x

Musim Debut di Persib, Robi Darwis Dapatkan Banyak Pelajaran dan Pengalaman

Rabu, 19 April 2023 15:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang muda Persib Bandung, Robi Darwis, mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga setelah mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

INDOSPORT.COM. COM - Gelandang muda Persib Bandung, Robi Darwis, mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga setelah mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Pasalnya, bagi pemain yang menggunakan nomor punggung 6 ini, Liga 1 2022-2023 merupakan musim pertamanya berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia dan memperkuat tim Persib.

Pemain jebolan Akademi Persib ini, menyampaikan terkait pengalamannya berlaga di kompetisi Liga 1 2022-2023 melalui akun Instagramnya @robi_darwis24, Selasa (18/04/23).

"Ini adalah musim pertama saya di (kompetisi) profesional musim 2022-2023 bersama Persib Bandung. Musim yang sangat luar biasa, banyak pelajaran, pengalaman yang luar biasa yang bisa saya ambil dari musim ini," kata Robi Darwis.

Lebih lanjut Robi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bimbingan dan masukan kepadanya selama mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023, sehingga dia bisa menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih dengan menampilkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Robi Darwis merupakan salah satu pemain andalan Persib. Selain itu, dia juga sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20.

"Saya sangat berterima kasih kepada para senior, coach serta staf lainnya (yang) selalu membimbing memberikan masukan dan pelajar yang berharga di sepak bola," tulisnya.

Setelah mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023, Robi Darwis tidak ingin cepat puas karena perjuangan di sepak bola masih panjang. Untuk itu, pada musim selanjutnya dia akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya dan membawakan skuad Maung Bandung meraih gelar juara.

Pasalnya, pada kompetisi Liga 1 2022-2023, Robi Darwis bersama tim kebanggaan Bobotoh belum mampu meraih gelar juara. Lantaran, pada akhir kompetisi hanya finis di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 62 poin.

"Semoga di musim-musim selanjutnya saya bisa jauh lebih baik lagi dan bisa berkontribusi lebih besar untuk Persib (JUARA). #terimaksihbobotoh Bismillah," pungkasnya.

Baca Juga

1. Awal Karier Robi Darwis

Robi Darwis kembali berlatih dengan tim Persib Bandung usai TC bersama Timnas Indonesia U-20.

Sementara itu, Robi Darwis mengenal sepak bola dari SSB Atep7, kemudian ditempa di Akadmemi Persib Cimahi dan bergabung dengan Persib U-16, setelah itu dia ambil bagian di tim Persib U-18.

Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20. 

Robi Darwis juga sempat masuk dalam daftar 40 pemain tim U-19 Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Lagi-lagi TC di Negeri Ginseng itu, sebagai persiapan mengikuti Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain itu, Robi sempat memperkuat Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3. Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa tim satelit Persib ini hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.

Setelah itu, Robi Darwis mendapatkan kesempatan seleksi di tim Persib, hingga akhirnya pelatih skuad Maung Bandung saat itu, Robert Rene Alberts, tertarik dengan kualitasnya dan mempromosikan ke tim kebanggaan Bobotoh untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Sebelum mengikuti seleksi di tim kebanggaan Bobotoh, Robi mengaku ada beberapa tawaran dari beberapa klub yang tertarik untuk merekrutnya terutama dari Liga 2.

Hanya saja, Robi Darwis lebih memprioritaskan Persib untuk dibelanya pada musim 2022-2023, sehingga saat ada kesempatan untuk seleksi dia langsung mengikutinya dan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

Selain memiliki kualitas di lini tengah, Robi juga mempunyai kelebihan dalam melakukan lemparan bola jauh, sehingga bisa menjadi umpan dan peluang bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol pada pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023 maupun bersama Timnas Indonesia.

Selama memperkuat Persib di kompetisi Liga 1 2022-2023, Robi mendapatkan kesempatan bermain dalam 17 pertandingan dengan mengumpulkan 999 menit bermain. 

Robi Darwis langsung menjalani debutnya di Persib dalam kompetisi Liga 1 2022-2023, pada pertandingan perdana menghadapi Bhyangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (24/07/22).

Pada pertandingan tersebut, pemain berusia 19 tahun ini bermain sebagai starter dan tampil selama 59 menit. Setelah itu, dia ditarik keluar dan digantikan oleh Achmad Jufriyanto.

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Robi Darwis