x

5 Fakta Menarik yang Lahir Usai AC Milan Singkirkan Napoli di Liga Champions

Rabu, 19 April 2023 05:26 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - AC Milan sukses melaju ke babak semifinal Liga Champions usai menahan imbang Napoli di leg kedua. Berikut sejumlah fakta menarik yang lahir usai laga tersebut.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan perempat final Liga Champions leg kedua antara Napoli vs AC Milan di Stadion Diego Armando Maradona, Rabu (19/04/23) dinihari WIB.

Bermain di depan publiknya sendiri, Napoli gagal meraih kemenangan. Kedua tim hanya bisa bermain imbang 1-1 di leg kedua perempat final.

AC Milan sempat unggul lebih dahulu melalui gol Olivier Giroud disusul oleh gol Napoli lewat aksi Victor Osimhen.

Berkat hasil ini, Milan pun berhak lolos ke semifinal Liga Champions 2022/2023 dengan kemenangan agregat 2-1 usai menang 1-0 di laga leg pertama.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan sehingga pertandingan berjalan ketat padai awal-awal babak pertama.

Menit ke-21, Milan memperoleh penalti usai Rafael Leao dilanggar Mario Rui di kotak terlarang. Sayang, eksekusi Giroud bisa dimentahkan Alex Meret.

Baca Juga

Namun kebutuntuan baru hadir pada menit ke-43. Diawali pergerakan luar biasa Leao dari tengah lapangan, Giroud dengan mudah mencocor bola menjadi gol.

Skor 0-1 untuk keunggulan AC Milan bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Napoli coba bangkit.

Mereka tampil dominan hingga menciptakan sejumlah peluang berbahaya. Sayang penampilan solid para pemain belakang Rossoneri membuat Partenopei frustasi.

Menit ke-80, giliran Napoli yang mendapat penalti dari wasit setelah Fikayo Tomori melakukan handball di kotak terlarang. Namun, eksekusi Khvicha Kvaratskhelia gagal.

Memasuki masa injury time, Victor Osimhen sukses mencetak gol untuk membuat skor akhir menjadi 1-1 bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

1. 1. Semifinal Pertama AC Milan

Penyerang AC Milan, Olivier Giroud dirangkul oleh pemain Napoli di Liga Champions.

Keberhasilan AC Milan lolos ke semifinal Liga Champions, merupakan yang pertama kalinya bagi mereka sejak terakhir di musim 2006/07. 

Rossoneri bergabung dengan Juventus sebagai tim Italia dengan partisipasi terbanyak di fase semifinal ini (tujuh).

2. Rekor Alex Meret 

Alex Meret adalah penjaga gawang pertama yang menyelamatkan penalti saat melawan AC Milan di Liga Champions, sejak Jerzy Dudek menyelamatkan Andriy Shevchenko dalam adu penalti tahun 2005.

Baca Juga

3. Napoli Lanjutkan Tren Buruk

Napoli telah tersingkir dari 11 pertandingan terakhir di babak gugur kompetisi Liga Champions setelah kalah di leg pertama, terakhir melaju ke babak berikutnya setelah menderita kekalahan leg pertama di perempat final Piala UEFA 1988/89 vs Juventus.

4. Hasil Buruk Napoli

Napoli hanya meraih satu kemenangan dalam lima partai terakhir di berbagai ajang.

Baca Juga

Napoli kalah 2 kali dan imbang 1 kali dari tiga pertemuan terakhir melawan AC Milan. Selama periode tersebut gawang I Partenopei kebobolan enam gol dan hanya bisa membuat satu gol balasan.

5. AC Milan Gemilang

AC Milan tak terkalahkan dalam enam partai terakhir di pentas Liga Champions. Sebanyak empat laga di antaranya berhasil dimenangkan.

Gawang AC Milan juga hanya kebobolan satu kali dalam lima pertandingan terakhir di pentas Liga Champions.

Baca Juga
Liga ChampionsAC MilanNapoliTRIVIA

Berita Terkini