x

Mudik ke Korea Selatan, Shin Tae-yong Hadiri Penghargaan untuk Para Legenda

Selasa, 2 Mei 2023 16:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong saat mendampingi Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday melawan Burundi, di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Mudik ke Korea Selatan, Shin Tae-yong hadiri penghargaan untuk para legenda sepak bola. Pelatih Timnas Indonesia itu juga diganjar apresiasi tinggi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong resmi masuk dalam Hall of Fame Liga Korea Selatan, atau jajaran pemain elite sepanjang masa Korea di Jang Gu, Selasa (02/05/23).

Hall of Fame Liga Korea Selatan merupakan ajang penganugerahan kepada sosok yang menonjol atau pernah menjadi 'bintang' di K-League.

Dilansir dari laman Donga, Shin Tae-yong bersanding dengan tokoh sepak bola Korea Selatan lainnya, mulai dari Choi Soon Ho, Hong Myung Bo, hingga Lee Dong Guk.

Nama-nama yang mendapat penghargaan spesial ini memang sudah diketahui sejak Maret 2023, karena dipilih berdasarkan voting para pemegang suara.

Baca Juga

Mereka yang berhak memberikan suara adalah komite (25 persen), perwakilan klub dan pelatih (25 persen), media (25 persen), dan suporter dari media sosial (25 persen).

Tetapi penganugerahan baru dilakukan di awal Mei, karena penyelenggara ingin ajang ini bertepatan dengan seremoni 40 tahun kompetisi sepak bola Korea atau K League.

Baca Juga

Tercatat, ada tiga kategori penghargaan dalam Hall of Fame K League, yakni 'Stars' untuk pemain, 'Leaders' untuk pelatih, dan 'Honors' untuk sosok yang berkontribusi di liga.

Dari perayaan itu, dipilih empat pemain terbaik Liga Korea dari empat era berbeda. Khusus untuk dekade ketiga, Shin Tae-yong menjadi sosok yang memenangkan voting.

Baca Juga

1. Pencapaian Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia yang mendapat apresiasi di Korea Selatan.

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Shin Tae-yong masuk dalam jajaran Hall of Fame Liga Korea Selatan, karena ia menjadi yang paling menonjol di dekade ketiga K League.

Sosok yang kini melatih Timnas Indonesia itu dianggap pantas mendapat apresiasi dari K-League, karena pencapaiannya sangat mumpuni saat menjadi pemain.

Shin Tae-yong mengoleksi enam gelar juara K League, tiga gelar juara Piala Liga Korea, satu gelar juara Piala FA Korea, dan satu gelar juara Piala Super Korea.

Shin Tae-yong juga pernah memenangkan penghargaan Rookie of the Year pada tahun 1992, dan dua kali menjadi pemain terbaik, yakni pads tahun 1995 dan 2001 silam.

Shin Tae-yong pernah menjadi top skorer K League 1996, dan masuk dalam Starting XI terbaik dalam sembilan musim.

Baca Juga

Lebih dari itu, Shin Tae-yong yang berposisi sebagai gelandang, mampu membukukan 99 gol dan 68 assist dari 401 penampilannya di sepanjang kiprahnya bersama K League.

Pelatih Timnas Indonesia itu menyabet penghargaan 'Stars' setelah mendapatkan total suara gabungan sebanyak 21.881 vote dari komite, klub, pelatih, media, dan fans.

Baca Juga

Selain Shin, tiga sosok yang juga menyabet penghargaan 'Stars' adalah Choi Soon-ho yang mewakili dekade pertama, Hong Myung-bo (dekade kedua) dan Lee Dong-guk (dekade keempat).

Sementara penghargaan kategori 'Leaders' Hall of Fame dimenangkan oleh pelatih Kim Jeong-nam yang dianggap sangat berjasa dalam kesuksesan klub Ulsan Hyundai.

Sedangkan kategori 'Honors' atau orang yang berjasa di Liga Korea Selatan, jatuh kepada Park Tae-joon.

Baca Juga
Korea SelatanPelatihTimnas IndonesiaLegenda OlahragaBola InternasionalK-LeagueShin Tae-yong

Berita Terkini