x

Baru Laga Kedua, Thomas Tuchel Buat Bayern Munchen Kehilangan Trofi Juara

Rabu, 5 April 2023 12:21 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Thomas Tuchel saat ini menangani Bayern Munchen dan tersingkir dari perburuan trofi DFB-Pokal. Foto: Xavier Laine/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Pelatih baru Bayern Munchen, Thomas Tuchel, gagal membuat timnya melenggang jauh di DFB-Pokal usai kalah atas Freiburg. Ini membuat Bayern kehilangan satu trofi.

Bayern Munchen secara mengejutkan takluk 1-2 dari Freiburg di Allianz Stadium, Rabu (5/4/23) dini hari WIB.

Skuad asuhan Thomas Tuchel sejatinya unggul lebih dahulu di babak pertama lewat sundulan Dayot Upamecano (19').

Freiburg lantas membalas gol tersebut di menit ke-27. Nicolas Hofler mencatatkan namanya di papan skor usai tendangan jarak jauhnya mebobol gawang Bayern Munchen.

Gol kemenangan Freiburg tercipta di masa injury time. Lucas Holer kali ini yang mencetak gol, kali ini lewat titik putih setelah Jamal Musiala melakukan handball di kotak terlarang.

Baca Juga

Ini menjadi kekalahan Thomas Tuchel sebagai manajer baru Bayern Munchen. Parahnya, sekali kalah Die Roten harus mengorbankan satu gelar juara.

Pengganti sosok Julian Nagelsmann itu mengakui bahwa dirinya harus memikul tanggung jawab atas kekalahan anak asuhnya.

Baca Juga

"Kami kebobolan dua gol dengan 2 tembakan. Saya tidak bisa mengingat peluang lain dari Freiburg," kata Thomas Tuchel, dikutip dari ESPN, Rabu (5/4/23).

Menurutnya, permasalahan besar Bayern Munchen di laga ini adalah terlalu banyak membuang peluang emas. Pasalnya, mereka memiliki sejumlah momentum berpotensi gol.

"Kami mempunyai momen-momen bagus yang seharusnya bisa kami manfaatkan, tapi (kami) tidak bisa mempertahankannya."

Baca Juga

1. Karma Nagelsmann?

Julian Nagelsmann, pelatih yang baru saja angkat kaki dari Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Lukas Barth.

Thomas Tuchel mengawali debutnya di Allianz Arena dengan kemenangan 4-2 atas klub lamanya yakni Borussia Dortmund, di mana sebelumnya ia juga memenangkan gelar DFB-Pokal.

Kegagalan membawa Bayern Munchen melaju ke jalur juara ini akan mengurangi kesan awalnya saat melakoni partai debut melawan Die Borussen lalu.

Meski demikian, Bayern Munchen bisa membalaskan dendam tersebut di Sabtu mendatang kala bertandang ke markas Freiburg dalam lanjutan Liga Jerman (Bundesliga).

Partai tersebut juga menjadi ajang Die Roten untuk memperkuat posisinya di puncak klasemen.

Mereka juga tetap berada dalam persaingan untuk mendapatkan tempat di Liga Champions dan kembali ke kompetisi Eropa dengan melawan Manchester City pada Rabu mendatang.

Baca Juga

Kehadiran Thomas Tuchel di tubuh Bayern Munchen memang sedikit mengejutkan publik. Mengingat, ada sosok Julian Nagelsmann yang dikorbankan.

Julian Nagelsmann sendiri menjadi salah satu pelatih muda yang berhasil membawa Bayern Munchen tampil prima di sejumlah kompetisi.

Baca Juga

Pelatih asal Jerman tersebut sudah menukangi Bayern sejak musim panas 2021. Di bawah kepemimpinannya, Die Roten berhasil menjuarai Liga Jerman pada musim pertamanya, serta Piala Super Jerman 2021-2022 dan 2022-2023.

Munchen memang sudah sempat berpikir untuk mendepak Nagelsmann, tapi di akhir musim. Rencana tersebut berubah gara-gara Bayern Munchen enggan kehilangan Tuchel.

Eks pelatih Chelsea itu memang tengah diminati oleh sejumlah klub seperti Real Madrid dan Tottenham Hotspur.

Apabila Die Roten harus menunggu hingga akhir musim, ada kemungkinan Tuchel bisa meraih kesempatan lebih dulu dengan satu dari dua tim tersebut.

Baca Juga

Sumber: ESPN

Bayern MunchenFreiburgThomas TuchelDFB PokalBola InternasionalLiga JermanBerita Liga Jerman

Berita Terkini