x

Luis Milla Motivasi Pemain Persib yang Batal Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Selasa, 4 April 2023 09:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, buka suara soal pemain-pemainnya yang gagal main di Piala Dunia U-20 2023. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT .

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, menyadari batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 memengaruhi psikologis pemain Timnas Indonesia U-20.

Sebagai informasi, FIFA mengumumkan lewat laman resminya telah mencabut status tuan rumah Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/03/23) malam WIB, saat segala sesuatunya sudah disiapkan.

Menurut Luis Milla, batalnya Timnas Indonesia U-20 berlaga di Piala Dunia U-20 2023 pasti membuat pemain kecewa, apalagi mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, mulai dari mengikuti pemusatan latihan hingga uji coba.

Oleh sebab itu, sebagai pelatih Luis Milla terus berusaha mengangkat kembali motivasi dan kepercayaan diri pemain Timnas Indonesia U-20 khususnya yang ada di Persib, yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah.

Menurut Luis Milla, pemain Timnas Indonesia U-20 masih memiliki karier sepak bola yang panjang, sehingga kegagalan tampil di Piala Dunia U-20 2023 jangan sampai membuat mereka patah semangat.

Baca Juga

"Mereka harus dimotivasi dan mengontrol pikirannya, karena masih menjadi bagian dari kami. Sebagai pelatih, saya harus memberi dukungan bagi mereka saat ini," tegas pelatih asal Spanyol ini.

Hal senada disampaikan juga oleh gelandang Persib, Dedi Kusnandar. Menurutnya batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pasti membuat pemain Timnas Indonesia U-20 kecewa.

Meski demikian, mantan kapten Timnas Indonesia U-23 ini, mengajak pemain Timnas U-20 khususnya Robi Darwis, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah untuk bangkit.

Baca Juga

Pasalnya, karier mereka di sepak bola masih sangat panjang dan peluang untuk meraih prestasti lebih tinggi sangat terbuka lebar, asalkan mereka tetap semangat dan mau bekerja keras.

"Ya pastinya situasi seperti ini sempat saya alami di situasi Kakang, Ferdi, Robi di saat kita mau tampil di event internasional, tapi tidak bisa,

"Apalagi ini skalanya lebih besar lagi dan saya dapat merasakan perasaan mereka seperti apa," ungkap Dado, sapaan akrabnya.

"Tapi seperti yang coach bilang hidup harus terus berjalan, apalagi karier mereka masih panjang dan tahu potensi mereka sangat besar, jadi jangan berkecil hati dan semoga ada hikmah di balik ini," ujarnya.

Dado juga berharap, mudah-mudahan kejadian ini bisa menjadi awal lonjakan karier dan tetap semangat karena mereka adalah para pemain penuh potensi.

Baca Juga

1. Tentang Pemain-Pemain Muda Persib

Salah satu pemain muda Persib, Kakang Rudianto. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Sementara itu, pemain muda yang dimiliki oleh Persib sering mendapatkan kesempatan bermain dari Luis Milla di kompetisi Liga 1 2022-2023, di antaranya Robi Darwis dan Kakang.

Robi Darwis sendiri dari 31 pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, mendapatkan kesempatan bermain dari Luis Milla dalam 14 pertandingan dengan mengoleksi 729 menit bermain.

Selain itu, dari 14 pertandingan yang dilakoninya di kompetisi Liga 1 2022-2023, Robi Darwis berhasil mencetak satu gol dan satu umpan.

Di pertandingan terakhir di kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Bhayangkara FC dan Persija Jakarta, Robi Darwis tampil sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit.

Keputusan Luis Milla sering menurunkan Robi Darwis bukan tanpa alasan.

Baca Juga

Pemain jebolan Akademi Persib tersebut selain mampu menjalankan tugasnya dengan baik di lini tengah, juga memiliki kelebihan dalam melakukan lemparan bola jauh.

Pasalnya, lemparan jauh yang dilakukan oleh Robi tersebut sering menjadi umpan dan peluang bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol pada pertandingan di kompetisi Liga 2022-2023.

Baca Juga

Sementara itu, Kakang Rudianto, dari 31 pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, mendapatkan kesempatan bermain dalam 9 pertandingan dan beberapa kali bermain sejak awal pertandingan hingga menit akhir.

Salah satunya, saat pertandingan menghadapi Bhayangkara FC, Jumat (24/03/23).

Di laga tunda kompetisi Liga 1 2022-2023 tersebut, Kakang bermain penuh 90 menit dan mampu menjaga lini belakang Persib dengan baik.

Baca Juga
Persib BandungPiala Dunia U-20Luis MillaLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini