x

Breaking! Pot Drawing Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Berpotensi di Grup Neraka

Jumat, 7 April 2023 22:06 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Pot drawing gelaran Piala Asia 2023 baru saja ditentukan hari ini, Jumat (07/04/23) malam WIB, dari hasil yang ada skuad Timnas Indonesia berpotensi masuk grup neraka.

Melansir dari unggahan resmi media sosial AFC, diketahui bahwa Timnas Indonesia bakal bergabung di pot 4 bersama sejumlah negara ASEAN lain seperti Thailand dan Malaysia.

Dengan kepastian ini, maka Timnas Indonesia berpotensi bertemu dengan sejumlah tim-tim kuat dari pot 1 hingga 3.

Sebagai gambaran, pada pot 1 drawing Piala Asia 2023 kali ini dihuni negara-negara langganan juara mulai dari Jepang, Korea Selatan, Iran Australia hingga tuan rumah Qatar.

Sedangkan di pot 2, negara-negara kuat Timur Tengah masih jadi momok menakutkan buat Timnas Indonesia seperti Iraq, Uni Emirat Arab serta Oman.

Baca Juga

Satu-satunya lawan yang mungkin bisa jadi sumber poin Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala Asia 2023 nanti adalah di pot 3, di mana secara kekuatan dan ranking FIFA sepertinya skuad Garuda bisa mengimbangi.

Di pot tiga, negara-negara seperti Bahrain, Syria, Palestina, Vietnam, Kyrgyzstan hingga Lebanon berpotensi jadi lawan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Dari enam negara tersebut, Vietnam tampaknya jadi lawan yang cukup mudah buat Timnas Indonesia lantaran skuad Merah Putih sudah sering berhadap dengan mereka di ajang Piala AFF.

Sebagai informasi, drawing Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 11 Mei 2023 mendatang dan bertempat di Katara Opera House, Doha mulai pukul 14:00 waktu setempat.

Bagi Timnas Indonesia, ini merupakan kali kelima dalam sejarah mampu tampil di putaran final Piala Asia setelah terakhir kali melakukannya pada tahun 2007.

Baca Juga

1. Timnas Lolos Piala Asia

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Timnas Indonesia untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, berhasil kembali tampil di putaran final Piala Asia usai lolos dari babak kualifikasi.

Skuat Garuda berhasil lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mengandaskan perlawanan Nepal di laga terakhir grup A, Rabu (15/06/22).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Timnas Indonesia mampu mengalahkan Nepal dengan skor 7-0.

Pesta gol Timnas Indonesia itu dibuka sejak menit awal pertandingan lewat tandukan Dimas Drajad memanfaatkan assist dari Asnawi Mangkualam di menit ke-6.

Gol kedua dicetak oleh Witan Sulaeman di menit ke-43, yang kemudian disusul lima gol di paruh kedua lewat Fachrudin Aryanto, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Berkat kemenangan besar ini, Timnas Indonesia pun duduk di peringkat kedua grup A dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

Sepanjang babak kualifikasi, Timnas Indonesia yang tergabung grup A berhasil raih dua kemenangan yakni saat menghadapi Nepal dan tuan rumah Kuwait (1-2).

Baca Juga

Timnas Indonesia hanya sekali telan kekalahan di kualifikasi Piala Asia 2023, yakni saat menghadapi Jordania (0-1) yang saat itu keluar sebagai juara grup.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalPiala Asia

Berita Terkini