x

Kontrak Dibahas Nanti, Shin Tae-yong Diminta Fokus di Timnas U-23 dan Senior

Jumat, 28 April 2023 21:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku sudah bertemu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Mereka membicarakan program dan target skuat Garuda selama setahun ke depan.

Pasca-komunikasi tersebut, Erick Thohir mengatakan sudah memutuskan bahwa Shin Tae-yong akan fokus memimpin timnas U-23 dan senior. Ada banyak agenda dalam beberapa bulan ke depan, sehingga harus dibahas mulai saat ini.

Dikatakan Erick Thohir, timnas Indonesia U-23 akan berpartisipasi dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Asian Games 2022.

Sedangkan timnas senior akan melakoni agenda FIFA matchday pada Juli dan September, kemudian ada pula Kualifikasi Piala Dunia 2026, Oktober mendatang.

Ketum PSSI juga berdiskusi dengan Shin Tae-yong soal target dan gaya bermain seperti apa yang akan diterapkan ke timnas Indonesia.

Baca Juga

"Ke depan, sesuai pembicaraan, Shin Tae-yong akan memimpin timnas U-23 dan senior karena disesuaikan dengan jadwal," kata Erick Thohir, Jumat (28/4/23).

"Saya sudah ketemu Shin Tae-yong dan saya bicara serius, target beliau seperti apa dan mau menciptakan tim seperti apa. Dia akan fokus di U-23 dan senior tim karena kontraknya masih ada. Timnas level lain akan cari lagi (pelatihnya) supaya dia fokus," imbuhnya.

Baca Juga

Ketum PSSI menyampaikan, sudah melakukan rapat dengan Exco PSSI. Mereka mengevaluasi kalender FIFA matchday karena pada periode September nanti timnas Indonesia U-23 juga menjalani Kualifikasi Piala Asia.

"Kami harus serius, kemarin timnas Indonesia di peringkat 149 dengan dua laga, kalau persiapan berkesinambungan maka bisa lebih baik," ujar Erick Thohir

"Tapi tahun ini tantangannya berat, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi kaget, bingung juga karena kita baru. Kami harus mempersiapkan timnas mulai bulan depan," tuntasnya. 

Baca Juga

1. Fokus Agenda Timnas

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Menyoal kontrak akan berakhir Desember tahun ini, Erick Thohir menyebut PSSI akan kembali duduk bersama dengan Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Tapi, target terdekat adalah menyiapkan timnas Indonesia U-23 dan senior untuk beberapa event internasional mulai dari FIFA matchday, Kualifikasi Piala Asia U-23, Kualifikasi Piala Dunia 2026, hingga Asian Games 2022. 

Baca Juga

"Kami sepakat bahwa kontraknya sampai akhir tahun ini. Nanti disiapkan seperti apa, lalu kami akan bicara ke depannya," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

"Kalau Oktober lolos (kualifikasi Piala Dunia 2026), kami akan bicara lagi karena ada babak kedua atau babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Ada keberlanjutan, tapi kita akan duduk bicara dari hati ke hati dan harus ada target," sambung Erick Thohir.

PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini