x

Busquets dan de Jong 'Perang Dingin', Legenda Barcelona Beri Petuah

Selasa, 25 April 2023 00:32 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Juni Adi
Legenda Barcelona, Patrick Kluivert, memberi petuah atas 'perang dingin' antara Sergio Busquets dan Frenkie de Jong. REUTERS-Albert Gea

INDOSPORT.COM - Legenda Barcelona, Patrick Kluivert, memberi petuah atas 'perang dingin' antara Sergio Busquets dan Frenkie de Jong.

Sergio Busquets dan Frenkie de Jong merupakan dua pemain lini tengah Barcelona yang memiliki posisi sama persis, yakni pivot.

Hal tersebut membuat Xavi Hernandez selalu dilanda kebingungan ketika Sergio Busquets dan Frenkie de Jong sama-sama tersedia dalam laga yang dilakoni Barcelona.

Tidak jarang, Frenkie de Jong mendapatkan kesempatan dari Xavi Hernadez dalam pertandingan Barcelona di semua ajang.

Kendati demikian, Xavi Hernandez cenderung lebih mempercayakan posisi pivot, atau gelandang bertahan, Barcelona kepada Busquets.

Baca Juga

Keadaan itu tidak terlepas dari jam terbang yang dimiliki oleh gelandang yang kerap disapa Busi tersebut bersama dengan Barcelona.

Tercatat, Sergio Busquets telah menampilkan 717 penampilan. Serta, 18 gol dan 44 asisst sejak bermain dengan Barcelona pada 2008 silam.

Baca Juga

Meskipun begitu, Frenkie de Jong merupakan salah satu pemain Barcelona yang paling potensial di lini tengah.

Terbukti, eks pemain Ajax Amsterdam tersebut telah mengoleksi perolehan 15 gol dan 18 asisst dalam jangka waktu hampir 4 tahun.

Catatan itu lantas membuat Patrick Kluivert memberikan petuah terhadap pemain yang lebih cocok di antara Sergio Busquets dan Frenkie de Jong menempati posisi gelandang bertahan.

Baca Juga

1. Kluivert Lebih Pilih Frenkie de Jong

Patrick Kluivert di laga amal Barcelona vs Manchester United

Patrick Kluivert merupakan salah satu sosok yang berpangaruh di Barcelona, mengingat dirinya pernah bermain untuk klub Catalan tersebut selama 6tahun (1998-2004).

Bahkan, Patrick Kluivert merupakan pemain yang berhasil mempersembahkan satu gelar juara Liga Spanyol pada 1998-1999.

Selain itu, Patrick Kluivert adalah mantan pemain Ajax Amsterdam. Serta, memiliki kewarganegaraan yang sama dengan Frenkie de Jong, yakni Belanda.

Terlepas dari hal itu, Kluivert sangat yakin dengan potensi yang dimiliki oleh Frenkie de Jong untuk Barcelona di masa depan.

Melansir dari Barcablaugranes, pria yang saat ini berusia 46 tahun tersebut mengatakan bahwa de Jong adalah pemain yang harus dipertahankan oleh Barcelona.

Baca Juga

Oleh sebab itu, Patrick Kluivert secara tidak langsung menyarankan kepada Sergio Busquets untuk meninggalkan Barcelona.

Hal tersebut dikarenakan Barcelona akan kesulitan untuk menentukan pilihan di antara Busquets atau de Jong, mengingat keduanya sama-sama berkualitas. Namun, umur menjadi salah satu pertimbangan.

Baca Juga

"Saya pikir Frenkie de Jong adalah pemain yang perlu dipertahankan Barcelona. Dengan segala hormat untuk Busquets, dia fantastis, dan dia adalah kekuatan yang sangat besar dalam tim," ujar Kluivert.

"Tetapi, dari sudut pandang saya, posisi asli Frenkie adalah sebagai nomor 6. Dia adalah penghubung, dan di situlah Busquets bermain. Sulit bermain dengan dua nomor 6," tambahnya.

"Tentu saja sulit mengatakan bahwa Busi harus pergi, tetapi jika Anda harus mengambil keputusan, Frenkie harus tetap tinggal," pungkas Patrick Kluvert dikutip dari Barcablaugranes.

Baca Juga

Sumber: Barcablaugranes

BarcelonaLaLiga SpanyolSergio BusquetsPatrick KluivertLiga SpanyolBola InternasionalFrenkie de JongBerita Liga Spanyol

Berita Terkini