x

Proses Sudah Beres Semua, Shayne Pattynama Bisa Main untuk Timnas Indonesia

Jumat, 14 April 2023 14:16 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Shayne Patyynama dan Erick Thohir hadir dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di stadion Patriot, Selasa (28/03/23).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahwa segala urusan perpindahan federasi untuk Shayne Pattynama sudah rampung. Dia kini sudah sah dan bisa memperkuat timnas Indonesia.

Polemik pemain naturalisasi Shayne Pattynama memang sempat mencuat. Ia sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), namun belum bisa masuk dan membela timnas Indonesia.

Hal ini dikarenakan perpindahan Shayne Pattynama dari federasi Belanda (KNVB) ke PSSI belum beres, meski secara hukum sudah sah dinaturalisasi.

Sehingga, bek Viking FK itu tak bisa bermain di laga internasional naungan FIFA selama perpindahan federasinya belum selesai.

Namun, belakangan kabar baik sudah perihal ini sudah menemui titik terang. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa semua proses perpindahan federasi Shayne Pattynama sudah selesai.

Baca Juga

“Proses (perpindahan federasi Shayne Pattynama) itu sudah (selesai)," kata Erick Thohir kepada awak media, Jumat (14/4/23).

Meski sudah sah menjadi seorang WNI dan proses perpindahan federasi sudah selesai, tidak semata-mata Shayne Pattynama langsung bisa debut di timnas Indonesia.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan nasib Shayne Pattynama belum diketahui, apakah memang dipanggil pelatih timnas Indonesia atau tidak. Sebab keputusan untuk menurunkan pemain adalah murni hak dari seorang pelatih.

“Mestinya bisa (bermain) tergantung nanti akan dipilih atau tidak sama coach Shin Tae-yong. Terus klubnya melepas atau tidak, mestinya melepas sih," tegas Erick Thohir.

Baca Juga

1. Banyak Agenda

Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

Sebagai informasi, timnas Indonesia sendiri memiliki sejumlah agenda. Terdekat adalah pertandingan FIFA Matchday pada Juni mendatang.

Baca Juga

Untuk calon lawan, Erick Thohir sudah memastikan bahwa timnas Indonesia bakal menghadapi Palestina, sementara PSSI masih mencarikan satu calon lawan lain yang pas untuk Skuat Garuda.

Baca Juga

Di sisi lain, timnas Indonesia U-22 yang diproyeksikan berangkat ke SEA Games 2023 di Kamboja bakal melakoni laga uji coba melawan Lebanon pada Jumat (14/4/23) nanti malam.

PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShayne PattynamaOne Football

Berita Terkini