x

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023: Elkan Baggott Jadi Tembok Kokoh

Kamis, 6 April 2023 04:01 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Elkan Baggott dan Rizky Ridho di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri bakal menjalani ajang bergengsi di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 pada 5 hingga 17 Mei di Kamboja.

Drawing cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 baru saja digelar pada Rabu (05/04/23) sore WIB. Timnas Indonesia U-22 terbilang cukup beruntung dalam drawing.

Sempat ketar-ketir bakal segrup dengan Vietnam dan Malaysia, Timnas Indonesia U-22 akhrnya mendapat lawan yang mudah.

Skuat Garuda Muda tergabung ke dalam Grup A bersama Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Sedangkan Grup B sendiri dihuni Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura dan Laos.

Hal ini membuat pasukan Indra Sjafri diuntungkan untuk bisa melaju ke semifinal dengan berstatus sebagai juara grup.

Baca Juga

Jelang SEA Games 2023, Indra Sjafri telah memanggil 43 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) sekaligus ajang seleksi. Ia juga turut memanggil tujuh pemain dari Timnas Indonesia U-20 yang gagal bertanding di Piala Dunia U-20 2023.

Ada tiga pemain U-20 yang sudah gabung yakni Hokky Caraka, Made Tito Wiratama, dan Daffa Fasya. Kemudian Indra Sjafri masih mengusahakan agar Elkan Baggott, Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan bisa ikut ke Kamboja.

Baca Juga

Bila ketiga pemain yang berkarier di luar negeri tersebut bisa ikut, maka Timnas Indonesia U-22 bisa memiliki starting XI mematikan.

Berikut INDOSPORT telah merangkum prediksi Starting XI Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023:

Baca Juga

1. Kiper dan Lini Belakang

Elkan Baggott

Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 diprediksi cocok untuk memakai pola 4-3-3 bila Elkan Baggott, Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan bisa ikut bergabung.

Untuk posisi penjaga gawang, Ernando Ari dipastikan menjadi andalan di bawah mistar. Meski memanggil kiper Timnas Indonesia U-20 yakni Daffa Fasya, namun pengalamannya masih kalah dari Ernando Ari.

Kemudian untuk posisi bek kanan, Bagas Kaffa dipastikan bakal mengisi slot ini. Ia memang menjadi anak emas Indra Sjafri ketika dulu memperkuat Timnas Indonesia U-19.

Bagas Kaffa juga bermain cukup bagus di Barito Putera. Ia selalu menjadi andalan di sisi kanan dengan sudah bermain sebanyak 30 kali plus mencetak satu gol di Liga 1 2022-2023.

Kemudian untuk posisi bek kiri, Pratama Arhan jelas mengisi slot ini. Ia merupakan anak emas Shin Tae-yong di Timnas Indonesia senior.

Baca Juga

Pratama Arhan juga memiliki kemampuan lemparan ke dalam yang sangat jauh. Ia diharapkan bisa mendapatkan izin dari Tokyo Verdy agar bisa ikut SEA Games 2023.

Kemudian untuk dua bek tengah, Elkan Baggott dan Rizky Ridho dipastikan bakal menjadi duet maut. Kedua pemain tersebut juga selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di skuat senior.

Lini Tengah

Sementara itu untuk lini tengah, ada David Maulana, Marselino Ferdinan dan Beckham Putra. Ketiga pemain tersebut bisa menjadi trio mematikan di lini tengah.

David Maulana merupakan gelandang milik Bhayangkara FC. Pemain berusia 21 tahun tersebut tercatat sudah bermain sebanyak 11 laga di kompetisi Liga 1 2020-2023.

Baca Juga

Kemudian Marselino Ferdinan juga merupakan talenta muda yang beberapa kali bermain untuk Timnas Indonesia senior. Meski baru berusia 18 tahun, Marselino punya skill individu cukup bagus bila bersua pemain yang lebih besar dan tua.

Sedangkan Beckham Putra Nugraha merupakan gelandang andalan Persib Bandung. Meski baru berusia 21 tahun, ia sudah dipercaya tampil sebanyak 25 kali dengan menyumbang satu gol dan tiga assist di Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

2. Lini Depan

Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

Untuk posisi lini depan, Indra Sjafri sudah pasti bakal memasang Witan Sulaeman sebagai penyerang kiri.

Witan Sulaeman sudah jelas menjadi andalan karena selalu menjadi langganan Timnas Indonesia senior besutan Shin Tae-yong.

Witan Sulaeman juga sempat mencetak gol ke gawang Burundi di FIFA Matchday Maret 2023 lalu. Bersama Persija Jakarta, ia sudah tampil dalam delapan laga sejak Januari lalu dengan mencetak satu gol.

Kemudian Ramai Rumakiek akan mengisi slot penyerang kanan. Pemain milik Dewa United tersebut memiliki kelebihan dalam hal kecepatan melakukan tusukan.

Terakhir ada nama Hokky Caraka yang kemungkinan menjadi ujung tombak. Striker Timnas Indonesia U-20 tersebut cocok menjadi andalan karena memang memiliki hasrat mencetak gol tinggi.

Hal ini terlihat saat dirinya membela Skuat Garuda U-20 di Piala Asia U-20 2023 lalu. Hokky Caraka menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang mencetak gol.

Hokky tercatat menyumbang satu gol saat pasukan Shin Tae-yong bersua Suriah U-20, dan sempat memberikan skuat Garuda Nusantara kemenangan sekaligus harapan untuk lolos ke babak selanjutnya.

Walau pada akhirnya di laga kontra Uzbekistan, Hokky Caraka gagal mencetak gol lagi dan Timnas Indonesia U-20 harus tersingkir.

Indra SjafriKambojaWitan SulaemanTimnas Indonesia U-22Elkan BaggottPratama ArhanRizky RidhoHokky CarakaSEA Games 2023

Berita Terkini