x

Hujan Gol di Man City vs Leicester, Haaland dan De Bruyne Resmi jadi Duet Terbaik di Muka Bumi

Minggu, 16 April 2023 06:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Manchester City sangat beruntung punya Erling Haaland dan Kevin De Bruyne di skuad mereka. Keduanya saat ini adalah pemain terbaik di posisinya masing-masing.

INDOSPORT.COM - Manchester City sangat beruntung punya Erling Haaland dan Kevin De Bruyne di skuad mereka. Keduanya saat ini adalah pemain terbaik di posisinya masing-masing.

Hal tersebut dibuktikan dengan sejumlah rekor yang terukir pasca laga Liga Inggris (Premier League) melawan Leicester City pada Sabtu (14/04/23) malam lalu.

Meski hanya bermain satu babak saja, namun Haaland berperan besar dalam kemenangan 3-1 City di Etihad Stadium dengan sumbangan dua gol.

Total saat ini sang bomber jangkung Norwegia sudah mengumpulkan 32 gol Liga Inggris hanya dari 28 penampilan saja.

Bukan statistik yang wajar mengingat 2022/2023 seharusnya menjadi musim debut Haaland di kompetisi yang katanya punya persaingan terbaik di kolong langit tersebut.

Baca Juga

Sebagai pembanding, hanya Andy Cole (1993/1994) dan Alan Shearer (1994/1995) saja yang punya koleksi gol lebih banyak dalam semusim dengan format Liga Inggris 38 pekan.

Akan tetapi dua legenda besar tersebut pun tidak unggul jauh, hanya dua gol saja. Dengan masih adanya kesempatan untuk Haaland bermain di delapan laga lagi, bukan mustahil rekor baru akan ia pegang.

Baca Juga

Untuk semakin menambah perspektif kehebatan Erling Haaland, eks Borussia Dortmund itu bahkan sudah bisa disejajarkan dengan Ronaldo Nazario yang punya 47 gol lintas ajang di musim 1996/1997.

Haaland pun musim ini punya 47 gol namun ia lebih efektik ketimbang Il Fenomeno karena meraihnya dalam sembilan pertandingan lebih sedikit.

Sebelumnya banyak yang memprediksi jika putra Alf-Inge Haaland itu akan macet keran golnya di Liga Inggris, namun rupanya kompetisi ini hanya jadi arena bermain baru baginya yang bahkan belum genap berusia 23 tahun.

Baca Juga

1. De Bruyne si Raja Assist

Kevin De Bruyne. Reuters-Jason Cairnduff

Jika Erling Haaland saat ini adalah pemain dengan gol liga terbanyak di antara lima liga top Eropa mengalahkan Harry Kane (23), Victor Osimhen (21), hingga Kylian Mbappe (20), maka Kevin De Bruyne juga unggul dalam lingkup serupa di kategori assist.

Tercatat saat ini sang playmaker Belgia sudah mengumpulkan 15 assist Liga Inggris. Satu umpan berbuah gol ia sumbangkan di laga Manchester City vs Leicester City semalam.

De Bruyne mengungguli banyak nama besar dalam hal membidani gol rekan satu tim. Termasuk Lionel Messi yang punya 14 assist untuk Paris Saint-Germain di Liga Prancis.

Begitu pula rekan La Pulga, Neymar, serta bintang Borussia Dortmund yakni Raphael Guerreiro yang sama-sama punya 11 assist sejauh ini di 2022/2023.

Squawka mencatat jika De Bruyne pun jadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang bisa mengukir setidaknya 15 assist dalam empat musim berbeda.

Baca Juga

Tren tersebut ia mulai pada 2016/2017 dimana 18 dimes bisa didapatkannya. 20 jadi raihan terbaik eks Chelsea tersebut yang mana bisa De Bruyne kantongi semasa 2019/2020.

Dengan konsistensi seperti itu, wajar jika De Bruyne kemudian masuk dalam lima besar pemberi assist terbanyak di Liga Inggris dengan total 101.

Baca Juga

Jika bisa menambahkan tiga saja, maka dirinya bisa meroket ke tiga besar sekaligus menggeser nama-nama tenar macam Frank Lampard dan Wayne Rooney.

Manchester City benar-benar beruntung bisa memiliki dua pemain sekaliber Erling Haaland dan Kevin De Bruyne.

Mereka akan berperan krusial dalam usaha tim asuhan Pep Guardiola tersebut untuk menyalip Arsenal di klasemen sementara demi gelar juara.

Baca Juga

Sumber: Opta

Manchester CityLeicester CityKevin De BruyneLiga InggrisErling Braut Haaland

Berita Terkini