x

Hadapi Persebaya, Gavin Kwan Tegaskan Misi Besar Persis Solo di Liga 1 Musim Ini

Sabtu, 8 April 2023 03:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pergerakan Winger Persis Solo, Gavin Kwan Adsit dikawal bek PSS Sleman, Derry Rachman. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek Persis Solo, Gavin Kwan Adsit, menegaskan misi timnya mengakhiri Liga 1 22/23 di posisi sepuluh besar. Misi ini perlu diawali dengan meraih kemenangan atas Persebaya Surabaya di Sleman, Sabtu (8/4/23) malam.

Persaingan memburu pos sepuluh besar berjalan ketat dengan hasil positif PSIS Semarang dalam dua partai terakhir. Tim Mahesa Jenar mengakhiri tren buruk dengan menang 5-2 atas PSS Sleman dan 4-0 atas PSM Makassar.

Persis Solo yang awalnya ada di peringkat sepuluh juga tergeser ke peringkat ke-13, menyusul kekalahan atas Persib Bandung 1-3 di Bogor.

Misi kembali ke sepuluh besar diusung Gavin Kwan Adsit bersama rekan-rekannya saat melawan Persebaya. Misi ini sangat mungkin terwujud karena beda poin antarklub papan tengah sangat tipis.

"Banyak yang tahu bahwa papan tengah poinnya hampir sama, terutama tiga tim di atas kita, seperti PSIS, Arema, Persik, bahkan juga Persita. Rata-rata poinnya 41. Jadi, kita masih punya kesempatan dapat posisi yang lebih bagus," kata Gavin Kwan, Jumat (7/4/23).

Baca Juga

Saat ini, Persis Solo mengoleksi 40 poin dari 32 pertandingan. Sementara PSIS Semarang, Arema FC dan Persik Kediri mengoleksi 41 poin. 

Kemenangan atas Persebaya bisa membuat mereka naik ke posisi sepuluh dengan 43 poin atau kembali unggul dua poin dari PSIS Semarang. 

Baca Juga

"Kalau bisa kita masuk ke sepuluh besar. Mudah-mudahan kita bisa dapat hasil maksimal (lawan Persebaya)," tutur Gavin Kwan.

Hanya saja, masa persiapan melawan Persebaya sangat pendek. Sepulang dari Bogor, Persis Solo butuh waktu untuk mengembalikan kondisi.

Setelah berlatih di Solo, Persis langsung berangkat ke Sleman. Dari pengamatan Indosport, Persis melakukan latihan resmi di Stadion Maguwoharjo pada Jumat petang (7/4/23) atau sebelum venue digunakan untuk laga PSS Sleman melawan Bali United.

Baca Juga

1. Motivasi Tinggi

Laga Liga 1 antara Persib Bandung vs Persis Solo di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (04/04/23).

"Ya benar, kita melakukan travelling, termasuk saat pertandingan home. Tapi sejauh ini kita bisa mengendalikan situasinya,"

"Kita punya tim fisio yang sangat bagus dan membantu tim, begitu juga dengan pelatih fisik. Dia punya pengalaman dan memberi nasihat kepada para pemain," jelas Gavin.

Gavin menegaskan status PSM Makassar sebagai tim yang sudah juara pada musim ini tak mempengaruhi semangat bertanding Laskar Sambernyawa.

"Sekarang semua pemain punya motivasi tinggi. Walaupun liga sudah ada juaranya, tapi kita sangat ingin menutup musim ini dengan hasil yang lebih baik, serta menjadi momentum untuk musim depan," lanjut Gavin.

Gavin mengungkapkan hal tersebut ketika hadir dalam sesi jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Jumat petang, bersama Leonardo Medina. Itu artinya Gavin bakal mengamankan satu tempat di starting eleven.

Baca Juga

Belum diketahui apakah Gavin akan kembali mengisi sektor gelandang sayap dalam formasi 3-5-2 atau kembali menjadi bek kanan dalam formasi 4-4-2.

Lini belakang Persis Solo sedang mengkhawatirkan karena kehilangan dua pilar langganan inti, yakni Jaimerson Xavier dan Rian Miziar.

Baca Juga

Kuat dugaan Persis Solo akan tampil dengan formasi 4-4-2. Selain Gavin, tiga slot lini belakang berpotensi ditempati Andri Ibo, Sutanto Tan dan Eky Taufik.

Rencananya, laga pekan ke-33 Liga 1 2022/2023 akan digelar dengan status boleh dihadiri penonton. Namun, kuota dibatasi 2.000 penonton dan hanya diperuntukkan bagi suporter Persis Solo.

Persebaya SurabayaPersis SoloGavin Kwan AdsitLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini