x

Penuhi Janji, Madura United Perkenalkan Pelatih Baru Asal Brasil

Senin, 1 Mei 2023 17:16 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Madura United memenuhi janjinya untuk memperkenalkan sosok pelatih baru yang akan mengawal perjalanan tim pada kompetisi musim 2023/2024 mendatang. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United memenuhi janjinya untuk memperkenalkan sosok pelatih baru yang akan mengawal perjalanan tim pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 mendatang.

Sebelumnya, klub berjulukan Laskar Sape Kerrab itu memang sudah memastikan untuk menghadirkan pelatih baru setelah melepas Fabio Araujo Lefundes.

Pilihan Madura United tetap sama, yakni asing. Lebih khusus lagi, klub juga menetapkan pelatih kebangsaan Brasil sebagai pemimpin taktikal untuk musim ini.

Madura United lantas menetapkan Mauricio Ferreira de Souza sebagai juru taktik yang baru. Dia berusia 49 tahun dan memegang lisensi kepelatihan CBF Pro.

"Mauricio Souza ditunjuk untuk menukangi Laskar Sape Kerrab dengan beberapa faktor (pertimbangan)," tulis Madura United melalui rilis resmi klub, Senin (01/05/23).

Baca Juga

Keberadaan sejumlah pemain Brasil yang dikenal dengan sepak bola entertaint (penghibur), menjadi alasan. Selain tentunya klub ingin pembinaan usia muda berjalan.

"Salah satunya karena pernah menangani berbagai klub di kelompok usia muda seperti Flamengo dan Botafogo," beber Madura United.

Baca Juga

"Hal ini dinilai cocok oleh manajemen karena mayoritas pemainnya masih berusia muda untuk musim 2023/2024," ujar klub yang berdiri pada 2016 tersebut.

Perjalanan karier kepelatihan Mauricio Souza memang lebih banyak di pengembangan sepak bola usia muda. Terutama di klub Botafogo Brasil.

Dia menjadi pelatih untuk tim U-13 musim 2011, U-15 pada 2012 dan U-17 pada 2013. Dan sejak 2014, Mauricio memegang tim U-20 serta difungsikan sebagai asisten pelatih tim senior.

Baca Juga

1. Brasil Connection

Madura United mengenalkan pelatih baru, Mauricio Souza. (Foto: MO Madura United)

Sehubungan dengan itu, Madura United pun secara konsisten menerapkan Brasil Connection dalam menyusun kekuatan tim di kompetisi.

Mauricio Souza juga sekaligus menjadi pelatih asal Brasil ke-3 yang pernah menukangi Madura United sejak klub itu berdiri pada 2016 silam.

Dua pelatih sebelumnya adalah Gomes De Oliviera periode 2016-2018 dan Fabio Araujo Lefundes pada pertengahan 2021 hingga 2023.

Madura United lantas menjabarkan pertimbangan di balik keputusan mendatangkan pelatih asal Brasil bernama lengkap Mauricio Ferreira De Souza tersebut.

"Ada beberapa program kepelatihan yang disepakati dengan Coach Mauricio," kata Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu, Annisa Zhafarina Senin (01/05/23).

Baca Juga

"Klub sedang fokus mengembangkan Madura United Football Academy (MUFA). Salah satu proposal beliau adalah rencana pengembangan MUFA secara profesional," katanya.

Kendati demikian, tugas utama dari pelatih yang mengantarkan Vasco Da Gama kembali ke Serie A Brasil pada 2022 itu tetap di Kompetisi Liga 1.

Baca Juga

"Selain klausul untuk meningkatkan prestasi Madura United di Liga 1, juga ada klausul mengembangkan pemain muda di MUFA," jelas Annisa.

Madura United memang mengalami penurunan prestasi pada musim 2022/2023 lalu. Sempat berada di papan atas, tetapi performa tim melorot tajam di paruh kedua.

Akibatnya, tim kebanggaan masyarakat di pulau garam itu finis di peringkat 8 klasemen akhir Liga 1 saja, alias lebih baik 1 tingkat dibanding musim 2021/2022.

Baca Juga
Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Mauricio Souza

Berita Terkini