x

'Rayakan' Sanksi Ringan FIFA bak Prestasi, PSSI Kena Sentil Pengamat Sepak Bola

Jumat, 7 April 2023 20:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pengamat sepak bola, Akmal Marhali, memberi sentilan kepada PSSI yang menganggap sanksi ringan dari FIFA buntut dibatalkannya Piala Dunia U-20 2023 bak prestasi.

INDOSPORT.COM – Pengamat sepak bola, Akmal Marhali, memberi sentilan kepada PSSI yang menganggap sanksi ringan dari FIFA buntut dibatalkannya Piala Dunia U-20 2023 sebagai sebuah prestasi.

FIFA resmi menjatuhkan sanksi administratif berupa pembatasan dana subsidi FIFA Forward seiring pencabutan mandat Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Hal ini disampaikan dengan suka cita oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melalui akun resmi Instagram pada hari Kamis (06/04/23) kemarin.

Dalam pernyataannya, Erick Thohir menyatakan Indonesia hanya mendapatkan kartu kuning, bukan kartu merah.

Selain itu, Erick Thohir juga mengklaim sanksi ini juga memungkinan Timnas Indonesia masih bisa mencetak prestasi di SEA Games yang akan dilangsungkan 5-17 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga

Meski ini jadi sebuah kabar baik bagi masa depan sepak bola Indonesia, tetapi pengamat sepak bola Akmal Marhali mengingatkan bahwa sanksi FIFA ini jadi pelajaran berharga.

“Hukuman ringin ini jangan menjadikan kita jemawa apapun alasannya kita tetap mendapat hukuman dan membuktikan FIFA tetap menjaga kedauatan sebagai sebuah federasi olahraga dan menegakkan wibawanya di mata para anggotanya,” tulis Akmal Marhali melalui akun Instagramnya.

Baca Juga

Selain itu, koordinator Save Our Soccer itu juga meminta seluruh masyarakat Indonesia bersikap rendah hati dan jangan mengulangi kesalahan serupa.

Akmal Marhali mengingatkan kepada PSSI dan seluruh pelaku sepak bola seyogyanya tidak lagi mencampuradukkan urusan politik dengan olahraga ini.

“Untuk kita yang sudah terlanjur melakukan kesalahan fatal ini harus menjadi pelajaran penting di mana sepak bola tidak bolah dikait-kaitkan atau dicampuradukkan dengan politik,” sambung Akmal Marhali.

Baca Juga

1. Jangan Ada PDIP “Piala Dunia Isinya Politik”

Logo PSSI

Lebih lanjut, Akmal Marhali juga meminta PSSI duduk satu meja dengan organisasi olahraga lainnya untuk membalas hal ini bersama pemerintah.

Intinya, harus ada rencana ke depan untuk memperjelas legal standing yang berkaitan dengan dunia sepak bola Tanah Air dan cabang olahraga lainnya.

“Tidak boleh ada ladi PDIP di sepak bola, PDIP bukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tapi Piala Dunia Isinya Politik, sepak bola harus tetap jadi sepak bola jangan sampai kemudian sepak bola dijadikan kendaraan politik,” tandas Akmal Marhali.

Dengan memisahkan politik dan sepak bola, pemerintah dan PSSI tentunya diharapkan bisa meredam gejolak di kalangan masyarakat yang terjadi belakangan ini.

Diketahui, FIFA memang telah mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Federasi dunia menilai ada situasi terkini yang menyebabkan status Indonesia sebagai tuan rumah dicabut, apalagi Indonesia belum lama ini diterpa Tragedi Kanjuruhan. 

Baca Juga

Sejatinya, Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Dengan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah, batal pula Timnas Indonesia U-20 tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Dibatalkannya Piala Dunia U-20 2023 karena penolakan terhadap Israel rupanya juga merembet ke masa depan ANOC World Beach Games 2023 yang sedianya akan dilangsungkan di Bali pada 5-15 Agustus 2023 mendatang.

Baca Juga

Pasalnya, Gubernur Bali Wayan Koster masih konsisten terhadap sikapnya yang menolak kedatangan kontingan Israel yang merupakan salah satu peserta Beach World Games 2023.

Koster beralasan penolakan kepada atlet Israel berpedoman pada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

Sekedar informasi, atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali berdasarkan hasil di babak kualifikasi cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3x3.

Baca Juga
FIFAPSSILiga IndonesiaAkmal MarhaliPiala Dunia U-20 2023World Beach Games

Berita Terkini