x

Tatap Musim Baru, Madura United Pastikan Staf Kepelatihan Tak Berubah Total

Rabu, 26 April 2023 10:16 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manajer tim Madura United, Umar Wachdin.

INDOSPORT.COM - Madura United telah memastikan bahwa akan dipimpin pelatih baru untuk mengarungi rangkaian jadwal pada kompetisi musim 2023/2024 mendatang.

Sebelumnya, posisi head coach alias pelatih kepala Madura United memang lowong sejak mundurnya Fabio Araujo Lefundes pada awal Maret 2023 lalu.

Pelatih kebangsaan Brasil itu mengundurkan diri setelah tim berjuluk Laskar Sape Kerrab itu kalah 0-1 di kandang sendiri, saat menjamu Borneo FC (03/03/23).

Rakhmat Basuki yang berada didalam staf kepelatihan tim, lantas ditetapkan sebagai pengganti. Dia menjadi pelatih caretaker alias untuk sementara waktu.

Tugas Coach RB sebagai caretaker di Madura United pun rampung seiring pekan ke-34 Liga 1 dengan hasil imbang 0-0 di markas Rans Nusantara FC (13/04/23) lalu.

Baca Juga

Oleh karena itu, klub asal pulau garam mesti segera memilih pelatih baru untuk musim depan. Dari puluhan curriculum vittae yang masuk, kini mengerucut kepada satu nama.

"Kami sudah siapkan satu pelatih kepala yang baru. Kami tetap percayakan kepada pelatih asing," ucap Manajer Madura United, Umar Wachdin.

Baca Juga

Pihak klub juga menambahkan, bahwa sebenarnya sudah deal (mencapai kesepakatan) dengan calon pelatih baru. Hanya tinggal mengumumkan namanya saja ke publik.

Kendati demikian, Madura United masih enggan untuk membocorkan inisial nama maupun segala informasi yang berkaitan dengan calon pelatih barunya.

"Nanti kami umumkan melalui media officer beserta beberapa asisten (pelatih) yang baru. Prinsipnya ada pembaharuan," cetus Umar.

Baca Juga

1. Berubah tapi Tak Total

Manajer tim Madura United, Umar Wachdin.

Secara umum, seorang pelatih memang bisa memboyong sejumlah asisten untuk menjabat posisi-posisi didalam staf kepelatihan tim yang dilatihnya.

Situasi ini pernah terjadi ketika Madura United ditangani Fabio Araujo Lefundes. Ketika itu, dia hampir mengisi semua jabatan di staf kepelatihan dengan orang Brasil.

Sementara ketika Lefundes pergi, para asisten dari Brasil masih berada di tim hingga akhir kompetisi. Ada indikasi, mereka juga bakal pergi seiring hadirnya pelatih baru.

Manajemen Madura United pun tak menepis dengan opsi merombak jajaran pelatih yang masih berada di dalam staf kepelatihan tim susunan Fabio Lefundes.

Namun, pihak klub memastikan bahwa perombakan itu tak bersifat menyeluruh. Hanya sebagian besar saja yang dilepas seiring kedatangan pelatih baru nantinya.

Baca Juga

"Pembaruan (staf kepelatihan) memang dilakukan. Tetapi tidak semuanya berubah," Manajer Madura United, Umar Wachdin, menerangkan.

"Beberapa ada yang dipertahankan. Diantaranya Coach Rakhmat (Basuki) dan Coach (Valdi) Bardi," tambah dia.

Baca Juga

Dua nama tersebut memang bagian dari staf kepelatihan Madura United dalam kabinet Fabio Araujo Lefundes. Rakhmat Basuki satu-satunya asisten pelatih yang berstatus lokal.

Lalu Valdi Bardi didatangkan untuk menjabat posisi pelatih kiper. Sementara itu, ada beberapa nama lagi yang merupakan orang Brasil.

Mereka adalah Oswaldo Lessa (pelatih fisik), dan Marcelo Araujo Santos (fisioterapis). Ada pula Claudio Luzardi sebagai penerjemah bahasa serta Italo Resende (video analis).

Baca Juga
Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini