x

Apa Kabar Safee Sali? Striker Legendaris Malaysia yang Digandrungi di Indonesia

Selasa, 11 April 2023 21:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Mantan striker Timnas Malaysia di Piala AFF 2010, Safee Sali, yang justri digandrungi publik sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Safee Sali? Striker legendaris Timnas Malaysia di Piala AFF 2010 yang justru digandrungi oleh penggemar sepak bola di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Safee Sali adalah salah satu legenda sepak bola Malaysia yang pernah bermain di Liga Indonesia.

Setelah membawa Malaysia mengalahkan timnas Indonesia di final Piala AFF 2010, Safee Sali memutuskan untuk bermain di Liga Indonesia, membela Pelita Jaya.

Dikenal sebagai top skor Piala AFF 2010, Safee Sali berkontribusi membukukan total tujuh gol dalam 13 penampilannya di musim perdana bersama Pelita Jaya Karawang.

Kemudian di 2013, Safee Sali pun hijrah ke Arema Cronus. Hanya saja, ada polemik di Liga Indonesia, yang membuat sang striker harus kembali ke Malaysia.

Baca Juga

Selama 10 tahun terakhir, Safee Sali masih wara-wiri di Liga Malaysia, membela klub Johor Darul Ta'zim, Selangor II, Petaling Jaya City FC, hingga Kuala Lumpur FA.

Setelah berkarier kurang lebih 20 tahun, Safee Sali kini secara resmi menyatakan pensiun sebagai pesepak bola profesional di usia 39 tahun, pada Februari 2023 lalu.

Baca Juga

Saat menjadi bintang tamu di Youtube Chandra Margatama, Safee Sali mengaku bukannya menganggur paska pensiun, tapi justru ia langsung ditunggu jadwal padat.

"Setelah pensiun, perkiraan Abang bisa rileks sedikit, tapi enggak, tidak ada waktu untuk istirahat, ada pertemuan ini itu," kata Safee Sali kepada Chandra Margatama.

"Kemarin habis di Brunei, terus balik lagi ke sini (Indonesia), ke Kedutaan Malaysia, jadi jadwal itu ada terisi dengan hal-hal lain, bukan sepak bola," imbuhnya.

Baca Juga

1. Pensiun, Safee Sali Malah Super Sibuk

Safee Sali (tengah), legenda Timnas Malaysia yang justru digandrungi publik sepak bola Indonesia.

Meski pensiun dari lapangan hijau, namun Safee Sali tidak benar-benar meninggalkan dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya, hingga kini ia menjadi legenda.

Safee Sali mengaku saat ini aktif sebagai pundit ataupun komentator sepak bola di Malaysia. Ia juga menjadi mentor dalam membagikan pengetahuan sepak bola.

"Setiap pertandingan, Abang harus ada jadi pundit. Setelah balik ini pun ada (jadwal) pundit lagi," ungkap Safee Sali.

"Main bola tetap, sepak bola adalah passion saya. Saya harus lanjut dengan bola, untuk membagikan pengetahuan, apa yang saya dapat ke masyarakat yang lain," imbuhnya.

Meski berasal dari Malaysia, bahkan pernah menaklukkan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010, namun Safee Sali nyatanya tetap digandrungi oleh penggemar Indonesia.

Baca Juga

"Tahu dan sadar (banyak fans). Terima kasih Indonesia, terima kasih Karwang, karena saya sebagai orang asing di sini, dapat menjadi idola mereka, hal yang luar biasa," kata Safee Sali terharu.

Untuk menjadi pesepak bola yang terbaik dan digandrungi banyak orang, Safee Sali pun memberikan tips kepada anak-anak muda, calon pemain penerus Indonesia.

Baca Juga

"Menurut saya, kita harus menguasai kualitas finishing, seperti apa mencetak skor, seperti apa pergerakan tubuh untuk melepaskan diri dari pihak lawan, dan yang ketiga adalah kepantasan," kata Safee Sali.

"Sepak bola zaman sekarang adalah tentang kepantasan, menghasilkan gol yang pantas, dari segi lari, sepakan, dari segi segalanya, kecepatan berpikir dan membuat keputusan."

"Jika Anda dapat menguasai tiga ini, insya Allah kualitas permainan Anda akan berbeda dari pemain-pemain yang lain," tukasnya.

Baca Juga
Pelita JayaMalaysiaLegenda OlahragaPiala AFF 2010Timnas MalaysiaSafee SaliApa Kabar

Berita Terkini