x

Respons Kecewa Leonardo Medina soal Ricuh Suporter Persis Solo dengan Persib

Rabu, 5 April 2023 16:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina (tengah) saat konferensi pers setelah pertandingan menghadapi Persib.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Meksiko, Leonardo Medina, kecewa berat dengan kericuhan yang melibatkan suporter Persis Solo dengan Persib Bandung di Bogor, Selasa (4/4/23). Kejadian pada laga pekan ke-32 Liga 1 2022-2023 tak bisa ditolerir.

Kericuhan yang melibatkan suporter kedua tim terjadi pada pertengahan babak kedua. Suporter Persis Solo terlihat saling serang meski sejatinya sudah ditempatkan pada tribun yang berbeda.

Kericuhan menjadi semakin parah ketika ada banyak letusan petasan di tribun. Petasan itu diduga berasal dari tribun yang ditempati suporter Persis Solo dan dilempar ke arah tribun suporter Persib.

Bahkan, aksi saling lempar bangku tempat duduk memaksa wasit menghentikan laga pada menit ke-77. Bek Persis Solo, Andri Ibo, yang berupaya meredam suasana justru hampir terkena lemparan kursi.

Setelah beberapa menit laga dihentikan, suasana mulai kondusif. Laga pun kemudian dilanjutkan dan berhasil dimenangi tuan rumah Persib Bandung dengan skor 3-1.

Baca Juga

David da Silva menjadi aktor penting dalam laga ini lewat dua golnya menit ke-45+5 dan 63, serta Frets Butuan menit ke-80. Sementara gol tunggal Persis Solo dicetak Jaimerson Xavier menit ke-26.

Dalam jumpa pers usai pertandingan, Leonardo Medina mengungkapkan kekecewaan atas kejadian tersebut. Ia tak paham kenapa para suporter bertindak anarkis di stadion.

Baca Juga

"Kami merasa sedih dengan kejadian itu. Ini bukan hanya menyedihkan bagi suporter, tapi juga menyedihkan buat pemain, staf dan bagi semua pelatih," kata Leonardo Medina.

Menurutnya, sepak bola merupakan tontonan yang harusnya bisa dinikmati dengan cara yang lebih baik.

"Ini sesuatu yang tidak kami pahami di dalam sepak bola. Ini bukan hal yang baik dan tidak bisa ditolerir dalam sepak bola," tutur Leonardo.

Baca Juga

1. Harus Instropeksi

Laga Liga 1 antara Persib Bandung vs Persis Solo diwarnai bentrok antar suporter Persib Bandung dengan Persis Solo di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (04/04/23).

Leonardo menilai, bukan hanya klub yang harus introspeksi terhadap situasi semacam ini. Menurutnya, para suporter juga harus paham bahwa tentang bagaimana menjaga kondusifitas selama pertandingan.

"Saya sangat sedih dengan situasi seperti ini. Semua harus introspeksi, bukan hanya dari klub, bukan hanya dari wasit, tapi teman-teman suporter juga harus menciptakan situasi yang kondusif dalam sepak bola," ucapnya.

Baca Juga

Sikap kecewa ini juga secara resmi diungkapkan Persis Solo melalui instagram resminya. Bahkan, Persis Solo mendukung penuh jika ada langkah hukum terkait peristiwa tersebut.

Sikap tegas ini pernah dilakukan ketika oknum suporter setianya berbuat onar di Yogyakarta pada 25 Juli 2022.

"Persis tidak mentoleransi segala bentuk kekerasan di dalam sepak bola, dan mendukung segala penegakan hukum atau sanksi sebagai konsekuensi atas kegagalan untuk menciptakan situasi kondusif di dalam stadion," demikian pernyataan resmi Persis Solo.

Baca Juga

Setelah ini, Persis Solo terjadwal melakoni laga kandang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (8/4/23).

Belum diketahui apakah kericuhan itu berimbas pada status laga tersebut. Laga itu mendapat izin Polda DIY untuk digelar dengan kehadiran suporter Persis Solo, namun dalam kuota 2.000 anggota saja.

Persib BandungPersis SoloSuporterLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini