x

Thomas Doll Sebut Persija Jalani Musim Ajaib dan Dapat Banyak Pelajaran Penting di Liga 1

Kamis, 27 April 2023 21:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengatakan Liga 1 2022/23 ibarat keajaiban karena dia bisa bawa tim Macan Kemayoran finish sebagai runner up, meski sering bermain dengan skuad yang tak lengkap. 

Menurut Thomas Doll, Persija kerap kehilangan pemain inti karena cedera hingga dipanggil ke Timnas kelompok usia hingga senior.

Sembilan pemain muda Persija yang jadi langganan line up sering dipanggil ke TC Timnas U-20 dalam jangka waktu cukup lama untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Lalu, pemain asing juga tidak bisa bermain secara penuh hingga akhir musim, kecuali Ondrej Kudela dan Michael Krmencik.

Yusuf Helal dan Hanno Berhens tidak bisa membela Persija di akhir putaran kedua karena mengalami masalah kesehatan.

Baca Juga

Dengan segudang masalah yang hadir, pelatih asal Jerman itu angkat topi dengan perjuangan pemain, staf pelatih, official, manajemen hingga suporter yang bekerja keras dan tiada henti support Persija.

“Bagi saya musim ini merupakan musim yang ajaib. Saya pikir semua merasa senang dengan musim 2022/2023 di mana tim ini mempunyai banyak masalah tapi masih bisa mengakhirinya dengan baik,” ucap Thomas.

Baca Juga

“Jika dilihat bagaimana kami menangani semua masalah itu dan hasil akhir musim yang kami raih, saya merasa sangat senang,” lanjutnya.

Thomas Doll berhasil melampaui target pribadi dan manajemen. Awalnya eks pelatih Borussia Dortmund itu hanya menargetkan lima besar.

Tapi akhirnya bisa selesaikan musim diperingkat kedua dan amankan tiket Kualifikasi Piala AFC 2023/24.

Baca Juga

1. Thomas Doll Belajar Banyak Hal

Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23).

Pencapaian tersebut membuat Thomas Doll mengaku belajar banyak hal. Terutama soal adaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia dan mengembangkan bakat muda di Persija.

“Persija merupakan klub yang besar dan fantastis. Persija mempunyai suporter yang hebat yang terus mendukung kami sejak awal hingga akhir. Mereka selalu ada dalam pandangan kami di dalam lapangan maupun di luar lapangan,” ucap Thomas.

“Saya pun belajar banyak dari para pemain, yaitu arti dari sebuah pengembangan diri. Saya melihat setiap mereka datang untuk latihan dengan motivasi tinggi dan perubahan besar mental mereka,” tuturnya.

Baca Juga

Usai mengakhiri musim debutnya di Liga 1, Thomas Doll memilih untuk beristirahat terlebih dahulu dan menikmati waktu libur. Setelahnya, dia akan kembali dan fokus membangun tim yang lebih kuat untuk musim depan.

“Yang terpenting kini tim mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat dan berlibur setelah kami menjalani musim yang panjang dan sulit,” jelas pelatih 57 tahun itu.

Baca Juga

Persija finish diurutan kedua klasemen akhir Liga 1 2022/23 dengan raihan 66 poin dari 34 pertandingan. Tim Ibu Kota terpaut sembilan poin dari PSM Makassar yang jadi juara.

Sepanjang musim lalu, Persija catatkan 20 kemenangan, enam hasil imbang dan delapan kekalahan. Tim kebanggaan Jakmania cetak 47 gol dan kebobolan 27 gol atau paling sedikit diantara 18 kontestan Liga 1 2022/23.

Baca Juga
Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Thomas Doll

Berita Terkini