x

Berpotensi Jadi Juara, 4 Rekor yang Bisa Dipecahkan Barcelona di Liga Spanyol

Senin, 10 April 2023 21:22 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sergi Roberto mencetak gol di laga Barcelona vs Real Madrid (20/03/23). (Foto: REUTERS/Juan Medina)

INDOSPORT.COM – Barcelona berpotensi memecahkan empat rekor seiring kian dekatnya raksasa Catalan itu dengan gelar juara Liga Spanyol (LaLiga).

Tim berjuluk Blaugrana itu kian dekat dengan gelar juara Liga Spanyol usai rival abadinya dan pesaing terdekatnya, Real Madrid, terpeleset.

Real Madrid harus terpeleset di pekan ke-28 setelah tumbang dari tamunya, Villarreal, dengan skor tipis 2-3 di Santiago Bernabeu, Minggu (09/04/23).

Karena kekalahan dari Villarreal itu, tim berjuluk Los Blancos tersebut pun harus menerima terpaut 12 poin dari Barcelona yang memiliki tabungan satu laga.

Barcelona sendiri belum melakoni pekan ke-28, dan baru akan bertanding di pekan ini melawan Girona pada Selasa (11/04/23) dini hari WIB.

Baca Juga

Andai Barcelona mampu menggulung Girona di laga nanti, maka tim arahan Xavi Hernandez ini bisa menjauhi Real Madrid dengan keunggulan 15 poin.

Keunggulan 15 poin itu pun akan makin mendekatkan Barcelona dengan gelar juara, mengingat Liga Spanyol nantinya hanya menyisakan 10 pertandingan saja.

Baca Juga

Di 10 laga tersisa ini, nantinya tim yang juga berjuluk Los Cules itu hanya akan melawan satu lawan berat saja, yakni Atletico Madrid di pekan ke-30.

Dengan fakta ini, Barcelona pun berpotensi menambah gelar Liga Spanyol-nya musim ini, dari 26 gelar menjadi 27 gelar.

Selain dekat dengan gelar, Barcelona juga berpotensi memecahkan empat rekor Liga Spanyol di sisa kampanye musim ini. Apa saja rekor itu?

Baca Juga

1. Rekor Kebobolan dan Clean Sheets

Pertandingan Liga Spanyol antara Girona vs Barcelona. EUTERS/Albert Gea

1. Rekor Kebobolan

Barcelona berpotensi memecahkan rekor kebobolan dalam satu musim Liga Spanyol atau LaLiga di sisa musim 2022/23 ini.

Sebagai informasi, rekor kebobolan paling sedikit dalam satu musim LaLiga di format 38 pertandingan dipegang oleh Deportivo La Coruna (1993/94) dan Atletico Marid (2015/16) dengan kebobolan 18 gol.

Hingga memasuki pekan ke-28, Barcelona sendiri saat ini baru kebobolan 9 gol saja di Liga Spanyol dalam 27 pertandingan.

Dengan 11 pertandingan tersisa, Barcelona hanya perlu menjaga gawangnya dari kebobolan tak lebih dari delapan kali agar bisa memecahkan rekor itu.

Selain itu, Barcelona juga harus menjaga agar gawangnya tak kebobolan lebih dari enam kali agar bisa menyamai atau melewati rekor kebobolan Chelsea di lima liga top Eropa dengan 15 gol dalam semusim.

Baca Juga

2. Rekor Clean Sheets

Barcelona juga masih bisa memecahkan rekor lainnya, yakni rekor Clean Sheets di sisa kampanyenya di Liga Spanyol 2022/23 ini.

Sebagai catatan, rekor Clean Sheets dalam sejarah LaLiga masih dipegang oleh Deportivo La Coruna yang mencetak 26 Clean Sheets semusim.

Baca Juga

Saat ini, Barcelona memiliki 20 Clean Sheets dari 27 pertandingan atau memiliki rasio yang sangat baik dengan 74 persen nirbobol.

Dengan 11 pertandingan tersisa, maka Barcelona masih bisa mengejar rekor tersebut dan menjadi tim yang paling sering membuat Clean Sheets di LaLiga.

Jika ingin mempercantik rekor ini, Barcelona hanya perlu tak kebobolan di 11 laga tersisa sehingga mencetak 31 Clean Sheets dalam semusim.

Baca Juga

2. Rekor Poin dan Kemenangan

Selebrasi para pemain Barcelona di laga kontra Espanyol (31/12/22). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

4. Rekor Poin

Barcelona juga bisa memecahkan rekor poin terbanyak dalam satu musim Liga Spanyol di sisa musim 2022/23 ini.

Sebagai informasi, rekor poin dalam satu musim LaLiga masih dipegang oleh Real Madrid (2011/12) dan Barcelona (2012/13) dengan 100 poin.

Di musim ini, Barcelona telah meraih 71 poin dari 27 laga. Dengan 11 laga tersisa, Blaugrana masih bisa meraih maksimal 104 poin.

Andai bisa meraih 104 poin, Barcelona juga bisa mengalahkan rekor poin terbanyak Juventus di lima liga top Eropa dengan meraih 102 poin.

5. Rekor Kemenangan

Barcelona juga bisa memecahkan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim Liga Spanyol di sisa kampanye musim 2022/23 ini.

Sejauh ini, rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim LaLiga dipegang oleh Real Madrid (2011/12) dan Barcelona (2012/13) dengan meraih 32 kemenangan.

Saat ini, Barcelona telah meraih 23 kemenangan. Jika mampu memenangkan 10 dari 11 laga tersisanya, maka Blaugrana bisa menjadi tim terbanyak yang meraih kemenangan di LaLiga.

Andai bisa memenangkan 11 laga tersisa, Barcelona juga akan menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan dalam satu musim di lima liga top Eropa mengalahkan Juventus (33 kemenangan).

BarcelonaLaLiga SpanyolXavi HernandezLiga SpanyolOne Football

Berita Terkini