x

2 Jadwal Timnas Indonesia Bentrok, Agenda FIFA Matchday September Bisa Batal?

Sabtu, 29 April 2023 13:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sedang mempertimbangkan untuk ikut atau melepas agenda FIFA matchday pada 4-12 September nanti. Pasalnya, jadwal padat menanti pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Diketahui, Ketum PSSI menginginkan Shin Tae-yong untuk fokus di timnas U-23 dan senior. Tapi, ada dua agenda yang berbarengan sepanjang 4-12 September, yakni FIFA matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-23. 

Dua agenda itu dinilai sama-sama penting, tapi tentu akan membuat pusing pelatih Shin Tae-yong. Sehingga, PSSI sedang menghitung untung dan rugi apabila melewatkan FIFA matchday.

Di sisi lain, PSSI tidak bisa meninggalkan timnas Indonesia U-23 karena akan menjadi tulang punggung Skuat Garuda Senior di masa depan.

"September itu kalau bisa timnas senior juga main, tapi sedang dihitung risiko bermain atau tidak," kata Erick Thohir kepada awak media, Jumat (28/4/23).

Baca Juga

"Kalau pemainnya mayoritas di U-23 jadi tidak bisa tim terbaik dan tak akan maksimal, maka akan merosot rankingnya. Sekarang sedang dihitung. Nanti minggu depan akan kami tentukan lagi," imbuhnya.

Namun, Erick Thohir memastikan timnas Indonesia akan melakoni agenda FIFA matchday pada 12-20 Juni nanti. Sudah ada satu calon lawan, yakni Palestina (14 Juni), sementara satu lainnya masih dirahasiakan PSSI.

Baca Juga

"FIFA matchday di Juni tetap timnas senior, nanti akan saya umumkan secara resmi jika memang sudah pasti jadwalnya karena kami butuh dua laga. Habis itu sudah bisa tidak terisi lagi karena ada jadwal lain," tuturnya.

Jadwal event internasional yang akan diikuti timnas U-23 maupun senior memang sangat padat tahun ini. Dimulai dari FIFA matchday (Juni), lalu FIFA match day (4-12 September), Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (4-12 September), Asian Games 2022 (23 September-8 Oktober).

Berikutnya, ada putaran I Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Zona Asia) pada 9-17 Oktober dan jika lolos akan menghadapi putaran II (16-21 November). Terakhir jadwal Piala Asia 2023 yang dimainkan 12 Januari-10 Februari 2024.

Baca Juga

1. Target Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sudah bertemu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beberapa hari lalu. Keduanya berbicara soal program dan target skuat Garuda setahun ke depan.

Pasca-komunikasi tersebut, Erick Thohir mengatakan sudah memutuskan bahwa Shin Tae-yong akan fokus memimpin timnas U-23 dan senior. Target terdekat adalah menyiapkan kedua level timnas untuk event internasional di atas.

Baca Juga

"Kami harus serius, kemarin timnas Indonesia di peringkat 149 dengan dua laga, kalau persiapan berkesinambungan maka bisa lebih baik," ujar Erick Thohir. 

Baca Juga

"Tapi tahun ini tantangannya berat, ada Kualifikasi Piala Dunia 2026 jadi kaget, bingung juga karena baru menjabat. Kami harus mempersiapkan timnas mulai bulan depan," tuntasnya. 

PSSIErick ThohirTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini