x

Mengintip Peluang Persib Bandung Boyong Eks Napoli Nikola Maksimovic

Minggu, 9 April 2023 20:50 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023, beberapa pemain mulai santer dikabarkan akan bergabung dengan tim Persib Bandung, di antaranya Nikola Maksimovic.

INDOSPORT.COM - Menjelang berakhirnya kompetisi Liga 1 2022-2023, beberapa pemain mulai santer dikabarkan akan bergabung dengan tim Persib Bandung, di antaranya Nikola Maksimovic.

Selain Persib, pemain asal Serbia tersebut juga dikabarkan ditawarkan oleh agennya kepada tim peserta kompetisi Liga 1 lainnya, yakni Persija Jakarta.

Sebelumnya, pemain yang berposisi sebagai bek itu sempat memperkuat Torino, Napoli Genoa. Nikola Maksimovic mencatatkan namanya sebagai salah satu bek top selama membela Napoli. 

Bek yang lahir di Bajina Basta pada 25 November 1991 itu, tercatat bermain bagi Partenopei selama lima tahun. 

Sebelum membela Napoli, Maksimovic memulai kariernya di tim lokal Serbia. Pada 2012, dia pun direkrut tim papan atas negaranya, Red Star Belgrade.

Baca Juga

Tak lama di Red Star Belgrade, tim Italia, Torino, kemudian meminjamnya dengan opsi pembelian secara permanen pada tahun 2013.

Tampil garang pada musim 2013/14, Torino pun kemudian mempermanenkan Maksimovic dan mengontraknya hingga 2018.

Selama tiga tahun membela Torino, Maksimovic menjadi salah satu bek tangguh dan berhasil membawa tim asal Turin itu ke Liga Europa 2014/15.

Hal ini pun membuat Napoli kemudian meminangnya pada musim panas 2016 dengan opsi pinjaman dan kewajiban membeli di akhir masa peminjaman.

Baca Juga

Selama masa peminjaman itu, Maksimovic tampil gemilang dan dipermanenkan pada 2017. Pasca meninggalkan Napoli di akhir kontraknya, yakni pada 2021, dia sempat bermain untuk Genoa selama setahun, sebelum akhirnya didepak.

Sejak didepak pada tahun 2022 lalu, Maksimovic berstatus bebas transfer alias tanpa klub. Setelah itu, namanya menjadi pembicara di Indonesia, lantaran dikabarkan agen yang bersangkutan menawarkan pemain berusia 31 tahun itu ke dua tim besar Tanah Air, Persib dan Persija.

Sejauh ini, belum bisa diprediksi seberapa besar peluang Nikola Maksimovic, bakal bergabung dengan tim Persib. Pasalnya, manajemen tim berjuluk skuad Maung Bandung belum mau bicara mengenai rencana perekrutan pemain untuk musim depan.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, tidak membenarkan ataupun membantah terkait kabar Nikola Maksimovic yang ditawarkan agen kepada skuad Maung Bandung.

"Hanya waktu yang bisa membuktikan," singkat Teddy Tjahjono.

Baca Juga

1. Apa Kata Luis Milla?

Pelatih Persib, Luis Milla saat memimpin latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

Berkaca dari dari bursa transfer sebelumnya, manajemen Persib memang cukup tertutup terkait perekrutan pemain. Biasanya, mereka akan mengumumkan pemain yang sudah resmi direkrut melalui akun media sosial tim Persib.

Setelah mengumumkan dan memperkenalkan melalui media sosial, manajemen Persib baru berbicara panjang lebar kepada media mengenai pemain anyarnya, mulai dari alasan hingga durasi kontrak yang diberikan.

Sedangkan pelatih Bandung, Luis Milla, ketika ditanya mengenai nama Nikola Maksimovic, mengaku kaget dan tidak mengetahui atau mengenal sosok pemain asal Serbia tersebut.

"Saya tidak tahu (Nikola Maksimovic)," kata Luis Milla saat konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi Persita Tangerang di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (08/04/23).

Sebelumnya Luis Milla, juga belum ingin bicara mengenai rencana timnya untuk mengarungi kompetisi musim depan. Pasalnya, kompetisi Liga 1 2022-2023 belum berakhir.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, saat ini dia masih fokus mempersiapkan anak asuhnya untuk persiapan menghadapi pertandingan sisa di kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Kami masih harus memainkan dua pertandingan," kata mantan pelatih Timnas Indonesia.

Setelah menyelesaikan dua pertandingan sisa di kompetisi Liga 1 2022-2023, Luis Milla tidak akan langsung mempersiapkan skuat Maung Bandung untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Namun, pelatih asal Spanyol ini akan meliburkan aktivitas timnya dan beristirahat sejenak, usai mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023 yang cukup melelahkan. Setelah itu, baru Luis Milla akan mulai menatap kompetisi musim depan.

"Lalu kami akan beristirahat lebih dulu. Setelah itu, baru bicara mengenai bagaimana musim berikutnya," tegas Luis Milla menuturkan.

Baca Juga

Jika melihat jawaban dari manajemen dan pelatih Persib, maka sulit untuk ditebak berapa besar peluang Nikola Maksimovic bergabung dengan skuad Maung Bandung di kompetisi musim depan. 

Namun, Persib sebelumnya sudah sempat memiliki bek asal Serbia yakni Bojan Malisic. Pemain yang akrab 

disapa Mali itu, direkrut skuad Maung Bandung untuk mengarungi musim kompetisi 2018.

Saat itu, Malisic didatangkan oleh tim kebanggaan Bobotoh untuk mengganti pos yang ditinggalkan bek asing, Vladimir Vujovic, yang bergabung dengan Bhayangkara FC.

Penampilan Bojan Malisic bersama Persib sendiri terbilang cukup impresif, terutama pada awal-awal kedatangannya, tercatat ada 40 pertandingan yang dia jalani bersama skuad Maung Bandung selama satu setengah musim, dan sukses mengantarkan Persib Bandung finis di peringkat keempat di Liga 1 2018.

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Teddy TjahjonoBerita Liga 1

Berita Terkini