x

Giliran Mantan Murid Ajaib Pep Guardiola Masuk Bidikan Chelsea untuk Jadi Pelatih Baru

Selasa, 18 April 2023 00:07 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan Liga Champions antara Chelsea vs Borussia Dortmund laga Babak 16 Besar di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM - Chelsea melakukan banyak penjajakan untuk mencari pelatih baru menggantikan Graham Potter musim depan. Terbaru mereka menginingkan Vincent Kompany.

Ditinggal Roman Abramovich ternyata tidak membuat Chelsea tampil lebih baik. Sejak diambil alih oleh Todd Boehly, The Blues terus mengalami kemerosotan.

Padahal beberapa pelatih yang dianggap menjadi masalahnya telah dipecat. Sebut saja Thomas Tuchel, dan terbaru adalah Graham Potter.

Thomas Tuchel dipecat setelah gagal membawa Chelsea tampil impresif di awal musim ini, meski dirinya telah mempersembahkan trofi Liga Champions.

Kepergian Tuchel digantikan oleh Graham Potter. Nahas, mantan juru taktik Brighton itu juga kena pecat setelah berada di klub kurang lebih enam bulan.

Baca Juga

Kini untuk melatih klub sementara waktu, Chelsea mendatangkan Frank Lampard yang dikontrak hingga akhir musim nanti sembari mencari pelatih baru.

Sejauh ini banyak rumor berkembang mengenai sosok pelatih baru Chelsea. Dilansir dari Daily Express, dua nama kuat menjadi kandidat yaitu Julian Nagelsmann dan Luis Enrique.

Baca Juga

Julian Nagelsmann merupakan mantan pelatih Bayern Munchen yang dipecat beberapa waktu lalu, sedangkan Luis Enrique adalah mantan pelatih timnas Spanyol, yang dipecat usai Piala Dunia 2022.

Chelsea sendiri belum memberikan kepastiian siapa pelatih pilihan mereka. Namun tiba-tiba kandidat baru muncul yakni Vincent Kompany.

Munculnya Kompany memang cukup mengejutkan. Pasalnya dia bukanlah pelatih top berpengalaman menangangi sebuah tim papan atas.

Baca Juga

1. Sedang Naik Daun

Marcel Sabitzer dari Manchester United merayakan gol pertama mereka dengan Bruno Fernandes Reuters-Lee Smith

Meski terbilang baru di dunia kepelatihan profesional dan minim pengalaman, tetapi kiprah Vincent Kompany musim ini sangat mencuri perhatian para pecinta sepak bola Liga Inggris.

Hal itu karena kinerja apik Kompany bersama Burnley di Championship (kasta kedua Liga Inggris), yang berhasil membawa timnya promosi ke Liga Inggris musim depan.

Kepastian Burnley lolos ke Liga Inggris terjadi setelah mengalahkan Middlesbrough dengan skor 2-1, pada Sabtu (08/07/23) dini hari WIB. 

Padahal Vincent Kompany sendiri baru menangani Burnley menggantikan Sean Dyche beberapa waktu lalu. Tetapi ia berhasil membuktikan diri dan membawa klub bangkit.

Bersama mantan murid Pep Guardiola itu, Burnley mampu mengoleksi 90 poin dari 40 laga yang dimainkan. Musim ini Burnley bahkan hanya menelan dua kekalahan bersama Kompany.

Catatan apik tersebut nyatanya menggugah manajemen Spurs untuk merekrut Kompany. Namun mantan pemain Man City tersebut mengaku tidak pernah berpikir untuk pindah hati dari Burnley.

“Itu sama sekali bukan pemikiran saya,” terang Kompany ketika ditanya soal pindah ke Spurs dikutip dari Fotmob. 

Burnley menjadi tim dengan kemenangan terbanyak dengan 26 kemenangan sementara.

Di lain sisi, Burnley juga menjadi tim dengan jumlah kekalahan paling sedikit dengan dua hasil kalah.

Dalam hal produktivitas, Burnley juga memimpin dengan total 78 gol. Selain itu, Burnley juga tercatat sebagai tim yang memiliki pertahanan terkuat dengan hanya kebobolan 30 gol saja.

ChelseaVincent KompanyLiga InggrisTodd Boehly

Berita Terkini