x

Jokowi Dibuat Pusing sama Urusan Bola, Begini Balasan Menohok Erick Thohir

Senin, 3 April 2023 15:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberikan balasan menohok pada pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Piala Dunia U-20 dibatalkan di Indonesia.

INDOSPORT.COM – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir memberikan balasan menyedihkan pada pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dibuat pusing dengan urusan bola usai Piala Dunia U-20 dibatalkan di Indonesia.

Sekadar informasi, Piala Dunia U-20 resmi dibatalkan digelar di Indonesia sebagaimana dalam pernyataan resmi FIFA pada Rabu (29/03/23) lalu.

Menurut pernyataan resmi dari FIFA, gelombang protes kedatangan timnas Israel di Piala Dunia U-20 menjadi salah satu pemicu yang berakibat batalnya drawing pembagian grup di Bali.

Tak hanya membuat heboh penggemar sepak bola Tanah Air, batalnya gelaran akbar ini turut menuai respons dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

“Urusan bola ini, pusing saya 2 minggu gara-gara bola, pusing betul,” ungkap Presiden Jokowi melansir dari unggahan Ketum PSSI, Erick Thohir.

Baca Juga

Dalam unggahannya tersebut, Erick Thohir turut menuliskan balasan menohok terkait dengan batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia karena penolakan timnas Israel itu.

“Sama, pak,” tulis Erick Thohir dalam keterangan unggahan di Instagram-nya yang memperlihatkan cuplikan video pernyataan Presiden Jokowi.

Baca Juga

Sebelumnya, Menteri BUMN Indonesia itu telah melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar, untuk melakukan lobi.

Sayangnya, FIFA tak bergeming serta kokoh membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya akan dihelat pada 20 Mei hingga 1 Juni 2023.

Sekadar informasi, beberapa gelombang protes hadirnya Timnas Israel di Indonesia datang dari Gubernur Bali, I Wayan Koster hingga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Belum lagi dari sejumlah kelompok-kelompok masyarakat termasuk partai politik di Indonesia. 

Baca Juga

1. Kerugian untuk Indonesia

Presiden Joko Widodo bertemu Timnas Indonesia U-20 pasca batalnya piala dunia U-20.

Topik batalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia masih merajai sosial media. Bahkan, beberapa pihak yang terlibat protes menolak Timnas Israel hadir masih menjadi bulan-bulanan netizen.

Tak hanya itu, Piala Dunia U-20 yang batal digelar ini juga menimbulkan efek yang kurang baik bagi Indonesia terutama sepak bola Tanah Air.

Menurut informasi dari Ketum PSSI, Erick Thohir, sepak bola Indonesia saat ini menunggu sanksi yang akan dijatuhkan FIFA usai polemik Piala Dunia U-20 itu.

Tak hanya Erick Thohir yang dibuat pusing menanti sanksi yang akan dijatuhkan FIFA, Presiden Jokowi juga dibuat gundah gulana usai pencabutan tuan rumah tersebut.

Tentu, dengan gagal terselenggaranya gelaran sepak bola bergengsi ini, Indonesia menelan kerugian yang tak sedikit nilainya, bahkan hingga triliunan rupiah.

Baca Juga

Tak hanya dari segi dana, Direktur Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, batalnya Piala Dunia U-20 dapat membunuh semangat puluhan ribu pesepak bola Indonesia.

“Kalau ditolak ini bakal berpengaruh ke olahraga olahraga lain. Sampai politik digabungkan dengan sepak bola maka bakal kiamat sepak bola kita. Penolakan para pemimpin daerah (Ganjar Pranowo-I Wayan Koster) bisa merugikan negara,” ungkap Jerry.

Baca Juga

Sementara itu, untuk menambahkan semangat untuk pemain Timnas U-20 yang gagal berlaga di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi secara langsung menemui Garuda Muda di sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno.

Kala itu, Presiden Jokowi ditemani Ketum PSSI yakni Erick Thohir hingga Waketum PSSI, Zainudin Amali, memberikan semangat kepada Hokky Caraka dkk.

“Sore hari ini saya hadir di GBK untuk memberi semangat kepada Timnas U-20 agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,” ungkap Presiden Jokowi pada Sabtu (01/04/23).

Baca Juga

Sumber: Instagram Erick Thohir

FIFAErick ThohirIsraelPiala Dunia U-20Joko WidodoLiga Indonesia

Berita Terkini