x

Julian Nagelsmann Terdepan! Ini Daftar Pelatih Top yang Bisa Angkat Marwah Chelsea

Senin, 3 April 2023 15:40 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Prio Hari Kristanto
Graham Potter dicopot sebagai manajer klub Liga Inggris, Chelsea, dan berikut deretan pelatih top yang bisa menggantikannya. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Chelsea terbelenggu di papan tengah klasemen Liga Inggris musim 2022-2023. Akibatnya, Graham Potter dicopot sebagai manajer karena dinilai tak membawa perubahan.

Graham Potter diboyong Chelsea pada September 2022 lalu dari Brighton. Kehadirannya diharapkan mampu mendongkrak performa klub.

Pasalnya kala itu, The Blues memecat pelatih sebelumnya, Thomas Tuchel setelah gagal membawa ke jalur juara Liga Champions 2020-2021.

Namun keadaan justru berbanding berbalik, Chelsea mengalami tren penurunan signifikan di tangan Graham Potter. Mereka beberapa kali menuai hasil minor.

Baik di Liga Inggris maupun kompetisi lainnya, desakan untuk mengganti Potter mulai digaungkan sejak Januari 2023.

Baca Juga

Tim asal London Barat itu sudah menghabiskan triliunan uang untuk memperdalam skuadnya. Namun, malah semakin terpuruk.

Puncaknya saat skuad asuhan Graham Potter menelan kekalahan di kandang sendiri atas Aston Villa dengan skor 0-2, Sabtu (01/04/23) kemarin.

Baca Juga

Tak berselang lama dari kekalahan tersebut, Graham Potter kemudian dipecat oleh pihak manajemen Chelsea. Akibatnya, kini kursi kepelatihan dipegang oleh Bruno Saltor Grau selaku asisten pelatih.

Sejumlah nama baru mulai dilirik oleh The Blues untuk bisa mengisi kekosongan tersebut. Salah satunya adalah pelatih pecatan Liga Jerman.

Untuk melihat siapa pelatih-pelatih top Eropa yang digadang-gadang mampu mengangkat marwah Chelsea di Liga Inggris, simak ulasannya berikut.

Baca Juga

1. Daftar Pengganti Graham Potter

Julian Nagelsmann, pelatih Bayen Munchen. Foto: REUTERS/Lukas Barth

Julian Nagelsmann

Pelatih asal Jerman ini memang baru saja dipecat oleh Bayern Munchen. Nagelsmann bukan tanpa prestasi di Liga Jerman.

Ia sukses menjadikan skuad Die Roten yang bisa dibilang pas-pasan tampil layaknya tim yang dipenuhi pemain mewah. Hal itu dibuktikan saat Bayern mengalahkan PSG (skor agregat 3-1) di Liga Champions 2022-2023.

Dilansir dari Bild, pemecatan terhadap Julian Nagelsmann didasari adanya perseteruan antara pelatih dengan pemain. Di sisi lain, Bayern enggan kehilangan target buruannya, yakni Thomas Tuchel.

Luis Enrique

Enrique menjadi pelatih jempolan yang sedang menganggur. Dengan demikian, Chelsea dapat menggunakan jasanya.

Ia diberhentikan setelah Piala Dunia 2022 lantaran hanya mampu membawa Timnas Spanyol sampai di babak 16 besar.

Baca Juga

Peluang Chelsea mendapatkan Luis Enrique sangat besar, pasalnya sang pelatih dilaporkan ingin menjajal berkarier di Inggris dan ia siap menjadi manajer klub Liga Inggris yang dinilai mampu memenuhi ambisinya.

Mauricio Pochettino

Pochettino yang kini menganggur menjadi alternatif bagi Chelsea. Eks pelatih Spurs itu kabarnya mulai merindukan euforia Liga Inggris. Meski begitu ia juga tak menutup pintu jika ada tawaran yang lebih menggiurkan dari klub-klub liga lain.

Baca Juga

Mauricio Pochettino terbukti sukses mengangkat marwah klub-klub kelas menang. Lihat saja perubahan yang terjadi pada Tottenham sebelum dan sesudah kedatangan Pochettino.

Namun sampai saat ini satu dari ketiga pelatih di atas, sosok Julian Nagelsmann dan Luis Enrique yang paling santer dikabarkan dekat ke Stamford Bridge.

Calon pelatih baru Chelsea ini menarik untuk ditunggu, sebab dari masing-masing nama memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dalam menangani sebuah tim.

Baca Juga
ChelseaLuis EnriqueMauricio PochettinoLiga InggrisJulian NagelsmannTRIVIABerita Liga InggrisGraham Potter

Berita Terkini