x

Park Hang-seo Tak Lagi Melatih, Indra Sjafri 'Doakan' Vietnam Terpuruk di SEA Games 2023

Senin, 3 April 2023 21:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Acara Satu Hati untuk Garuda yang dihadiri pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Dirtek PSSI Indra Sjafri dan pemain Hokky Caraka di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (20/03/23).Acara ini sebagai bentuk dukungan untuk Timnas Indonesia U-20 yang aka

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri berharap kekuatan Vietnam yang bakal jadi pesaing di SEA Games 2023 melemah. Dia sudah mengetahui, jika tim juara bertahan SEA Games 20121 itu tidak lagi dilatih Park Hang-seo.

Menurut Indra Sjafri, Vietnam jadi batu sandungan Indonesia di sepak bola Asean ketika dilatih Park Hang-seo. Tim Golden Star berkali-kali kalahkan skuad Garuda baik di tim kelompok usia maupun senior di di Piala AFF dan SEA Games.

Indra Sjafri pernah berduel dengan Park Hang-seo pada SEA Games 2019 lalu. Ketika itu, Indonesia dua kali kalah dengan skor 1-2 (babak penyisihan grup) dan 0-3 (partai final).

Oleh sebab itu, ketika Park Hang-seo meninggalkan Timnas Vietnam pasca Piala AFF 2022, Indra Sjafri berharap tim lawan tergelincir.

"Park Hang-seo itu sebenarnya rivalitas kita ya. Berapa kali berhadapan dengan dia," kata Indra Sjafri.

Baca Juga

"Saya bahkan sampai berkomunikasi dengannya dan dia memang memutuskan untuk tidak di Vietnam lagi,"  imbuhnya.

Setelah ditinggal Park Hang-seo, Vietnam menunjuk Philippe Troussier jadi suksesor. Arsitek asal Prancis itu pernah memimpin Timnas Jepang di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Masa transisi tim Vietnam diharapkan tidak berjalan mulus, sehingga hal itu bisa menguntungkan Timnas U-22 si SEA Games 2023.

"Tentu ada masa transisi dan saya berharap masa ini jadi hal yg tidak positif bagi Vietnam. Mudah-mudahan ya," ujar Indra Sjafri.

SEA Games 2023 akan digelar pada 5-17 Mei 2023. Namun untuk cabang olahraga sepak bola bakal dimainkan lebih awal pada 29 April 2023.


1. Jadwal Drawing Sepak Bola SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 menggelar internal game pada TC Tahap Kedua sebagai persiapan SEA Games 2023 di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Kamis (16/03/2023).

Drawing atau pembagian grup akan dilakukan 5 April mendatang. Siapapun tim yang akan jadi lawan Timnas U-22 di babak grup SEA Games 2023 wajib diwaspadai karena hampir semua negara Asean berkembang pesat.

"Tanggal 5 April nanti drawing. Saya sudah menerima surat dari Kamboja dan tanggal itu ada drawing," tuturnya.

"Semua harus diwaspadai. Kalau bicara sepak bola Asean, kan bukan sekali dua kali kita mengikuti, jadi apalagi sekarang negara-negara yang serius berbenah, kita harus waspada," imbuh Indra Sjafri.

Baca Juga

"Yang penting kita siapkan tim sebaik mungkin," tambahnya.

Pada ajang multievent kali ini, ada perubahan regulasi dimana cabang olahraga sepak bola tidak lagi memakai pemain senior.

Pada SEA Games 2023, Timnas U-22 Indonesia ditarget meraih emas. Di edisi sebelumnya pada 2019 lalu, skuad Garuda Muda yang dilatih Shin Tae-yong Indonesia hanya meraih medali perunggu.

Baca Juga
Indra SjafriVietnamBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini