x

Laksanakan Niat Erick Thohir Bersih-bersih, Ernst & Young Kunjungi PSSI Usai Ditunjuk

Jumat, 28 April 2023 00:26 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Juni Adi
Laksanakan niat Erick Thohir bersih-bersih, firma audit keuangan bernama Ernst & Young kunjungi kantor PSSI./02/23).

INDOSPORT.COM – Laksanakan niat Erick Thohir bersih-bersih, firma audit keuangan bernama Ernst & Young kunjungi kantor PSSI.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya sudah meneken nota kesepakatan dengan firma ternama, Ernst & Young, guna mengaudit keuangan dalam federasi.

Menurut Ketum PSSI yang anyar itu ada yang tidak transparan dalam tata keloloa federasi, seperti inkonsistensi pemberian bonus juara Liga 1 dari 2017-2022 oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Karena ketidakjelasan hubungan kerja sama antara PT LIB dan PSSI, termasuk spa dan transfer pembayaran, membuat Erick melancarkan operasi berupa pemeriksaan.

Hal ini perlu dilakukan supaya manajemen keuangan baik di PSSI maupun PT LIB bisa transparan, terbuka, dan akuntabel.

Baca Juga

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada inkonsistensi pemberian hadiah juara Liga 1. Lalu, ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI," kata Erick Thohir, Kamis (20/4/23).

"Maka saya langsung tanda tangan MoU dengan Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama bersih-bersih, baik PSSI maupun PT LIB," imbuhnya.

Baca Juga

Pria berusia 52 tahun tersebut mengaskan bahwa sepak bola itu milik rakyat sehingga semuanya harus transparan agar ada prestasi yang tercipta di masa depan.

"Sudah pasti kita semua, saya, pengurus, dan pencinta sepak bola mau soal keuangan yang krusial ini terbuka, apalagi sepak bola ini milik rakyat," jelas Erick Thohir.

"Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan. Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Ernest & Young langsung melaksanakan niat Erick Thohir untuk bersih-bersih dan langsung mengunjungi kantor PSSI untuk melakukan audit.

Baca Juga

1. Ernst & Young Sambangi Kantor PSSI

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI 2023-2027. (Foto: PSSI)

Perwakilan firma audit nomor empat terbesar di dunia, Ernst & Young, datang ke kantor PSSI di GBK Arena pada Rabu (26/04/23) untuk menjawab panggilan Erick Thohir.

Erick Thohir pun merespons positif kehadiran Erns & Young ke kantor PSSI itu sebagai bukti serius bahwa dirinya sungguh ingin bersih-bersih.

“Ini bukti saya serius ingin bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga. Di tahap awal ini, kita ke PSSI dahulu karena sebagai induk organisasi bisa ditelusuri mulai dari aturan, kebijakan, hubungan antar lembaga,” “Misalnya dengan PT LIB, bentuk-bentuk kerja sama hingga struktur keuangan. Saya sudah perintahkan Sekjen agar bagian keuangan PSSI membuka semua data supaya transparan dan bisa diaudit secara maksimal," kata Erick Thohir.

Maka dari itu, Ernst & Young selaku auditor langsung meminta sejumlah data mencakup badan hukum, struktur organsisasi PSSI, laporan keuangan sejak 2017 hingga 2023, transaksi keuangan, sistem akutansi yang digunakan.

Baca Juga

Kemudian masih ada alokasi penggunaan sumber dana dari FIFA dan AFC dan hubungan kerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu juga menambahkan bahwa audit ini sungguh krusial supaya pengelolaan keuangan persepakbolaan Indonesia menjadi lebih jelas dan baik.

Baca Juga

“Seperti yang saya bilang kemarin, audit ini krusial agar ada kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia.”

“Sepakbola ini milik rakyat. Kami yang ditugaskan untuk membersihkan mesti ambil sikap untuk terbuka agar bisa dipertanggungjawabkam.”

“Saya tidak ingin ada yang saling menyalahkan atau menjatuhkan," tutup Erick Thohir melalui rilis resmi PSSI.

Baca Juga

Sumber: PSSI

PSSIErick ThohirLiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini