x

Intip 4 Rekor yang Dipecahkan Thomas Doll Bersama Persija Jakarta di Liga 1

Selasa, 11 April 2023 00:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll saat jumpa pers jelang lawan Madura United di Piala Presiden 2022. Foto: Khairul Imam/Persija

INDOSPORT.COM - Thomas Doll berhasilkan menorehkan sejumlah rekor ciamik di musim Liga 1 perdananya sebagai pelatih Persija Jakarta.

Memang benar jika pelatih asal Jerman itu gagal mempersembahkan gelar juara untuk Macan Kemayoran namun bukan berarti perjalanannya di 2022/2023 pantas dianggap sia-sia.

Persija sejatinya sempat memanaskan perburuan gelar juara bersaing dengan PSM Makassar dan Persib Bandung.

Namun seiring waktu berjalan, Andritany Ardhiyasa dkk terpeleset sementara PSM melaju sempurna hingga akhirnya merengkuh gelar juara Liga 1 musim ini.

Masih ada waktu bagi Doll untuk membuktikan diri musim depan mengingat kontraknya bersama Persija pun berlaku sampai Juni 2025. Terutama jika ia diberi pemain asing yang bisa lebih konsisten ketimbang Michael Krmencik, Yusuf Hellal, atau Hanno Behrens.

Baca Juga

Setidaknya ia mengukir empat rekor apik bersama Persija Jakarta di Liga 1 musim ini. Berikut INDOSPORT mencoba merangkum deretan rekor yang berhasil diraih Thomas Doll tersebut.

1. Patahkan Tren Buruk di Markas Persebaya Surabaya

Rekor pertama yang berhasil dipatahkan Thomas Doll adalah rekor buruk saat Persija Jakarta bertandang ke markas Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Ya, Persija memang akhirnya berhasil meraih kemenangan kembali saat menyambangi home Persebaya meski bukan di Kota Pahlawan.

Tepatnya di pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 saat Persija Jakarta bertandang ke markas Persebaya Surabaya.

Bermain di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Persija Jakarta berhasil menang dengan skor 1-0. Gol kemenangan mereka di cetak oleh Witan Sulaeman.

Baca Juga

1. Rekor Doll di Persija

Thomas Doll saat mendampingi laga Persija Jakarta di Liga 1.

Kemenangan ini pun memutus rekor away buruk menghadapi Persebaya.  Sejarah mencatat jika Bajul Ijo belum pernah menang tumbang dari sang rival sejak tahun 2018.

2. Putus Kutukan di Malang

Sebelum mematahkan rekor buruk Persija Jakarta di markas Persebaya, Thomas Doll juga sempat mematahkan kutukan Persija Jakarta di Malang.

Di mana Persija Jakarta tidak pernah menang di markas Arema FC selama 19 tahun. Namun di liga 1 musim ini, akhirnya rekor itu dipatahkan oleh tangan dingin Doll.

Catatan buruk itu disudahi lewat kemenangan 1-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kab. Malang (28/8/2022) lewat gol tunggal Michael Krmencik.

3. Hapus Trauma di Barito Putera

Rekor buruk lainnya yang berhasil dipatahkan Thomas Doll adalah saat Persija Jakarta bertandang ke markas Barito Putera.

Baca Juga

Macan Kemayoran memang tak pernah meraih kemenangan saat bertandang ke sarang Laskar Antasari sejak tahun 2014.

Namun di Liga 1 musim ini, Persija Jakarta akhirnya berhasil mematahkan rekor buruk tersebut.

Baca Juga

Pasukan Macan Kemayoran berhasil menang 1-0 saat menghadapi Barito Putera di Stadion Demang Lehman pada 11 September 2022 lalu. Lagi-lagi Krmencik jadi pahlawan dengan lesakan semata wayangnya.

4. Raih Kemenangan Lima Beruntun

Thomas Doll pun mampu memutus tren negatif Persija dalam meraih kemenangan beruntun. Pertama kalinya Persija Jakarta mampu meraih lima kemenangan berturut-turut dalam era Liga 1 hadir di tangan pelatih berusia 56 tahun itu.

Lima kemenangan yang didapat kesebelasan kebanggaan warga ibu kota itu mencakup atas Rans Nusantara (3-0), Persija (1-0), Arema FC (1-0), Bhayangkara FC (2-1), dan Barito Putera (1-0) yang dilakoni dalam rentang 28 Agustus hingga 11 September 2022.

Baca Juga
Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Thomas Doll

Berita Terkini