x

3 Situasi Sulit yang Akan Dihadapi Barcelona jika Nekat Pulangkan Lionel Messi

Sabtu, 29 April 2023 15:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lionel Messi punya potensi kembali ke pelukan Barcelona. Foto: Manu Fernandez/Pool via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, masih terus dikabarkan ngidam membawa pulang Lionel Messi yang saat ini bermain di Paris Saint-Germain.

Wacana besar tersebut memang tidak mustahil diwujudkan, namun dalam perjalanannya diprediksi akan banyak batu sandungan yang muncul.

Lionel Messi adalagh legenda hidup Barcelona yang tumbuh besar di klub ini setelah kedatangannya dari Argentina sewaktu kecil.

Oleh sebab itu, megabintang sepak bola berjuluk La Pulga tersebut tidak kuasa membendung air mata saat mengucap salam perpisahannya ke Barcelona.

Di Paris Saint-Germain (PSG), ia sempat mengalami slow start tapi pada akhirnya menjelma sebagai salah satu pemain mematikan bersama Neymar dan Kylian Mbappe.

Baca Juga

Usia Lionel Messi saat ini menginjak 36 tahun, yang menjadikan kans ia pulang ke Barcelona terbuka cukup lebar.

Apalagi, di usianya sekarang La Pulga sudah memiliki keluarga kecil, yang mungkin suatu hari nanti akan membuat prioritas kariernya bergeser.

Baca Juga

Soal potensi kembalinya Lionel Messi ke Barcelona pun sudah sampai ke telinga Presiden LaLiga yakni Javier Tebas, yang turut memberi dukungan.

Meski begitu, ia menegaskan ada beberapa hal yang harus dilakukan maupun masalah yang sebaiknya diselesaikan agar kegiatan transfer dapat terlaksana.

Hanya saja, Barcelona kemungkinan besar harus menghadapi tiga situasi sulit jika benar-benar nekat memulangkan Lionel Messi. Apa saja?

Baca Juga

1. Ada Pemain yang Dikorbankan

Selebrasi para pemain Barcelona usai menjebol gawang Atletico Madrid di lanjutan Liga Spanyol 2022/23 (09/01/23). Foto: REUTERS/Juan Medina.

Saat bicara soal potensi transfer Lionel Messi, Javier Tebas sebenarnya sudah mengemukakan situasi ini. Ia sadar betul bahwa memboyong La Pulga bukan perkara mudah.

“Kami harus melihat seperti apa hal-hal akan berkembang nantinya,” demikian pendapat Javier Tebas, seperti pernah diwartakan Barca Universal.

“Sejumlah syarat mungkin harus dipenuhi. Pemain-pemain Barcelona mungkin harus [ada yang] pergi,” tambahnya lagi.

Situasi ini mungkin akan jadi batu sandungan terbesar Barcelona jika ingin membawa pulang La Pulga, karena di sisi lain mereka juga harus mengumpulkan uang.

Setidaknya, Barcelona membutuhkan 100 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun) untuk sejumlah keperluan, termasuk mendaftarkan pemain yang sudah mendapat kontrak baru.

Baca Juga

Belum lagi jika memikirkan daftar pemain yang diincar di bursa transfer, klub nampaknya harus benar-benar memutar otak untuk menemukan solusi terbaik.

Namun jika membahas siapa-siapa saja pemain yang bisa terdepak, berjejer nama-nama seperti Ansu Fati, Ferran Torres, Raphinha, Eric Garcia.

Baca Juga

Dua nama pertama, sudah cukup lama menjadi bahan pembicaraan dan spekulasi publik menyusul menit bermain mereka yang sangat minim.

Baik Fati maupun Torres terus melorot di daftar pecking order pelatih dan sulit mendapatkan tempat reguler di starting XI.

Sementara itu, ada nama lainseperti Franck Kessie yang juga bukan pilihan pertama pelatih. Beberapa waktu terakhir ia dikaitkan dengan rumor kembali ke Italia.

Baca Juga
 

2. Soal Gaji

Lionel Messi saat ini bermain untuk Paris Saint-Germain. Foto: REUTERS/Eric Gaillard.

Pengurangan Gaji

Situasi sulit lainnya, kemungkinan pemotongan gaji. Namun untuk isu ini, sejatinya sudah mencuat sejak lama dan sudah pernah disampaikan oleh Joan Laporta.

Tentu publik sepak bola masih ingat betul, bagaimana Lionel Messi yang siap bertahan di Barcelona pada musim 2021-2022 gagal bertahan karena masalah administrasi.

Jika nanti La Pulga betulan direkrut, situasi serupa bisa terulang kembali pada 2023-2024. Barcelona mungkin akan melakukan pemotongan gaji.

Tujuannya, apalagi kalau bukan membuat penyesuaian finansial agar bisa mendaftarkan sang pemain.

Isu ini sempat diangkat oleh Fabrizio Romano beberapa waktu lalu, namun ia mengaku belum melihat tanda-tanda Barcelona akan melakukan pemotongan gaji.

“Saya tidak punya informasi tentang Barcelona yang berencana memotong gaji untuk memfasilitasi kembalinya Lionel Messi,” ucapnya di The Guardian.

Gaji Lionel Messi

Setelah membahas gaji pemain Barcelona, topik tentang seberapa besar bayaran Lionel Messi tentu tidak boleh dilewatkan.

Barcelona tentunya harus sadar, bahwa menggaji seorang megabintang seperti Lionel Messi menjadi PR tersendiri di tengah situasi mereka saat ini.

Apalagi, pentolan Timnas Argentina itu sudah bertahun-tahun mengabdi di Barcelona sebelum pergi ke Paris Saint-Germain.

Dengan catatan tersebut, klub pasti sudah paham di rentang berapa mereka harus memberi bayaran untuk Lionel Messi.

Sumber: Barca Universal, 90Min

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolParis Saint-GermainPSGLiga SpanyolBerita Liga SpanyolOne Football

Berita Terkini