x

Harapan Gelandang Arema FC untuk Beckham Putra dan Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games

Kamis, 27 April 2023 20:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Beckham Putra Nugraha mencoba melewati pemain PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Gelandang Arema FC, Gian Zola, memberikan dukungan kepada adik kandungnya, Beckham Putra Nugraha, yang saat ini sedang bergabung dengan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023 di Kamboja.

Zola merasa optimis, Beckham bersama Timnas Indonesia U-22 dibawah asuhan Indra Sjafri bisa tampil maksimal dan meraih prestasi medali emas pada pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, gelandang jebolan Diklat Persib ini berharap keberhasilannya meraih prestasi bersama Indra Sjafri di Kamboja beberapa tahun lalu di Piala AFF 2019, bisa kembali terulang pada SEA Games 2023.

Sebagai informasi, pada 2019 Gian Zola menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-22 dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri. Saat itu, skuad Garuda meraih gelar juara Piala AFF yang digelar di Kamboja.

"Semoga Etam (Beckham) sukses dapat emas di SEA Games Kamboja. Karena di Kamboja juga bareng coach Indra, sama saya juara juga waktu itu, semoga rezekinya," kata Gian Zola.

Baca Juga

Pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan pertama Skuad Merah Putih adalah melawan Filipina pada Sabtu (29/04/23).

Menjelang laga perdana menghadapi Filipina, Indra Sjafri telah mempelajari kekuatan lawan. Jajaran pelatih timnas Indonesia U-22 menganalisa video pertandingan kubu seberang.

Baca Juga

Laga pertama dikatakan sangat penting untuk dimenang lantaran hal itu akan berdampak besar terhadap mental pemain timnas Indonesia U-22.

"Kami sudah mulai mencari komposisi terbaik lawan Filipina, siapa saja pemain yang kira-kira paling cocok kita mainkan di game pertama," ujar eks pelatih Bali United itu.

"Game pertama tentu menjadi sangat penting. Pertandingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya dalam setiap turnamen," tambah Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Titip Pesan untuk Beckham

Gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha saat berlatih bersama tim Persib, di Lapangan Batununggal, Kota Bandung, Senin (09/01/23).

Sementara itu, Kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, merasa optimis Timnas Indonesia U-22 bisa meraih gelar juara pada SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja.

Menurut pemain yang akrab disapa Jupe ini, melihat komposisi Timnas Indonesia U-22 untuk meraih medali emas pada SEA Games 2023 sangat besar, karena mayoritas pemain yang disiapkan sering mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing.

Sebagai informasi, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, sebelumnya memanggil pemain untuk persiapan menghadapi SEA Games 2023, mereka menjalani pemusatan latihan di Jakarta, mulai 1 hingga 26 April 2023.

Selain pemusatan latihan, Timnas Indonesia U-22 mengagendakan beberapa pertandingan uji coba, baik dengan klub lokal maupun dengan Timnas negara lain.

"Peluang besar buat juara, karena mayoritas pemain rata-rata bermain reguler di klub, mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang maksimal," kata Jupe kepada INDOSPORT. com.

Baca Juga

Mantan bek Timnas Indonesia ini menambahkan, dengan sering mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing, maka tim pelatih skuad Garuda tidak akan sulit untuk menyatukan pemain.

Selain itu, dengan sering tampil reguler di kompetisi, pemain Timnas Indonesia memiliki pengalaman, hal itu menjadi modal bagus bagi mereka untuk tampil di SEA Games 2023. Sehingga, saat memperkuat skuad Garuda mereka diharapkan bisa menampilkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

"Indikasinya mereka kan semua bermain reguler dan pilihan utama di klub masing-masing, itu yang penting buat mereka. Saat kumpul di Timnas untuk SEA Games, dengan pengalaman di klub jadi modal bagi mereka," ucap Jupe.

Lebih lanjut Jupe menuturkan, salah satu pemain Timnas Indonesia U-22 Beckham Putra Nugraha, merupakan pemain berkualitas.

Dia merasa yakin, dengan kemampuan yang dimiliki oleh adik kandung Gian Zola tersebut bisa berkontribusi bagi skuad Garuda.

Baca Juga

"Beckham, percaya sama Beckham dia punya mental yang kuat," ungkap pemain yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini.

Sebagai pemain yang sempat memperkuat Timnas Indonesia dan berada satu tim di Persib, Jupe menitip pesan kepada Etam sapaan akrab Beckham untuk menjawab kepercayaan yang diberikan oleh pelatih dan memaksimalkan kesempatan di SEA Games 2023.

"Pesannya buat Beckham, emas Tam bawa pulang," kata pemain yang menggunakan nomor punggung 16 ini.

 

Gian ZolaBola InternasionalBeckham Putra NugrahaTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini