x

3 Tim yang Tergelincir dari Perebutan Juara Liga Inggris, Arsenal Selanjutnya?

Senin, 17 April 2023 18:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Perebutan juara Liga Inggris (Premier League) kerap menghadirkan drama, termasuk musim ini seiring tergelincirnya Arsenal.

INDOSPORT.COM – Perebutan juara Liga Inggris (Premier League) kerap menghadirkan drama, termasuk musim ini seiring tergelincirnya Arsenal.

Tim yang bermarkas di London Utara itu harus tergelincir setelah ditahan imbang oleh tim papan bawah, West Ham United, Minggu (16/04/23).

Dalam duel yang berlangsung di markas West Ham itu, Arsenal sejatinya bisa mengunci kemenangan usai unggul dua gol di 10 menit awal pertandingan.

Dua gol cepat tim berjuluk The Gunners itu dicetak masing-masing oleh Gabriel Jesus di menit ke-7 dan Martin Odegaard di menit ke-10.

Usai dua gol cepat itu, West Ham sempat memangkas skor menjadi 1-2 lewat penalti Said Benrahma di menit ke-33.

Baca Juga

Arsenal pun kemudian punya peluang memperlebar keunggulan usai mendapat penalti di menit ke-51. Nahas Bukayo Saka gagal menjaringkan bola ke gawang West Ham United.

Usai gagal mengeksekusi penalti, tim arahan Mikel Arteta ini kemudian menerima gawangnya kebobolan untuk kali kedua lewat Jarrod Bowen di menit ke-54.

Baca Juga

Skor 2-2 itu kemudian bertahan, dan membuat Arsenal gagal memperlebar jarak poinnya dengan rivalnya, Manchester City.

Karena hasil seri itu, Arsenal kini hanya unggul empat poin atas Man City yang punya tabungan satu laga dan dalam performa impresif. Sehingga, ada potensi The Gunners tergelincir dalam perebutan gelar.

Jika musim ini Arsenal tergelincir dari perebutan gelar juara Liga Inggris, maka The Gunners akan mengikuti jejak tiga tim yang lebih dulu terpeleset dalam perburuan juara. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Arsenal Pernah Tergelincir

Para pemain Arsenal tertunduk lesu usai ditaklukan Chelsea di final Liga Europa. Etsuo Hara/Getty Images

1. Arsenal (Liga Inggris 2002/03)

Sebelum tergelincir di musim ini, Arsenal pernah tergelincir dalam perebutan gelar juara Liga Inggris pada musim 2002/03 atau dua dekade silam.

Saat itu, Arsenal yang dipimpin Arsene Wenger bisa unggul delapan poin di puncak klasemen atas Manchester United pada bulan Maret atau liga menyisakan dua bulan kurang.

Tapi di sembilan laga terakhirnya itu, Arsenal malah terpeleset karena hanya memenangkan empat pertandingan dari 9 laga tersisa.

Sedangkan Man United arahan Sir Alex Ferguson mampu meraih 15 poin dari 18 poin yang ada, sehingga posisi Arsenal tersalip.

Hingga akhirnya, Man United keluar sebagai juara Liga Inggris 2002/03 dengan keunggulan lima poin atas Arsenal.

Baca Juga

2. Manchester United (Liga Inggris 2011/12)

Usai menyalip Arsenal di Liga Inggris 2002/03, Manchester United harus menerima dirinya yang kini tergelincir pada perburuan juara Liga Inggris 2011/12.

Ironisnya, saat itu Man United harus tersalip dari rival sekotanya sendiri, yakni Manchester City, yang baru jadi tim kaya baru.

Baca Juga

Man United harus tergelincir dari perburuan juara setelah unggul delapan poin dari Man City yang ada di posisi kedua hingga pertengahan musim.

Setelahnya, Man City tancap gas dan Man United mulai mengendur. Hal ini membuat perebutan gelar tersaji hingga laga terakhir.

Kesalahan Man United hingga tergelincir kala itu adalah hasil imbang 4-4 melawan Everton di Old Trafford, yang membuat Man City naik dan memastikan gelar di laga terakhir.

Baca Juga

2. Liverpool Pun Pernah Tergelincir

Para pemain Manchester City merayakan kemenangan usai menjuarai Liga Inggris 2021/2022. Foto: Reuters/Jason Cairnduff

3. Liverpool (Liga Inggris 2018/19)

Beberapa tahun lalu, tepatnya di Liga Inggris 2018/19, Liverpool pernah tergelincir dan harus merelakan gelar Liga Inggris ke Manchester City.

Liverpool sejatinya terbilang perkasa musim itu, karena berhasil mengumpulkan total 97 poin dari 38 pertandingan berkat racikan apik Jurgen Klopp.

Namun torehan poin yang seharusnya bisa menjadi juara itu mampu diungguli oleh Man City arahan Pep Guardiola yang meraih 98 poin dari 38 laga.

Salah satu biang kerok kegagalan Liverpool musim itu adalah kekalahan dari Man City dengan skor 1-3 pada Januari 2019.

Usai kekalahan itu, Liverpool tancap gas, begitu pula dengan Man City. Apalagi saat itu The Reds beberapa kali mendapati hasil imbang dari tim-tim seperti Leicester City dan West Ham United.

Manchester UnitedLiverpoolArsenalManchester CityOne Football

Berita Terkini