x

Siapa Lois Openda? Striker yang Buat AC Milan Siap Rogoh Kocek Ratusan Miliar

Selasa, 18 April 2023 21:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, tengah mendekati nama penyerang RC Lens, Lois Openda, dan siap keluarkan duit ratusan miliar.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, tengah mendekati nama penyerang RC Lens, Lois Openda, dan siap keluarkan duit ratusan miliar.

Dilaporkan oleh Get French Football News, klub berjuluk Rossoneri itu ingin mendatangkannya pada bursa transfer musim panas 2023 nanti.

AC Milan sendiri tengah membutuhkan penyerang baru seiring adanya keinginan meregenerasi di sektor lini serangnya tersebut.

Pasalnya klub asal kota Milano itu berencana melepas beberapa pilarnya, seperti Divock Origi. Selain itu, beberapa penyerangnya juga sudah memasuki masa uzur.

Ada laporan bahwa Zlatan Ibrahimovic akan dilepas dengan status bebas transfer. Belum lagi dengan Olivier Giroud yang kini usianya sudah 36 tahun.

Baca Juga

Karenanya, AC Milan pun berencana mendatangkan penyerang muda. Nama Lois Openda dari RC Lens pun menjadi target utama.

Penyerang berusia 23 tahun itu pun tengah moncer bersama RC Lens musim ini, dengan mencetak 15 gol dari 31 laga di Ligue 1 Prancis.

Baca Juga

Padahal ia baru bergabung RC Lens di musim panas 2022 lalu, usai diboyong dari klub Belgia, Club Brugge, dengan mahar 10 juta euro (Rp162 miliar).

Kabarnya, RC Lens pun bersedia melepasnya. Tapi klub Prancis ini meminta mahar 30 juta euro (Rp488 miliar). Siapa sangka, AC Milan kabarnya bersedia memenuhi permintaan itu.

Kengototan AC Milan dan kesediaannya menebus Lois Openda dengan harga mahal pun banyak menimbulkan pertanyaan. Berikut INDOSPORT ulas sosok penyerang RC Lens tersebut.

Baca Juga

1. Profil Lois Openda

Lois Openda ketika mencetak gol di laga Rennes vs RC Lens. (Foto: REUTERS/Stephane Mahe)

Lois Openda adalah penyerang RC Lens yang berasal dari Belgia. Ia lahir di Liege pada 16 Februari 2000 silam.

Kariernya di dunia sepak bola dimulai dari klub lokal di Liege, yakni Patro Othee FC dan RFC Liege. Dari sana, ia pun kemudian bergabung tim profesional daerahnya, yakni Standard Liege.

Kariernya di Standard Liege pun hanya berlangsung di level akademi saja. Pada 2015, Openda memutuskan hijrah ke Club Brugge.

Di Club Brugge, Openda mendapat kesempatan debut di usia 18 tahun dan sempat dipinjamkan ke Vitesse Arnhem selama dua tahun, yakni dari 2020 hingga 2022.

Setelah menjalani masa peminjaman yang sukses dengan mencetak 37 gol dari 88 laga, RC Lens kemudian merekrutnya pada akhir masa peminjaman.

Baca Juga

RC Lens bahkan harus menebusnya dengan harga cukup tinggi, yakni 10 juta euro (Rp162 miliar) dan diikat dengan kontrak lima tahun pada Juli 2022.

Pasca bergabung, Openda mampu tampil apik dengan mencetak gol debut ke gawang Inter Milan dalam laga persahabatan.

Baca Juga

Bahkan, tak sampai empat bulan sejak bergabung RC Lens, Openda mampu mencetak Hattrick pertamanya bagi klub barunya itu.

Petualangan dan kiprahnya yang apik itu lantas membuat AC Milan meminatinya dan siap menebusnya pada musim panas 2023.

Seperti apa kualitas dari seorang Lois Apenda? Apakah ia bisa menjadi penyerang utama AC Milan dan wajar jika dihargai hingga 30 juta euro?

Baca Juga

2. Kualitas Lois Openda

Penyerang RC Lens, Lois Openda. (Foto: REUTERS/Stephane Mahe)

Lois Openda dikenal sebagai penyerang yang bertipe Target Man, di mana ia lebih banyak beroperasi di kotak 16, ketimbang ikut turun membantu serangan.

Tipikal permainannya sama dengan Olivier Giroud yang bisa memanfaatkan setiap peluang kecil menjadi gol saat bola datang ke kotak penalti.

Hal ini dibuktikan dengan catatan 0,69 Non-Penalty Goals per 90 menit yang ia miliki dari rata-rata 0,65 Expected Goals (xG).

Dengan catatan itu, Openda bisa dikatakan penyerang yang klinis, yang pintar memanfaatkan peluang yang ia dapatkan untuk menjadi gol.

Karena punya peran sebagai Target Man, catatan Openda dalam permainan tak mumpuni. Ia tercatat hanya punya rataan 16,28 operan per 90 menit dengan akurasi hanya 65,7 persen.

Tapi soal teknik kala menyerang, Openda punya kemampuan melakukan tusukan ke area lawan dengan catatan 2,21 dribel ke area lawan per 90 menit.

Dengan kemampuan ini, Openda bisa menjadi penyerang yang cocok bagi AC Milan. Apalagi ia akan dilayani oleh winger dan Playmaker yang kreatif pada diri Rafael Leao dan Brahim Diaz.

Sehingga, wajar jika AC Milan pun berani mengeluarkan uang ratusan miliar demi bisa mendatangkan Lois Openda dari RC Lens jika melihat catatannya tersebut.

Bursa TransferAC MilanIn Depth SportsLiga ItaliaRC LensOne Football

Berita Terkini