x

Profil Jay Idzes, Bek Keturunan yang Bersedia Bela Timnas Indonesia

Senin, 10 April 2023 18:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia kembali mendapat atensi pemain keturunan lainnya. Kali ini adalah pemain keturunan di Belanda bernama Jay Idzes yang bermain di Go Ahead Eagles.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia kembali mendapat atensi pemain keturunan lainnya. Kali ini adalah pemain keturunan di Belanda bernama Jay Idzes yang bermain di Go Ahead Eagles.

Pemain berusia 22 tahun itu mengakui ketertarikannya membela tim Merah Putih lewat bincang-bincangnya dengan Yussa Nugraha.

Dilansir dari kanal YouTube Yussa Nugraha, keduanya berbincang-bincang mengenai banyak hal yang berkaitan dengan karier Jay Idzes dan juga Indonesia.

Salah satunya adalah soal kariernya jika dilepas Go Ahead Eagles. Kontraknya sendiri akan habis pada Juni 2023, dan Jay Idzes mengaku terbuka bermain di Liga Indonesia.

“Buat aku tidak masalah di mana, aku juga terbuka untuk bermain di Liga Indonesia. Masih lama, jadi kita lihat gimana jalannya,” ujar Jay Idzes kepada Yussa Nugraha.

Baca Juga

Setelahnya, Jay Idzes membahas mengenai ketertarikannya membela Timnas Indonesia. Ia menyampaikan terbuka untuk membela tim Merah Putih jika PSSI mau bergerak.

“Aku terbuka untuk itu (naturalisasi). Tapi satu sisi aku juga ingin berkarier di Belanda, satu sisi aku ingin juga membela timnas asal kakekku (Timnas Indonesia),” lanjut Jay Idzes.

Baca Juga

Pernyataan itu pun membuat netizen Indonesia mendukung agar dirinya dinaturalisasi. Apalagi, Timnas Indonesia akan bersaing memperebutkan tiket Piala Dunia 2026.

Jika pun Jay Idzes ingin membela Timnas Indonesia, maka ia harus melakukan proses naturalisasi terlebih dahulu layaknya pemain Diaspora lainnya.

Berangkat dari pernyataannya itu, INDOSPORT pun akan mengupas profil dari Jay Idzes, pemain keturunan yang bermain di Go Ahead Eagles dan tertarik membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Jay Idzes

Jay Idzes memperkuat Go Ahead Eagles

Jay Idzes adalah pemain keturunan Indonesia yang lahir pada 2 Juni 2000 di Mierlo, sebuah kota di wilayah selatan Belanda.

Diketahui, darah Indonesia yang dimilikinya berasal dari sang kakek. Namun belum diketahui dari mana asal kakeknya tersebut.

Sama seperti pemain Diaspora lainnya, Jay Idzes berkecimpung di sepak bola sejak kecil, di mana pertama kali bermain di Mivano.

Di level akademi, ia juga sempat bermain di PSV Eindhoven dan VVV-Venlo. Sesudahnya, ia bermain di FC Eindhoven hingga dirinya menembus tim senior.

Debutnya bagi tim tetangga PSV itu didapat pada 2018 di kancah Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda kala melawan TOP Oss.

Baca Juga

Jay Idzes sendiri bermain di FC Eindhoven hingga 2020 dengan mencatatkan mencatatkan 57 penampilan di berbagai ajang.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek dan gelandang bertahan ini kemudian bergabung dengan Go Ahead Eagles yang saat itu merupakan tim Eerste Divisie.

Baca Juga

Di musim pertamanya yakni musim 2020/21, Jay Idzes berhasil membawa Go Ahead Eagles promosi ke Eredivisie, usai dirinya tampil sebanyak 20 laga.

Meski masih berusia muda, Go Ahead Eagles masih mempercayakan Jay Idzes di Eredivisie. Hingga saat ini, dirinya mampu mencatatkan 86 penampilan di berbagai ajang dengan torehan 3 gol dan 5 assist.

Dalam kariernya hingga saat ini, Jay Idzes punya sisi menarik di mana dirinya mengaku mengidamkan bermain di Liverpool hingga menyukai beberapa tim Liga 1.

Baca Juga

2. Ingin Gabung Liverpool

Jay Idzes memperkuat Go Ahead Eagles

Jay Idzes mematok target tinggi dalam karier sepak bolanya yang baru seumur jagung. Tak tanggung-tanggung, ia mengaku bahwa dirinya tertarik untuk bergabung Liverpool.

Hal ini diakuinya pada 2021 lalu. Dilansir dari laman Caught Offside via Voetbalzone, Jay Idzes mengaku bahwa dirinya ingin membela Liverpool di kemudian hari.

“Saya tak peduli dengan level yang bisa saya gapai. Tentu saja saya tertarik dengan Liverpool, tapi itu berarti saya harus menunjukkan seberapa jauh saya bisa melangkah,” ujar Jay Idzes.

Selain bermimpi bermain untuk Liverpool, Jay Idzes juga baru-baru ini mengaku ingin bermain di Liga Indonesia atau Liga 1.

Dalam wawancaranya dengan Yussa Nugraha, Jay Idzes mengaku mau saja bermain di Liga 1 dan menyebut nama Persis Solo, Bali United, Persib Bandung, serta Persija Jakarta.

“Iya mereka (Bali United) bagus, tapi Persib bagus juga, Persija bagus juga, banyak klub-klub yang bagus,” ujar Jay Idzes.

Dengan ketertarikan ini, Jay Idzes bisa saja menjadi salah satu penggawa Timnas Indonesia, terutama untuk mengisi pos gelandang bertahan ataupun bek.

Apalagi ia punya postur mumpuni, yakni 190 cm. Dilansir dari FBRef, permainannya dalam bertahan cukup mumpuni.

Dalam setahun terakhir, Jay Idzes rata-rata melancarkan 1,54 tekel per 90 menit, 1,51 intersep per 90 menit, 1,58 blok per 90 menit, dan 4,59 sapuan per 90 menit.

PSSITimnas IndonesiaIn Depth SportsYussa NugrahaprofilBerita Timnas IndonesiaGo Ahead Eagles

Berita Terkini