x

Renovasi Masih Berjalan, Persis Solo Batal Jamu Persebaya di Stadion Manahan

Senin, 3 April 2023 01:57 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Suporter Persis Solo, Pasoepati. (Foto: MO Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo resmi batal menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo. Laga pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 tetap berjalan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (8/4/23).

Keputusan FIFA membatalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 disikapi Persis Solo dengan keinginan pulang kampung. Keinginan ini mendapat dukungan dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming.

Pasalnya, selama putaran kedua ini, Persis Solo tak bisa bermarkas di Manahan dan harus menjadi musafir. Keinginan pulang kampung ingin dipercepat dengan menjamu Persebaya.

Namun, upaya itu tak bisa terealisasi dalam waktu dekat. Ternyata, masih ada pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR untuk renovasi Manahan.

"Meskipun sudah ada keputusan tentang pembatalan tuan rumah Piala Dunia U-20, namun renovasi Manahan terus berjalan sesuai kontrak kerja,"

Baca Juga

"Makanya, pertandingan melawan Persebaya belum bisa di Manahan," kata Ketua panpel Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, Minggu (2/4/23).

Dari informasi yang didapatnya, masih ada perbaikan pada bagian tribun, khususnya tribun media yang dibongkar ulang. Begitu pula pengerjaan di sektor luar sekitar area stadion.

Baca Juga

"Minggu siang tadi saya melihat masih dilakukan pengaspalan di area jogging track juga," tutur pria yang juga anggota DPRD Surakarta ini.

Ginda memastikan partai melawan Persebaya Surabaya akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo. Partai ini akan dimulai pukul 20.30 WIB.

Dari izin yang diturunkan pihak keamanan, Persis Solo boleh menggelar pertandingan dengan penonton. Namun, kuotanya dibatasi hanya 2.000 penonton saja.

Baca Juga

1. Tanpa Suporter Persebaya

Pertandingan antara Madura United vs Persebaya Surabayadi BRI Liga 1 2023. (Foto: MO Madura United)

Manajemen Persis Solo juga diminta mengirimkan surat pemberitahuan kepada manajemen Persebaya Surabaya bahwa tak ada kuota untuk suporter setianya.

"Sesuai izin dari pihak keamanan, kuota 2.000 penonton itu hanya untuk suporter Persis Solo. Tidak ada kuota untuk suporter Persebaya," jelas Ginda.

Ginda memastikan, Panpel Persis Solo mengikuti apapun yang menjadi keputusan dari pihak keamanan. 2.000 lembar tiket yang dijual akan didistribusikan manajemen Persis Solo ke semua kelompok suporter Laskar Sambernyawa.

"Pihak keamanan pasti sudah mempertimbangkan banyak hal terkait jumlah kuota untuk suporter Persis Solo ini," papar Ginda.

Setelah melawan Persebaya Surabaya, Persis Solo menyisakan satu partai kandang melawan Persik Kediri pada 13 April 2023 mendatang.

Baca Juga

Persis Solo berharap bisa mendapatkan izin dari Kementerian PUPR untuk mengakhiri kompetisi Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan Solo.

Panpel Persis Solo sudah mengajukan perizinan pada Polresta Surakarta serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta. Jika Manahan boleh dipakai, maka Persis Solo akan pulang kampung.

Baca Juga

Namun jika tidak, Persis Solo sudah mendapat restu Polda DIY untuk menggelar laga kandang melawan Persik di Stadion Maguwoharjo Sleman lagi.

Persebaya SurabayaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini