x

Pentingnya Ryo Matsumura Sempurnakan 100 Tahun Persis Solo Berprestasi

Senin, 3 April 2023 09:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang Arema FC, BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22). (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo memang pantas memperjuangkan Ryo Matsumura untuk tetap menjadi bagian dari tim pada Liga 1 2023/2024. Ryo merupakan kepingan penting untuk perayaan 100 tahun berdirinya klub dengan meraih prestasi.

Prestasi Persis Solo sejak diambil alih Kaesang Pangarep, Kevin Nugroho dan Mahendra Agakhan Thohir memang luar biasa. Mereka promosi ke Liga 1 2022/2023 dengan predikat juara Liga 2 2021.

Status sebagai jawara Liga 2 2021 sejauh ini bisa dipertanggungjawabkan Persis Solo. Dibandingkan dua klub promosi lain, prestasi Persis Solo hingga pekan ke-31 paling menjanjikan.

Dengan tiga partai tersisa, Persis Solo masih punya kans menembus sepuluh besar pada klasemen akhir Liga 1 2022/2023. Saat ini, Persis Solo dengan 40 poin ada di peringkat ke-12.

Baca Juga

Penting untuk Persis Solo ada di pos sepuluh besar. Catatan prestasi musim ini menjadi pijakan awal untuk "mengamuk" pada kompetisi musim depan.

Amukan ini sejatinya sudah dirancang sejak musim ini. Persis Solo memang punya niat berprestasi dan serius memburu papan atas pada musim depan.

Baca Juga

Persis Solo menjadikan musim 2023/2024 sebagai titik lompatan prestasi karena beberapa alasan. Pertama, pada musim lalu Persis Solo tak leluasa bergerak mencari pemain.

Mayoritas pemain berkualitas dan punya pengalaman sudah diikat klubnya sejak Liga 1 2021/2022 belum selesai. Kini, manajemen Persis Solo sudah mengikat pria asal Belanda, Edwin Klok, untuk memburu pemain berkualitas.

Selain itu, faktor kedua menjadi yang lebih penting. Tahun 2023 bertepatan dengan perayaan 100 tahun berdirinya Laskar Sambernyawa.

Baca Juga

1. Pilar Penting Persis Solo

Pemain asing Persis Solo, Alexis Messidoro.

Dalam perayaan 100 tahun berdirinya klub, Persis Solo ingin meraih prestasi membanggakan. Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, sudah menegaskan target masuk papan atas musim depan.

Sementara itu, Alexis Messidoro menjadi pilar penting yang sudah dikunci. Mantan wonderkid Boca Juniors ini sepakat menjadi bagian Laskar Sambernyawa hingga akhir musim 2024/2025.

Pada musim ini, Messidoro mencatatkan prestasi luar biasa. Dari data Liga 1 di laman resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Messidoro mencatatkan tujuh gol dan sembilan assist dalam 30 pertandingan.

Messidoro juga menjadi salah satu pemain Liga 1 2022/2023 yang melepaskan umpan paling banyak. Ia melepaskan 1.809 umpan dengan 1.425 di antaranya tepat sasaran. Lalu, dari 45 tembakan yang dilepaskan, ada 27 tembakan yang tepat sasaran.

Baca Juga

Namun, Messidoro tak bisa kerja sendirian. Dalam beberapa pertandingan sangat terlihat bahwa Messidoro butuh Ryo Matsumura untuk lebih memaksimalkan kontribusinya.

Catatan Ryo juga super gemilang. Sempat diragukan ketika menempati posisi sayap kiri, ternyata Ryo lebih maksimal saat menjadi gelandang serang atau sosok di belakang striker.

Baca Juga

Dalam 26 pertandingan musim ini, Ryo Matsumura mencatatkan sebelas gol dan enam assist. Ryo pun cukup rajin mengancam gawang lawan dengan 55 tembakan dan 33 di antaranya menemui sasaran.

Maka, Ryo Matsumura merupakan kepingan penting dalam upaya meraih prestasi dalam perayaan 100 tahun berdirinya Laskar Sambernyawa.

Baca Juga

2. Tunggu Keputusan Ryo

Winger Persis Solo, Ryo Matsumura berusaha melewati kawalan bek Persita, Muhammad Toha. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Persis Solo menunjukkan keseriusan untuk mempermanenkan pemain yang dipinjam dari klub Thailand, BG Pathum United. Negosiasi sudah berjalan sejak awal Januari 2023 lalu.

"Komunikasi sama Ryo sebenarnya sudah dua bulan yang lalu. Sama Ryo, sama agennya dan BG Pathum. Ya lihat saja nanti hasilnya bagaimana. Kan tergantung mereka," kata Bos Persis Solo, Kevin Nugroho, pada 19 Maret 2023 lalu.

Saat ini, Ryo Matsumura sudah ada di Solo. Tulisan "lets enjoy till the end" dalam postingan terbaru tentang Persis Solo yang diunggah Ryo di instagram pribadinya, Sabtu (1/4/23), banyak diartikan sebagai "deal" oleh suporter Persis Solo.
 

Persis SoloLiga 1Ryo Matsumura

Berita Terkini