x

Liga 1: Gebrakan PSS Sleman Dimulai dari Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra

Rabu, 26 April 2023 12:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Para pemain PSS Sleman saat berada di lapangan. Foto: Nofik Lukman Hakim.

INDOSPORT.COM - PSS Sleman resmi memperkenalkan Jonathan Bustos dan Esteban Vizcarra sebagai senjata menatap Liga 1 Indonesia musim 2023-2024.

Kehadiran dua gelandang flamboyan ini jadi awal gebrakan tim Elang Jawa.

Bustos sempat digosipkan bakal merapat ke Persija Jakarta. Prestasinya dalam dua musim bersama Borneo FC membuat Macan Kemayoran diyakini membutuhkannya sebagai pengganti Yusuf Helal.

Namun, rumor itu sudah dibantah Bustos. Bantahan itu dilengkapi perkenalan resmi oleh tim PSS Sleman pada Selasa malam. Sang pemain menjadi sosok yang menggantikan Jonathan Cantillana.

Perkenalan Bustos tak dilakukan khusus untuk sang gelandang 28 tahun. Ternyata, ia datang bersama Vizcarra yang juga berasal dari Argentina, sebelum kemudian memegang kewarganegaraan Indonesia.

Baca Juga

"Hari ini kami telah resmi mendatangkan dua rekrutan baru yaitu Bustos dan Esteban," ucap Komisaris Utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Rachmat Makassau, dalam rilis resmi klub, Selasa (25/4/2023) malam.

"Keduanya sudah memiliki pengalaman berkarier di liga Indonesia sehingga menurut saya tidak perlu ada adaptasi yang harus mereka lakukan," tambahnya lagi.

Ya, Jonathan Bustos tak sekadar unggul karena sudah dua musim di Indonesia. Perjalanan dua musim itu membuat Bustos paham dengan segala hal tentang Indonesia, baik sepak bola maupun budaya masyakarat setempat.

Baca Juga

Selama menjadi bagian Borneo FC, Bustos punya prestasi menjanjikan. Di Liga 1 2021-2022, ia bermain dalam 28 pertandingan dengan mencetak lima gol. Lalu, pada 2022-2023, ia bermain 30 kali dengan mencatatkan lima gol.

Rachmat menyebut Bustos secara kualitas akan membantu PSS Sleman, terutama dalam urusan mencetak gol. Musim lalu, lini serang PSS cukup parah karena hanya mencetak 34 gol dalam 34 pertandingan.

"Untuk Bustos sendiri menurut saya secara kemampuan sudah tidak diragukan lagi," ungkap Rachmat.

"Umpan-umpan terukur yang dia berikan dan penampilan konsistennya selama beberapa musim di Indonesia menurut saya menjadi alasan kenapa kami merekrutnya ke PSS," katanya lagi.

Baca Juga

1. Awal Gebrakan PSS Sleman

Para pemain PSS Sleman saat berada di lapangan. Foto: Nofik Lukman Hakim.

Keunggulan Esteban Vizcarra relatif tak berbeda jauh dengan Jonathan Bustos. Ia juga termasuk gelandang kreatif dengan umpan-umpan matang dan menjadi sosok yang sangat membantu tim ketika menyerang.

Musim lalu, prestasi Vizcarra lumayan bagus. Di usia yang sudah 37 tahun, ia bermain dalam 28 pertandingan.

Catatan bermainnya jauh lebih tinggi ketimbang saat membela Persib Bandung pada Liga 1 2021-2022 yang hanya tampil 18 pertandingan.

Rachmat menyebut pengalaman Vizcarra jadi pertimbangan PSS dalam memilihnya. Ia masih bisa mencatatkan satu gol dan lima assist pada musim lalu.

"Esteban dengan segala pengalamannya berkarir di Indonesia bisa menjadi pegangan kuat untuk tim PSS melaju lebih kencang di musim depan,

Baca Juga

"Secara kemampuan, saya rasa semua pencinta sepak bola Indonesia tahu kenapa Esteban kami rekrut ke tim PSS," jelasnya.

Bustos dan Vizcarra hanya awal dari gebrakan musim ini. Rachmat memastikan PSS Sleman akan membuat kejutan lagi pada beberapa hari ke depan.

Baca Juga

"Semoga dengan didatangkannya Bustos dan Esteban menjadi awal baru dari era PSS yang lebih baik. Saya mengajak PSS fans untuk terus menunggu dan bersabar untuk perubahan yang akan kita terus lakukan ke depan," papar Rachmat.

Selain pemain, PSS Sleman juga akan memperkenalkan pelatih baru sebagai pengganti Seto Nurdiyantoro. Rumor menyebut posisi ini akan dihuni pelatih asing yang pernah berkarir di Indonesia.

Sementara desas-desus yang ada mengarahkan Seto akan menjabat sebagai direktur teknik PSS Sleman. Namun, posisi baru ini juga bergantung padanya yang masih memiliki kontrak semusim dengan tim Elang Jawa.

Baca Juga
PSS SlemanEsteban VizcarraLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Jonathan BustosLiga 1 2022-2023

Berita Terkini