x

Absen di SEA Games 2023, Timnas Indonesia Putri Jadi Sorotan Media Vietnam

Minggu, 9 April 2023 11:57 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Timnas Indonesia Putri kembali menjadi sorotan media Vietnam lantaran memutuskan tidak berpartisipasi di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia Putri kembali menjadi sorotan media Vietnam lantaran memutuskan tidak berpartisipasi di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Sebentar lagi bakal segera digelar pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara bertajuk SEA Games 2023. Tepatnya di Phnom Penh, Kamboja, pada 5 sampai 17 Mei 2023.

Kamboja selaku tuan rumah telah mengumumkan cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada SEA Games edisi ke-32 tersebut.

Tercatat bahwa Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 menggelar total 44 cabor dengan 632 nomor pertandingan. Salah satunya adalah sepak bola putri.

Berdasarkan drawing yang dilakukan di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Rabu (05/04/23), total ada sembilan negara berpartisipasi yang terbagi ke dalam dua grup.

Baca Juga

Di Grup A, ada lima negara tergabung yakni Vietnam, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Indonesia. Sementara di Grup B terdiri dari Kamboja, Thailand, Singapura, dan Laos.

Hanya saja, timnas Indonesia putri kemudian dinyatakan mundur dari SEA Games 2023 usai adanya drawing yang telah dilakukan.

Kabar itu diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) dalam unggahan di halaman facebook. Meskipun tak diketahui pasti alasan absennya timnas Indonesia putri.

Baca Juga

Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyando Hakim, menjelaskan bahwa timnas Indonesia putri tidak mundur tapi memang absen di ajang ini.

Terkait drawing, Lexyando Hakim menjelaskan ada kesalahpahaman dari panitia penyelenggara drawing dan federasi sepak bola Kamboja.

Meski demikian, media Vietnam, Vietnam Express, ikut menyoroti absennya timnas putri Indonesia dari SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Sorotan Media Vietnam

Sebagaimana dilansir dari laman Vietnam Express, media lokal tersebut menyoroti tentang kabar absennya timnas Indonesia putri dari ajang SEA Games 2023.,

Sebagaimana dilansir dari laman Vietnam Express, media lokal tersebut menyoroti tentang kabar absennya timnas Indonesia putri dari ajang SEA Games 2023.,

Pasalnya pada tahun 2021 lalu, timnas Indonesia putri juga melakukan pengunduran diri usai dilakukan drawing di SEA Games.

“Ini adalah kedua kalinya tim peringkat 97 dunia itu (Indonesia) meninggalkan turnamen. Mereka juga pernah mundur dari SEA Games ke-21 pada tahun 2022 di Vietnam,” tulis Vietnam Express.

Lebih lanjut, media Vietnam Express mengenang jebloknya prestasi timnas sepak bola putri Indonesia di ajang SEA Games 2019 di Filipina.

“Pada partisipasi terakhir mereka di SEA Games 2019 Filipina, Timnas Indonesia putri berada di Grup B bersama Vietnam dan Thailand.”

Baca Juga

“Indonesia kemudian kalah di dua pertandingan pertama, mencetak satu gol dan kebobolan 11 gol. Mereka kemudian tersingkir di babak grup,” tulis Vietnam Express.

Meski timnas Indonesia putri absen di SEA Games 2023, namun Vietnam sendiri tetap menganggap kansnya juara terbilang berat.

Baca Juga

“Vietnam tidak pernah memenangkan kejuaraan dengan mudah, SEA Games selalu menjadi tantangan besar bagi kami,” kata Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Duong Nghiep Khoi.

Dengan absennya timnas Indonesia di SEA Games 2023, maka Grup A hanya akan diisi oleh timnas putri Vietnam, Filipina, dan Myanmar.

Grup ini disebut sebagai grup neraka lantaran ranking timnas putri Vietnam, Filipina, dan Myanmar adalah yang terkuat di Asia Tenggara. Bahkan Vietnam dan Filipina adalah peserta Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru.

Baca Juga

Sumber: Vietnam Express

VietnamMulti-EventTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia PutriBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini