x

Profil Dennis Wise, Calon Pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

Senin, 10 April 2023 22:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jumpa pers acara Garuda Select Elite Pro Academy yang dihadiri Ratu Tisha dan legenda Chelsea, Dennis Wise.

INDOSPORT.COM - Nama Dennis Wise sedang ramai diperbincangkan karena menjadi kandidat kuat pelatih Timnas Indonesia U-17 bila tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 memang batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini dikarenakan setelah adanya polemik penolakan Israel ke Tanah Air.

Hal ini tercium oleh FIFA, dan kemudian membatalkan status tuan rumah Indonesia karena tidak ingin menanggung resiko terkait keamanan dan keselamatan para pemain Israel.

Meski begitu, Indonesia masih berpeluang untuk ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal ini karena FIFA telah mencoret Peru, setelah negara tersebut dilanda bencana alam.

Peluang Tanah Air untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 sangat besar, sudah berbenah secara infrastruktur menjelang Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Kemudian ada juga alasan lainnya yaitu karena tidak adanya Israel. Negara tersebut telah gagal lolos ke Piala Dunia U-17, sehingga seluruh peserta lainnya bisa diterima di Tanah Air.

Seandainya nanti FIFA benar-benar menunjuk Indonesia sebagai pengganti, maka hal ini bisa menjadi obat kekecewaan fans Garuda.

Baca Juga

Banyak penggemar yang sudah mulai mengajukan nama Dennis Wise sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17. Ia diyakini bisa menangani skuat Garuda Muda karena punya segudang pengalaman.

Berikut INDOSPORT telah merangkum profil Dennis Wise secara lengkap:

Baca Juga

1. Profil Dennis Wise, Calon Pelatih Timnas U-17

Dennis Wise saat masih bermain membela Chelsea.

Dennis Frank Wise atau yang lebih dikenal dengan Dennis Wise lahir di Kensington, London, Britania Raya pada 16 Desember 1966 silam.

Namanya sudah tidak asing bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia, karena merupakan legenda Chelsea dan mantan pemain Timnas Inggris.

Pecinta sepak bola Indonesia mulai akrap dengan nama Dennis Wise setelah adanya program pembinaan pemain kelompok umur atau Garuda Select.

Dennis Wise ditemani oleh legenda Inggris yakni Des Walker menjadi salah satu pembimbing yang kerap kali muncul menemani para pemain di pinggir lapangan.

Dennis Wise berstatus sebagai Direktur Teknik. Sementara Des Walker sebagai pelatih yang turun langsung menangangi para pemain Garuda Select dibantu Danny Holmes.

Baca Juga

Ketiganya bekerja sama dengan Super Soccer dalam mengadakan pembinaan bakat usia muda lewat Garuda Select yang dimulai pada 2020.

Sebelum terjun di dunia kepelatihan, Dennis Wise merupakan pemain profesional lulusan akademi Southampton pada 1983 silam.

Karier profesional pertamanya  membela klub amatir, Wimbledon selama lima tahun dengan menorehkan 27 gol dari 135 penampilan.

Sempat dipinjamkan ke Grebestads pada 1985 dengan mencatat 10 penampilan dan 5 gol, kecemerlangan Dennis membuat Chelsea terpikat dan akhirnya direkrut pada musim 1990 silam.

Sekaligus menjadi puncak karier Dennis, slama 11 musim dari 1990-2001 dengan 332 pertandingan dan berhasil menorehkan 53 gol.

Baca Juga

Setelah itu Dennis selalu berpindah-pindah klub, mulai dari Leicester City, Millwall FC dan Southampton hingga Coventry City jadi tim terakhirnya.

Memiliki postur tubuh 168 cm, Dennis Wise termasuk pemain mungil di level Eropa meski tetap berhasil masuk ke Timnas Inggris dengan torehan 21 caps.

Baca Juga
ChelseaTimnas U-17Dennis WiseTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Garuda SelectShin Tae-yongTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini