x

Indra Sjafri Tak Jamin Bek Anyar Persija jadi Kapten Timnas U-22 di SEA Games 2023

Sabtu, 22 April 2023 16:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengatakan belum memutuskan kapten tim untuk SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengatakan belum memutuskan kapten tim untuk SEA Games 2023. Dia masih mencari dan mempelajari kandidat yang cocok.

Sebelumnya, pada laga uji coba Timnas U-22 vs Lebanon U-22, Indra Sjafri menunjuk bek Persija Jakarta, Rizky Ridho jadi kapten tim. Tapi, juru taktik 60 tahun itu menjelaskan, itu bukan keputusan final.

Kapten Timnas U-22 akan ditentukan lewat mekanisme voting dari seluruh pemain dan tim pelatih. Tak hanya itu, kandidat kapten juga dilihat berdasarkan hasil tes iq dan psikologi.

"Rizky Ridho kapten kan di baru uji coba. Ini kita lagi minta masukkan dari tim psikotes, baru beres tadi di tes. Satu per satu pemain dipanggil psikolog untuk diajak berbicara dan siapa yang diidolakan jadi kapten atau pimpinannya, ini formasi yang sekarang penting sekali," ujar Indra Sjafri.

"Ya kita melibatkan psikolog, ada timnya tiga orang. Soal kandidat, pasti nanti akan diumumkan," imbuhnya.

Baca Juga

Secara pribadi, Indra Sjafri mengatakan sosok kapten pilihannya adalah yang harus punya jiwa pemimpin di dalam lapangan. Kapten harus vokal dan berani mengarahkan rekan-rekan.

"Standar lah, dia harus bisa jadi leader di dalam, bisa mewakili untuk menyampaikan informasi dari tim kepelatihan. Dia (kapten) juga harus bisa diterima oleh para pemain lain," lanjut eks pelatih Bali United itu.

Baca Juga

Untuk tampil di SEA Games 2023, Indra Sjafri memanggil 20 pemain. Semuanya berasal dari klub Liga 1 dan hanya dua yang dari luar negeri yakni Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan.

Akan tetapi, saat ini baru ada 18 pemain yang berkumpul karena Arhan dan Marselino baru akan bergabung hari ini atau besok.

"Mereka berdua tiketnya ke sini dulu (Jakarta). Jadi kita bareng tanggal 25 April berangkatnya. Hari ini (Arhan) dia berangkat dari Jepang, terus dari Belgia si Marselino," jelas Indra Sjafri.

Baca Juga

Pada SEA Games 2023, skuad Garuda Muda berada di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan perdana dijadwalkan pada 29 April melawan Filipina. 


1. Target Emas SEA Games 2023

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon U-22, Minggu (16/04/23).

Sebelum berangkat ke SEA Games 2023, Timnas U-22 jalani tiga kali uji coba. Skuad Garuda bermain imbang 1-1 lawan Bhayangkara FC, kalah 1-2 dari Lebanon U-23 dan menang 1-0 atas Lebanon U-23. 

Pad SEA Games kali ini, PSSI menargetkan medali emas. Sudah 32 tahun Indonesia puasa gelar setelah terakhir kali didapat pada 1991 di Filipina. 

Sementara itu, Indra Sjafri memberikan kebebasan ke para pemain saat Hari Raya Lebaran 1444 H, Sabtu (22/04/23). Dia mengizinkan pemain mencicipi makanan tanpa diet, jalan-jalan dan bertemu keluarga.

Indra Sjafri mengatakan, para Timnas U-22 tidak pulang kampung atau mudik saat lebaran tahun ini. Mereka harus bersiap untuk ikut SEA Games 2023 di Kamboja.

Indra SjafriTimnas Indonesia U-23Bola InternasionalSEA Games 2023

Berita Terkini