x

Graham Potter Paling Parah, Ini Dia Deretan Pelatih Flop Milik Chelsea

Senin, 3 April 2023 15:35 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemecatan Graham Potter turut membuat namanya masuk dalam jajaran pelatih flop yang pernah bekerja untuk klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea. (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM – Pemecatan Graham Potter turut membuat namanya masuk dalam jajaran pelatih flop yang pernah bekerja untuk klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

Seperti diketahui, Chelsea secara resmi telah memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Graham Potter, Senin (03/04/23).

Dalam laporan tersebut, disampaikan jika Potter telah meninggalkan klub dan berencana berkolaborasi demi transisi pergantian pelatih.

Pemilik bersama Todd Boehly dan Behdad Eghbali lantas mengungkapkan rasa terima kasih karena Potter telah membantu Chelsea hingga mencapai perempat final Liga Champions.

Setelah kerja sama dengan Graham Potter berakhir, Chelsea telah menunjuk staf Graham Potter, Bruno Saltor, untuk memimpin sisa laga di Liga Inggris.

Baca Juga

Pemecatan Graham Potter merupakan pukulan terakhir yang diberikan oleh Todd Boehly dan Behdad Eghbali sebagai buntut dari rentetan hasil buruk.

Klub asal London Barat itu kini semakin kesulitan untuk bersaing memperebutkan empat besar usai terlempar ke posisi 11 di klasemen musim ini.

Baca Juga

Selain itu, penurunan performa Chelsea juga membuat para penggemar menuntut Potter untuk mundur dari jabatannya.

Tuntutan tersebut bukan tanpa sebab karena Graham Potter merupakan pelatih dengan tingkat kemenangan terendah dari pelatih mana pun pada abad ke-21 ini.

Dengan demikian, Graham Potter masuk dalam jajaran pelatih terburuk Chelsea menyusul hasil mengecewakan di Liga Inggris.

Baca Juga

1. Deretan Pelatih Flop Milik Chelsea

Ekspresi kecewa Graham Potter di laga Manchester City vs Chelsea (10/11/22). (Foto: REUTERS/Craig Brough)

Squawka mengungkapkan fakta menarik atas perjalanan Graham Potter ketika menjadi pelatih Chelsea selama enam bulan.

Dari catatan tersebut, pelatih asal Inggris itu hanya mampu memenangkan 12 pertandingan dan telah mengalami 11 kekalahan dari 31 pertandingan bersama Chelsea.

Selain itu, Potter juga gagal meningkatkan performa para pemain bertahan dan lini depan karena telah kebobolan sebanyak 31 kali dan hanya mampu mencetak 33 gol.

Maka, Potter hanya memiliki tingkat kemenangan sebesar 39 persen saja, sekaligus membuatnya menjadi pelatih dengan kemenangan terendah dari pelatih manapun pada abad ke-21 ini.

Sementara itu, Opta mengungkapkan jika Graham Potter memiliki poin per gim paling rendah dibandingkan seluruh pelatih Chelsea sebelumnya.

Baca Juga

Dalam catatan tersebut, Potter hanya memiliki poin per gim (PPG) sebesar 1,27 sekaligus menyamai catatan buruk pelatih sebelumnya, Glenn Hoddle.

Berada di atas Potter, Ian Porterfield menjadi pelatih terburuk ketika Chelsea karena hanya memiliki PPG sebesar 1,28.

Baca Juga

Sementara itu, Ruud Gullit menjadi pelatih terburuk The Blues berikutnya dengan memiliki PPG sebesar 1,65 meski berhasil memenangkan Piala FA pada musim 1996-1997.

Terakhir, meski menjadi legenda bagi Chelsea, tetapi Frank Lampard merupakan salah satu pelatih terburuk karena hanya mampu mengoleksi PPG sebesar 1,67.

Dengan demikian, keputusan Chelsea memecat Graham Potter usai rentetan hasil buruk di Liga Inggris dipandang sebagai salah satu langkah tempat untuk menyelamatkan nasib klub asal London Barat itu.

Baca Juga

Sumber: Opta, Squawka

ChelseaFrank LampardLiga InggrisTodd BoehlyGraham Potter

Berita Terkini