x

PSSI Pastikan Justin Hubner Batal Naturalisasi, Netizen: Ikhlas Banget!

Selasa, 18 April 2023 08:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon, Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
PSSI pastikan calon pemain Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner tidak melanjutkan proses naturalisasi.

INDOSPORT.COM - PSSI pastikan proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner dihentikan. Namun, netizen justru merasa itu keputusan yang baik.

Sebagaimana diketahui, Justin Hubner merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia di Eropa, yang diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia U-20.

Namun kini, setelah Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia, dan Timnas U-20 juga batal bertanding sebagai tuan rumah, Justin Hubner di ambang kegalauan.

Apalagi, pemain Wolverhampton Wanderers itu juga dipanggil ke Timnas Belanda U-20. Hal ini lebih prestisius karena Hubner akan berkompetisi di kancah sepak bola Eropa.

Seiring dengan kabar tersebut, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga akhirnya merilis jika proses naturalisasi Justin Hubner kini resmi dihentikan.

Baca Juga

"Jadi kita (sudah) tahu bahwa pemain timnas (yang) dipanggil membela merah putih, dari pemain naturalisasi yang kemaren kita proses, ada dua yang sudah siap bergabung dengan kita dan siap diproses lebih lanjut. Sehingga wajar kita agak terhambat di Kemensetneg karena ada satu yang masih negosiasi," ujar Arya.

"Jadi kita tidak melanjutkan untuk melakukan naturalisasi terhadap Justin Hubner karena ada permintaan pihak Justin yang tidak bisa kita penuhi," lanjutnya.

Baca Juga

Tidak dijelaskan lebih lanjut apa permintaan pihak Justin Hubner kepada PSSI. Banyak yang menduga jika pihak keluarga meminta sejumlah uang, tapi ini masih sebatas rumor.

Dengan demikian, proses naturalisasi pemain keturunan yang akan dilanjutkan adalah Ivar Jenner dan juga Rafael Struick.

Meski harus kehilangan salah satu kandidat pemain terbaik Timnas Indonesia, tetapi netizen justru mengaku tak masalah, sebab Justin Hubner lebih baik berkarir di Eropa.

Baca Juga

1. Netizen Dukung Justin Hubner ke Timnas Belanda

Justin Hubner saat bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Namun saat ini ia dipastikan batal melanjutkan proses naturalisasi jadi WNI.

Netizen di media sosial Instagram hingga Twitter kompak mengaku senang saat proses naturalisasi Justin Hubner harus dihentikan, dan ia batal membela Timnas Indonesia.

Mereka mengaku Justin Hubner akan lebih sukses di masa depan, andai menjadi warga negara Belanda dan bermain di Liga Eropa, ketimbang jadi warga negara Indonesia.

"Udah bener sih. Good luck with your career. Semoga 10 tahun lagi, bisa lihat doi main di Piala Dunia dan Piala Eropa bareng Timnas Belanda," harap pemilik akun Twitter @arJann****.

"Udah paling bener emang berhenti, kasian ini pemain bagus banget, peluang bersinar di luar tuh gede, udah dapat panggilan Timnas Belanda pula," timpal akun @PokoknyaItu****.

"Sedih karena ini pemain bagus, sekaligus senang karena Hubner layak dapat tempat yang lebih baik dibanding di sini yang iklim sepak bolanya gajelas," kata @etno****.

Baca Juga

"Udah bener Justin gak main di Indonesia, main di Belanda aja, biar berkembang bakatnya," komentar dari pemilik akun Instagram @faou****.

"Kalau dilihat karir Justin memang dia memiliki potensi bermain di liga papan atas seperti Premier League, Bundesliga, Serie A, dan La Liga," komentar lainnya dari pemilik akun IG @9kha****.

Baca Juga

"Keputusan yang tepat, nggak usah pada ngehujat lah, mending sadar diri aja sepak bola kita gimana," kata @mickofrdns****.

"Alhamdulillah akhirnya Hubner sadar juga," komentar bernada sarkas dari pemilik akun Instagram @wayah*****.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari pihak Justin Hubner, apa alasan ia membatalkan proses naturalisasi, sementara Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap menginginkan jadi WNI.

Baca Juga
BelandaPSSINaturalisasiBola InternasionalJustin Quincy Hubner

Berita Terkini