk mengisi Starting XI Timnas U-22 di SEA Games 2022.

Baca Juga

1. Marselino Ferdinan

Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

Gelandang serang ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Ia merupakan langganan di Timnas U-19 hingga senior karena kepiawaiannya mengatur lini tengah.

Marselino kini bermain untuk klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze. Pemain 18 tahun itu telah catatkan tiga penampilan, dengan sekali starter dan dua kali masuk dari bangku cadangan.

Sebelum ke Belgia, Marselino adalah andalan di di Persebaya Surabaya. Selama dua musim, adik Oktafianus Fernando itu tampil 30 pertandingan dengan catatan 11 gol.

Marselino jalani debut bersama timnas senior Indoenesia pada 27 Januari 2022. Dia tercatat sebagai pencetak gol termuda di kualifikasi Piala Asia 2023 dan pencetak gol termuda untuk Timnas Indonesia senior.

Muhammad Ferrari

Muhammad Ferarri pemain persija yang dipanggil Timnas U-23

Bek Persija Jakarta ini mulai menunjukan ketangguhannya meski baru berusia 19 tahun. Ferrari adalah pilihan utama di klub, Timnas U-19 dan telah dipanggil di Timnas senior. 

Ferrari cukup tangguh dalam duel bola atas dan cocok diduetkan dengan Rizki Ridho di Timnas U-22. Keduanya adalah bek andalan Shin Tae-yong saat berada di Timnas U-19.

Bersama Persija, Ferrari tampil 14 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 1 assist. Dia juga belajar banyak dari bek Timnas Ceko, Ondrej Kudela.

Robi Darwis

Pemain muda Persib, Robi Darwis.

Pemain Persib Bandung ini mulai menjelma menjadi andalan di lini tengah Maung Bandung. Robi Darwis telah mainkan 14 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 1 assist.

Pemain 19 tahun ini mahir berperan sebagai galandang bertahan, bahkan jadi bek. Tipe seperti Robi Darwis ini atau versatile (lebih dari satu posisi) ini yang disukai pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sehingga layak dijadikan starter.

Robi Darwis juga punya satu kelebihan yakni lemparan jarak jauh seperti Pratama Arhan. Hal ini tentu berguna saat mendekati kotak penalti, yang tentu bisa dimanfaatkan lewat sundulan oleh pemain-pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games. 

Indra SjafriBola InternasionalTRIVIATimnas Indonesia U-22Marselino FerdinanRobi DarwisMuhammad FerarriSEA Games 2023

Berita Terkini