x

Hitung-hitungan Peluang Chelsea Terdegradasi, Bakal Jadi Aib Seumur Hidup!

Minggu, 9 April 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Para pemain Chelsea tertunduk lesu pasca kalah dari Newcastle United (13/11/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

INDOSPORT.COM – Menghitung peluang Chelsea terdegradasi dari Liga Inggris (Premier League) musim ini, yang bakal menjadi aib bagi tim asal London Barat itu.

Awan hitam masih menggelayuti Chelsea seiring kekalahan yang didapatkan dari Wolverhampton Wanderers di pekan ke-30 Liga Inggris 2022/23, Sabtu (08/04/23).

Kekalahan itu diderita tim berjuluk The Blues tersebut kala mengunjungi Molineux Stadium yang merupakan markas Wolves.

Dalam lawatannya kali ini, tim besutan Frank Lampard itu harus menelan kekalahan 0-1 dari Wolves lewat gol tunggal Matheus Nunes di menit ke-31.

Kekalahan ini didapat dengan cara menyakitkan. Sebab, Chelsea hanya mampu menguasai bola tanpa mampu menciptakan peluang berbahaya ke gawang lawannya.

Baca Juga

Karenanya, kekalahan ini pun membuat posisi Chelsea kian sulit karena harus tertahan di peringkat ke-11 klasemen dengan raihan 39 poin, unggul 8 poin dari Wolves.

Jika melihat tabel klasemen saat ini, posisi tim yang juga berjuluk The Pensioners ini tak terlampau buruk karena masih unggul jauh dari tim papan bawah yang ada di peringkat ke-12 hingga 20.

Baca Juga

Tapi bola itu bundar. Keunggulan ini bisa saja terkikis mengingat masih adanya delapan laga tersisa di Liga Inggris musim 2022/23 ini.

Sehingga, potensi Chelsea terdegradasi atau turun kasta dari Liga Inggris karena finis di tiga posisi terakhir pun masih terbuka.

Lalu, bagaimana peluang Chelsea terdegradasi dari Liga Inggris musim ini? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Jalani Kampanye Sulit

Mateo Kovacic (tengah) dan Hakim Ziyech (kiri) berjalan lesu usai Chelsea kalah dari Brighton (29/10/22). (Foto: Reuters/John Sibley)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Chelsea saat ini baru memiliki total 39 poin dari 30 laga. Raihan poin ini terbilang belum aman.

Berkaca dari musim sebelumnya, torehan poin paling aman untuk terhindar dari degradasi adalah 40 poin. Di musim ini, poin tersebut dirasa belum aman dari degradasi.

Pasalnya, tiga tim terbawah yakni Southampton, Leicester City, dan Nottingham Forest masih memiliki peluang untuk bisa mencapai raihan 40 poin itu dengan delapan pertandingan tersisa.

Sehingga, Chelsea harus bisa mengoleksi lebih dari 40 poin di sisa musim ini, minimal meraih delapan poin agar bisa aman dari degradasi, berkaca pada poin maksimal yang bisa didapatkan Southampton selaku peringkat 20, yakni 47 poin.

Dengan delapan laga tersisa, Chelsea hanya membutuhkan dua kemenangan dan dua hasil imbang. Sehingga, hal ini bisa dibilang tugas mudah.

Baca Juga

Tapi sayangnya, delapan laga tersisa Chelsea berada dalam kategori berat. Dari delapan laga tersisa itu, The Blues masih memiliki empat laga sulit melawan tim papan atas.

empat laga sulit itu adalah Arsenal, Manchester City, Manchester United, dan Newcastle United yang kini ada di posisi empat besar.

Baca Juga

Sedangkan empat lawan lainnya juga tak bisa dipandang remeh, yakni Brighton, Brentford, Nottingham Forest, dan Bournemouth.

Bisa dikatakan, meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan laga itu bukan perkara mudah dari delapan pertandingan tersisa yang ada.

Apalagi jika melihat catatan Chelsea melawan delapan tim tersebut pada putaran pertama, yang bisa membuat The Blues bisa terdegradasi.

Baca Juga

2. Bakal Jadi Aib Seumur Hidup?

Carney Chukwuemeka berjalan lesu di laga Chelsea vs Manchester City (06/01/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

Di Liga Inggris 2022/23 ini, Chelsea tak punya catatan baik melawan tim yang ada di peringkat 10 besar, dengan hanya meraih 1 kemenangan dari 14 laga itu pun dari Aston Villa yang ditukangi Steven Gerrard.

Selebihnya, Chelsea lebih banyak kalah, yakni dari Arsenal, Manchester City, Newcastle United, Tottenham Hotspur, Brighton, dan Fulham.

Sedangkan di delapan laga tersisa musim ini, Chelsea masih akan menghadapi enam lawan dari tim 10 besar klasemen saat ini.

Sehingga, potensi Chelsea terdegradasi pun masih ada di akhir musim, andai di delapan pertandingan tersisa terus kalah melawan enam tim peringkat 10 besar dari delapan laga tersisanya.

Chelsea masih bisa berharap dari dua laga lainnya melawan tim papan bawah, yakni Nottingham Forest dan Bournemouth.

Sayangnya, musim ini tak berpihak kepada Chelsea karena hanya bisa bermain imbang di pertemuan pertama melawan Nottingham Forest.

Sedangkan melawan Bournemouth, Chelsea bisa menang di pertemuan pertama dengan skor 2-0. Namun, kemenangan ini tak berarti mengingat di pertemuan kedua, The Blues akan bermain tandang.

Sejarah mencatat, Chelsea punya rekam jejak buruk di Vitality Stadium, markas Bournemouth, dengan catatan tak pernah menang di dua lawatan terakhirnya di Liga Inggris.

Parahnya lagi, Chelsea saat ini ditukangi Frank Lampard yang telah gagal dalam karier kepelatihannya baik bersama The Blues dan juga Everton.

Alhasil, Chelsea bisa saja terdegradasi musim ini yang akan menjadi aib bagi klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu.

ChelseaFrank LampardIn Depth SportsLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)One Football

Berita Terkini