x

Ekspansi ke Amerika Utara, LaLiga Bawa Atletico Madrid hingga Real Sociedad

Kamis, 13 April 2023 09:52 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dua tim papan atas Liga Spanyol (LaLiga), Atletico Madrid dan Real Sociedad, bakal melakukan tur ke Amerika Utara pada musim panas 2023 nanti. Foto: REUTERS/Isabel Infantes.

INDOSPORT.COM – Dua tim papan atas Liga Spanyol (LaLiga), Atletico Madrid dan Real Sociedad, bakal melakukan tur ke Amerika Utara pada musim panas 2023 nanti.

LiaLiga akan melakukan promosi secara resmi untuk menggaet pasar dari Amerika Utara dengan membawa Atletico Madrid dan Real Sociedad yang tengah berada di papan atas klasemen.

Selain Atletico dan Sociedad, ada dua tim lain yang akan turut serta dalam promosi Liga Spanyol ini, yaitu Real Betis dan Sevilla.

Tur empat pertandingan ini kabarnya akan digelar di Meksiko dan Amerika Serikat, mengingat dua negara ini merupakan pasar terbesar sepak bola di kawasan tersebut.

Selain itu, dua dari empat tim yang berlaga memiliki pemain asal Meksiko, yaitu Andres Guardado dan Jesus Corona yang membela Real Betis dan Sevilla.

Baca Juga

Dalam jadwal uji coba empat tim LaLiga yang dirilis pada hari Kamis (13/04/23) dini hari WIB, Real Betis akan berlaga melawan Sevilla dan Atletico akan menghadapi Sociedad di Meksiko.

Tiga hari berselang, Oracle Park di San Fransisco akan menggelar pertandingan yang berbeda, manakala Atletico Madrid akan menghadapi Sevilla, sedangkan Real Sociedad akan menghadapi Real Betis, seperti dilansir dari ESPN.

Baca Juga

Tentu saja, empat pertandingan yang digelar di Amerika Utara ini membuktikan bahwa Liga Spanyol serius menggarap pasarnya.

Selain itu, asosiasi sepak bola Amerika Serikat, US Soccer dan juga FIFA ingin menancapkan pasar Liga Spanyol di sana.

Presiden perwakilan LaLiga di Amerika Serikat, Boris Gartner, bahkan menyebut bahwa negeri Paman Sam adalah pasar kuncinya dengan membawa Atletico Madrid dan 3 klub lainnya

Baca Juga

1. Amerika Serikat Jadi Kunci Pasar Liga Spanyol

Dua tim papan atas Liga Spanyol (LaLiga), Atletico Madrid dan Real Sociedad, bakal melakukan tur ke Amerika Utara pada musim panas 2023 nanti. Foto: REUTERS/Isabel Infantes.

“Kuncinya ada di Amerika Utara. Liga Inggris sebenarnya terlihat sangat internasional dan melakukan ekspansi besar-besaran 10 tahun yang lalu,” ujar Gartner.

“Anda harus melihat demografi penontonnya, Amerika Utara sungguh sangat beragam dari hari ke hari.”

“Sementara, Liga Spanyol punya hubungan budaya, mengingat ada banyak pemain dari luar negeri yang berkompetisi di sana dan moncer ketika bermain di negeri matador,” imbuhnya.

Melihat adanya koneksi tersebut, Gartner kemudian berujar bahwa Liga Spanyol harus melakukan sesuatu dengan hubungan budaya tersebut.

Salah satunya adalah dengan mengincar para penonton baru yang berasal dari Amerika Utara yang terus bertumbuh seiring berjalannya waktu.

Baca Juga

“Sungguh musim panas adalah waktu yang cocok untuk kami menggelar pertandingan di Amerika Utara dan melakukan promosi Liga Spanyol di sana,” ujarnya lagi.

“Dalam pertumbuhan pasar yang ada, dari statistik sungguh menunjukkan perkembangan signifikan dengan banyaknya bintang yang merumput di Liga Spanyol.”

Baca Juga

“Ini merupakan salah satu cara untuk melakukan promosi dengan menujukkan adanya pemain bintang dan juga hubungan secara budaya dengan Amerika Utara,” imbuhnya.

Sebelum melakukan promosi secara masif seperti rencana yang akan dilakukan bersama Atletico Madrid, Real Sociedad, dan Sevilla, beberapa tim Liga Spanyol juga kerap kali bertandang ke Amerika Utara.

Barcelona dan Real Madrid beberapa kali datang sebagai tim untuk berujicoba melawan beberapa klub, seperti Los Angeles Galaxy beberapa waktu lalu.

Sumber: Daily Mail

Baca Juga
Atletico MadridLaLiga SpanyolSevillaReal SociedadReal BetisLiga ItaliaLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini