x

Kualitas Teruji, Begini Reaksi Indra Sjafri Soal Marselino Telat Gabung Timnas U-22

Selasa, 25 April 2023 16:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri menyatakan tidak ada masalah meski Marselino Ferdinan telat bergabung sebelum berangkat ke SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri menyatakan tidak ada masalah meski salah satu pemain, Marselino Ferdinan telat bergabung sebelum berangkat ke SEA Games 2023. Gelandang 18 tahun itu melewatkan pemusatan latihan.

Marselino tidak ikut TC dan latihan bersama rekan-rekannya yang lain karena membela klubnya di Liga 2 Belgia, KMSK Deinze. Dia selalu masuk line up klub, jadi diizinkan Indra Sjafri untuk telat bergabung ke Timnas U-22.

Marselino baru bergabung pada Senin (24/04/23) atau hanya beberapa jam sebelum Timnas U-22 berangkat ke Kamboja untuk ikut SEA Games 2023.

Indra Sjafri sangat percaya dengan kemampuan Marselino. Pasalnya, eks Persebaya Surabaya itu punya skill dan kualitas permainan yang sangat baik dan sudah debut di timnas senior.

"Tidak masalah (Marselino telat gabung). Ini sudah berulang-ulang saya sampaikan, kalau dia bermain reguler di klubnya, kenapa tidak? kata Indra Sjafri.

Baca Juga

"Jadi, saya bilang ke pemain untuk mulai mengubah mindset bahwa ikut TC bukan jaminan dia terpilih. Tapi kualitas mereka, itu bisa diperlihatkan di TC maupun klub. Itu pemain pemain yang akan dipanggil Timnas, itu yang terbaik," imbuhnya.

Indra Sjafri menilai Marselino dalam top perform, apalagi baru saja cetak gol perdana di Liga 2 Belgia. Pemain kelahiran Jakarta itu membobol gawang Excelsior Virton untuk membantu KMSK Deinze menang 3-1, tiga hari lalu.

Baca Juga

"Alhamdulillah, itu yang kita inginkan.  Semua pemain timnas yang bermain di klub, makin lama makin bagus, apalagi cetak gol, pasti makin pede," tutur pelatih 60 tahun itu.

Untuk tampil di SEA Games 2023, Indra Sjafri memilih 20 pemain. Hampir semuanya berasal dari klub Liga 1 atau Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan yang berasal dari klub luar negeri.

Indra Sjafri menegaskan tidak ada pemain titipan untuk skuad ke SEA Games 2023. 20 pemain yang dipilih dari seleksi dan merupakan yang terbaik dan sesuai kebutuhan taktikal.

Baca Juga

Menurutnya, rumor pemain titipan itu tidak ada dalam kamus kepelatihannya. Dia tidak mungkin mengorbankan nama besarnya.


1. Tiga Kali Uji Coba

Laga Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon dalam Laga Uji Coba, Jumat (14/05/23).

Sebelum berangkat ke SEA Games 2023, Timnas U-22 jalani tiga kali uji coba. Skuad Garuda bermain imbang 1-1 lawan Bhayangkara FC, kalah 1-2 dari Lebanon U-23 dan menang 1-0 atas Lebanon U-23. 

Pada SEA Games 2023, skuad Garuda Muda berada di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan perdana dijadwalkan pada 29 April melawan Filipina. 

Pada SEA Games kali ini, PSSI menargetkan medali emas. Sudah 32 tahun Indonesia puasa gelar setelah terakhir kali didapat pada 1991 di Filipina. 

Sekadar informasi, dalam ajang SEA Games 2023 ini sendiri Timnas Indonesia dipastikan tanpa salah satu bintangnya, yakni Ronaldo Kwateh.

Baca Juga

Ya, Ronaldo Kwateh terpaksa harus dicoret oleh Indra Sjafri dari daftar 20 pemain Timnas U-22 untuk SEA Games 2023 lantaran mengalami cedera saat melakoni laga uji coba kontra Lebanon.

Indra SjafriBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Marselino FerdinanSEA Games 2023

Berita Terkini